25 Juni 2022 adalah Hari Pelaut Sedunia, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

25 Juni 2022 adalah Hari Pelaut Sedunia, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

25 Juni 2022 adalah Hari Pelaut Sedunia, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Tema

25 Juni 2022 adalah Hari Pelaut Sedunia (Foto: YouTube IMOHQ)


25 Juni 2022 adalah Hari Pelaut Sedunia, yuk simak fakta, sejarah lengkap beserta tema yang dipakai di tahun ini gaes.

Pada 25 Juni 2022, seluruh manusia di dunia akan memperingati Hari Pelaut Sedunia atau Day of the Seafarer (DotS).

Tak hanya di tahun 2022 ini saja, Hari Pelaut Sedunia ini juga diperingati tiap tanggal 25 Juni di setiap tahunnya. Kenapa bisa di tanggal 25 Juni?

Baca Juga: 14 Juni 2022 Adalah Hari Donor Darah Sedunia, Simak Fakta Sejarah dan Ulasannya

Buat kamu yang penasaran, yuk simak fakta sejarah beserta tema dari Hari Pelaut Sedunia.

Fakta dan Sejarah Hari Pelaut Sedunia

Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperkenalkan pada Amandemen Manila bulan Juni tahun 2010 yang mengadopsi revisi besar terhadap Konvensi STCW dan Kode terkait. 

Pada kesempatan ini Konferensi Diplomatik sepakat bahwa kontribusi yang dibuat oleh para pelaut untuk perdagangan internasional harus diakui dan diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pelaut Sedunia.

Konvensi STCW adalah konvensi internasional tentang standar latihan, sertifikasi, dan dinas jaga untuk pelaut yang menetapkan kualifikasi standar untuk kapten, perwira, dan petugas penjaga di atas kapal niaga yang berlayar. 

Konvensi STCW pertama kali berdiri pada 1978, yang kala itu dibentuk usai terjadinya konferensi Organisasi Maritim Internasional (IMO) di London. Namun, Konvensi STCW baru mulai diterapkan pada tahun 1984.

Selanjutnya, Konvensi STCW ini mengalami perubahan yang besar pada tahun 1995. Pada tanggal 25 Juni, Amandemen tersebut secara resmi diadopsi. 

Maka dari itu, pada tanggal 25 Juni ditetapkan sebagai Hari Pelaut Sedunia. Dan Hari Pelaut Sedunia mulai diperingati sejak tahun 2011.

Tujuan Memperingati Hari Pelaut Sedunia

Alasan mengapa IMO memperingati Hari Pelaut Sedunia adalah untuk mengucapkan terima kasih kepada para Pelaut atas jasa mereka.

Tema Hari Pelaut Sedunia 2022

Sementara itu, IMO telah menetapkan tema untuk Hari Pelaut Sedunia 2022 atau Day of the Seafarer 2022.

Tema tersebut adalah "Your voyage - then and now, share your journey", yang artinya "Pelayaran Anda - dulu dan sekarang, bagikan perjalanan Anda".

Maksud dari tema tersebut adalah memberikan kesempatan kepada pelaut untuk berbagi apa yang mereka rasakan saat ini, apakah itu krisis perubahan kru yang belum terselesaikan atau masa depan teknologi.

Di tahun ini, IMO menggelar kampanye untuk merayakan Hari Pelaut Sedunia ini. Kampanye tersebut adalah mengajak orang diseluruh dunia untuk berterima kasih kepada pelaut melalui akun media sosial mereka, dengan menggunakan hastag #SeaFarerJourney.

Baca Juga: 20 Mei 2022 Adalah Hari Kebangkitan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah, itulah fakta sejarah beserta tema dari Hari Pelaut Sedunia yang diperingati setiap tanggal 25 Juni.




25 Juni 202225 Juni hari apaHari Pelaut SeduniaFakta Hari Pelaut SeduniaSejarah Hari Pelaut SeduniaKapan Hari Pelaut SeduniaTujuan Hari Pelaut SeduniaTema Hari Pelaut SeduniaHari Pelaut Sedunia 2022Day of the Seafarer

Share to: