7 Daftar Pemimpin Paling Cepat Tanggap Hadapi COVID19, Wisma Atlet Jadi Bukti Gaes

7 Daftar Pemimpin Paling Cepat Tanggap Hadapi COVID19, Wisma Atlet Jadi Bukti Gaes

7 Daftar Pemimpin Paling Cepat Tanggap Hadapi COVID19, Wisma Atlet Jadi Bukti Gaes

Kolase Foto Erick Thohir, Presiden Jokowi, Ridwan Kamil, Pemimpin Cepat Tanggap Hadapi COVID19 (Foto: Berbagai Sumber)


Berikut daftar pemimpin di Indonesia yang paling cepat tanggap hadapi COVID19, mulai dari presiden, gubernur, hingga menteri gaes.

Seperti yang kita tahu, virus Corona atau COVID-19 di Indonesia sampai saat ini masih terjadi. Bahkan, Rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia pun menjadi saksi mengerikannya virus ini gaes.

Salah satunya, Wisma Atlet nih gaes. Banyak sekali pasien positif COVID19 yang menjalani perwatan intensif di sana. 

Untuk menanggulangi wabah COVID19 ini, para pemimpin di Indonesia pun tak tinggal diam untuk memilimalisir penyebaran COVID19 yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Zulkifli Hasan Mantan Ketua MPR RI Dukung Erick Thohir Maju Jadi Presiden 2024 Gaes

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum 7 daftar pemimpin di Indonesia yang paling cepat tanggap hadapi COVID19 gaes. Penasaran siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut ini.

1. Presiden Jokowi

Presiden Jokowi menjadi pemimpin di Indonesia paling pertama yang paling cepat menindaklanjuti penyebaran COVID19 gaes.

Baru-baru ini, Presiden RI kembali mengadakan pertemuan, kali ini dengan Forkopimda DKI Jakarta untuk menindak lanjuti penyebaran COVID19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, ada tiga arahan yang disampaikan Presiden Jokowi untuk mengatasi peningkatan COVID19.

Pertama, harus menguatkan implementasi kebijakan di lapangan dan penjagaan ketat seperti dulu  lagi gaes. Kedua, Presiden Jokowi meminta penggunaan masker di DKI Jakarta untuk ditingkatkan lagi persentasenya. 

Terakhir ketiga, Presiden Jokowi meminta agar segera mempercepat program vaksinasi di Jakarta dengan target sampai akhir Agustus 7,5 juta vaksin sudah diberikan kepada masyarakat gaes.

2. Ganjar Pranowo

Gubernur Ganjar Pranowo juga termasuk paling cepat dalam merespons pandemi COVID-19 nih gaes. 

Pasalnya, Ganjar Pranowo bersama Pemprov Jateng dinilai sigap menghadapi kelangkaan APD dengan membuat coverall atau pakaian hazmat sendiri. 

Selain itu, Ganjar juga tiap hari berkeliling ke berbagai pelosok daerah untuk mensosialisasikan Corona dan membagikan masker serta sembako. 

Tak hanya itu, desa-desa di Jateng juga aktif membuat posko dan balai karantina untuk mengisolasi pendatang. Bahkan, Ganjar Pranowo juga mempersiapkan rumah sakit rujukan pasien Covid-19 akibat Corona gaes

3. Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir adalah salah satu pemimpin dari kalangan menteri yang tanggap hadapi COVID19 gaes.

Langkah dan upaya penanganan COVID19 yang diambil Erick adalah Kementerian BUMN sudah membeli alat tes cepat deteksi korona dari sejumlah negara. Alat tes tersebuut diserahkan kepada Kementerian Kesehatan untuk segera disalurkan pada masyarakat gaes.

Selain itu, BUMN juga sudah memproduksi lebih dari empat juta masker yang kini bisa didapatkan di seluruh toko obat dan lokasi jual beli alat-alat kesehatan.

Dalam hal pelayanan kesehatan, Wisma Atlet Asian Games disiapkan sebagai sentra pusat darurat penanganan COVID19 gaes.

BACA JUGA: Pimpin Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir Berharap MES Jadi Solusi Berbagi Permasala

Tower 4 Wisma Atlet difokuskan untuk tempat istirahat tenaga medis. Sedangkan, Tower 3 menjadi lokasi posko bagi petugas Satgas yang menangani pendemi Virus Corona ini.

"Tower 6 dan 7 kita akan fokuskan khusus ke pasien. Di sana akan dilengkapi ruang ICU, ruang refreshing, dan ruang rawat pasien. Pintunya ada dua dan dalam pengawasan," kata Erick Thohir. 

Tak hanya itu, fasilitas dan alat kesehatan di Wisma Atlet dilengkapi dari dana CSR BUMN.

4. Khofifah Indar Parawansa

Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. mengatakan beberapa strategi untuk mengatasi menyebaran COVID19 yaitu membentuk tim promotif-preventif, tim tracing, tim kuratif, dan tim socio-economic impact Covid-19.

Untuk melakukan strategi ini Pemprov Jatim bekerja sama dengan Kedaulatan Besar Inggis untuk mendukung format perubahan perilaku sebagai upaya menurunkan jumlah kasus positif, terutama penerapan 5M  (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) dan melakukan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment).

5. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga termasuk dalam pemimpi di Indinesia yang paling cepat tanggap hadapi COVID19 nih gaes. 

Ada lima strategi yang dibuat oleh Ridwan Kamil dalam merespons penyebaran virus corona di Jawa Barat. Pertama, yaitu proaktif atau tidak banyak menunggu.

Kedua, tetap transparan meski banyak dinamika seperti bantuan sosial. Ketiga, merujuk pada ilmiah sebagai dasar dalam pengambilan keputusan agar keputusan yang diambil tepat sasaran.

Keempat, inovatif. Salah satunya adalah memaksimalkan industri yang ada untuk membuat ventilator dan PCR sendiri gaes. Kelima, kolaboratif dengan mengajak semua pihak untuk bergabung melawan wabah virus Corona ini gaes.

"Kelima adalah kolaboratif, mengajak semua pihak untuk gabung bertempur, berperang melawan Covid-19 ini," kata Ridwan Kamil.

6. Wayan Koster

Gubernur Bali Wayan Koster tanggap dalam menghadapi penyebaran COVID19 dengan mengambil langkah menyusun pola penanganan yang berkaitan dengan pencegahan, pembatasan pergerakan masyarakat dan penanganan pasien  positif dengan baik lewat layanan kesehatan yang memadai gaes.

Mengenai pencegahan, pihaknya sudah merancang satu pola penanganan dengan manajemen berjenjang lewat pelibatan lintas sektor, mulai dari tingkat provinsi yang melibatkan Pangdam, Kapolda hingga Majelis Desa Adat (MDA) dan PHDI gaes. Sama hal nya dengan tingkat kabupaten/kota yang dipimpin oleh bupati/walikota. 

"Di tingkat paling bawah kami berdayakan desa adat, kearifan lokal yang kami punya yang memiliki suatu fingsi dan kewenangan memadai," kata Wayan Koster.

7. Anies Baswedan

Dalam tanggap hadapi penyebaran COVID19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan surat seruan agar menghentikan sementara dunia usaha, perkantoran, pendidikan, dan tempat wisata yang ada di wilayah DKI Jakarta. Selain itu, ia juga meminta adanya jemput pasien melalui call centre 112 dan 119 karena merupakan langkah yang bagus.

"Ini statusnya seruan, tapi menegaskan bahwa seluruh kegiatan perkantoran untuk sementara waktu dihentikan, menutup fasilitas operasional, dan tidak melakukan kegiatan perkantoran, tapi lakukan kegiatan di rumah," kata Anies Baswedan.

Hal ini ia lakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona yang ada di Jakarta gaes. Memingat Jakarta juga merupakan salah satu daerah yang banyak pasien positif COVID19. 

BACA JUGA:  Survei Gen Z: Prabowo, Erick Thohir hingga Ganjar Pranowo Jadi Pilihan Unggulan 2024 Gaes

Nah, itu dia 7 daftar pemimpin di Indonesia yang paling cepat tanggap hadapi COVID19, di mana Wisma Atlet menjadi Rumah Sakit darurat penanganan COVID19 gaes.




Pemimpin Paling Cepat Tanggap COVID19Daftar Pemimpin Cepat Tanggap COVID19Pemimpin Cepat Hadapi COVID19Presiden JokowiGanjar PranowoErick ThohirKhofifah Indar ParawansaRidwan KamilWayan KosterAnies BaswedanWisma Atlet

Share to: