Presiden Jokowi Kurban Sapi 1 Ton di Masjid Agung Solo

Presiden Jokowi Kurban Sapi 1 Ton di Masjid Agung Solo

Presiden Jokowi Kurban Sapi 1 Ton di Masjid Agung Solo

Presiden Jokowi Kurban Sapi di Masjid Agung Solo (Foto: Kuyou)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui berkurban di Masjid Agung Solo, Jawa Tengah. Adapun hewan kurban dari Jokowi adalah Sapi yang memiliki bobot sekitar 1 ton.

Nama sapi tersebut adalah Tebo, berjenis simental yang mempunyai bobot seberat 1.080 kilogram atau satu ton lebih dari 80 kilogram.

Baca Juga: Sambut Idul Adha, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Gelar Rangkaian Kegiatan Menarik

Sapi Tebo merupakan sapi lokal milik Agus Thohirin warga Kauman, Kidul, Siderojo, Salatiga yang merupakan peternak dari Mulya Farm 46 Salatiga, Jawa tengah.

Sapi Tebo diketahui telah tiba di Masjid Agung Solo, Minggu Malam (16/6) sekitar pukul 19.40 WIB. Sapi tersebut berumur tiga tahun. Sementara itu, nama Tebo sendiri merupakan singkatan dari tenanan le bongsor (benar-benar bongsor/besar).

"Namanya "Tebo", tenanan le bongsor (benar-benar bongsor). Bobotnya 1 ton 80 kg," kata Muhammad Rosihan Alif, peternak Mulya Farm 46 Salatiga kepada wartawan.

Muhammad Rosihan Alif yang biasa dipanggil Alif mengatakan peternakannya sangat bangga karena sapinya dibeli Presiden Jokowi.

"Ndak tahu, tiba-tiba saja dibeli. Tapi sudah dari dulu feeling sapi ini laku Pak Presiden," kata dia.

Dalam memberikan makan Tebo sehingga menjadi gemuk dan besar, Alif mengatakan peternakannya sama sekali tidak menggunakan pakan konsentrat dari pabrik, tetapi hanya diberi pakan jerami dan sisa hasil pertanian.

"Kita buat inovasi menggunakan probiotik. Gunanya untuk memaksimalkan dalam peternakan," lanjut Alif.

Memanfaatkan sisa hasil pertanian adalah salah satu cara untuk mengatasi biaya pakan konsentrat yang mahal. Sehingga Alif bisa menekan biaya pakan dari Rp 50.000 - Rp 100.000 per hari menjadi hanya Rp 15.000 per hari.

"Kan sekarang kebanyakan peternak berpikir memelihara sapi jumbo itu mahal. Tapi ini hanya jerami sama limbah-limbah pertanian, sehari cuma 15 ribu juga bisa jumbo,” pungkas Alif.

Menurut Sekretaris Takmir Masjid Agung Keraton Surakarta Abdul Basid, semenjak Jokowi menjadi presiden, tiap tahun selalu mengirimkan sapi kurban ke Masjid Agung, Solo.

"Mudah-mudahan ini tidak yang terakhir, tapi diteruskan sampai nanti mantan presiden tetap berkurban di Masjid Agung Surakarta ini," kata Basid.

Rencananya sapi kurban Presiden Jokowi akan disembelih bersama sejumlah hewan kurban lainnya, termasuk hewan kurban dari anak Presiden kedua I Soeharto, Siti Hediati Hariyadi yang akrab disapa Titiek Soeharto.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Solo akan dimulai sekitar pukul 07.30 WIB setelah selesai salat Idul Adha. Kemudian untuk daging kurbannya akan dibagikan kepada masyarakat di sekitar masjid.

Tak hanya berkurban sapi di Masjid Agung Solo, Presiden Jokowi juga berkuban sapi di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Masjid Tegalsari Laweyan, Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Az-Zayadiyy, Pondok Pesantren Al Ikhsan Mojosongo, dan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kurban 68 Sapi Jumbo di Idul Adha 2024

Sehingga total sapi kurban Presiden Jokowi di Kota Solo pada tahun 2024 ini adalah tujuh ekor sapi.




Presiden JokowiPresiden Jokowi kurbanSapi kurban Presiden JokowiMasjid Agung Solo

Share to: