Fakta Menarik Cepu Narkoba Masuk Dalam Undang-undang Gaes

Fakta Menarik Cepu Narkoba Masuk Dalam Undang-undang Gaes

Foto

Kolase Foto AKBP Ronaldo Maradona Siregar ungkap Fakta Menarik Cepu Narkoba Masuk Dalam Undang-undang (Foto: Youtube Deddy Corbuzier)


Publik sempat dihebohkan dengan ditangkapnya musisi Anji karena kasus narkoba. Ternyata ada fakta menarik terkait cepu narkoba yang masuk dalam Undang-undang. 

Fakta tersebut diungkap langsung oleh Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat, AKBP Ronaldo Maradona Siregar dalam podcast Deddy Corbuzier yang diunggah pada 16 Juni 2021. 

Seperti diketahui AKBP Ronaldo Maradona Siregar adalah sosok petugas kepolisian yang belum lama ini menangkap musisi Indonesia, Anji.

Dalam podcast berdurasi hampir satu jam tersebut, AKBP Ronaldo mengungkap bagaimana mekanisme penangkapan seorang pengguna narkoba. Ia juga menjelaskan seperti apa hukum yang berlaku di Indonesia terkait narkoba. 

Cepu narkoba diatur Undang-undang

Salah satu hal yang diungkap AKBP Ronaldo Maradona Siregar adalah terkait cebu narkoba yang ternyata diatur dalam Undang-undang NKRI. 

Cepu narkoba merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan dalam bahasa gaul. Cepu sendiri berarti membocorkan rahasia orang. Dalam kasus narkoba, cepu narkoba bisa diartikan sebagai informan yang mengungkap kasus narkoba. 

Menurut penuturan AKBP Ronaldo Maradona Siregar, Cepu narkoba sendiri menjadi sebuah peran serta masyarakat yang berkomitmen bersama-sama untuk memberantas narkoba.

"Cepu tu apa si? Informan kan? Itu diatur dalam Undang-undang lho," ungkap AKBP Ronaldo Maradona Siregar.

"Itu peran serta masyarakat kan," tambahnya lagi. 

AKBP Ronaldo Maradona Siregar menambahkan, sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di Indonesia, masyarakat yang menjadi cepu narkoba atau informan berhak mendapat penghargaan karena telah membantu kerja kepolisian. 

"Jadi, masyarakat melapor atau memberikan suatu informasi ke Polisi, sesuai Undang-undang itu skema yang benernya seperti itu (diberikan penghargaan)," ungkap AKBP Ronaldo Maradona Siregar.

 

"Dapat diberikan penghargaan, karena kan dia membantu kerja penegak hukum," katanya lagi. 

Penangkapan Anji

Sebelumnya, AKBP Ronaldo Maradona Siregar berhasil menangkap musisi Anji di studionya di bilangan Cibubur. Ia pun sempat menyinggung soal cepu narkoba atau informan yang mengungkap informasi soal Anji sebelum ditangkap. 

"Tapi kayanya bukan bro si yang ngasih tau (Anji narkoba), (tapi) temen bro yang lain," kata AKBP Ronaldo Maradona Siregar.

Nah itu dia gaes fakta menarik soal cepu narkoba yang masuk dalam Undang-undang Negara Republik Indonesia (NKRI). 




cepu narkobaFakta Menarik cepu narkobaFakta cepu narkobacepu narkoba Masuk Undang undangSeputar cepu narkobaInforman cepu narkoba

Share to: