5 Menteri Jokowi Paling Solutif Menurut Kami: Nadiem sampai Erick Thohir

5 Menteri Jokowi Paling Solutif Menurut Kami: Nadiem sampai Erick Thohir

Foto

Kolase Foto Mendikbud Nadiem Makarim dan Erick Thohir, Menteri Jokowi Paling Solutif (Foto: Berbagai Sumber)


Berikut daftar 5 menteri Jokowi yang paling solutif menurut kami, mulai dari Menteri pendidikian dan kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sampai Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir gaes.

Indonesia tidak hanya memerlukan pemimpin yang adaptif, efektif, efisien tetapi juga solutif dalam menyelesaikan berbagai macam masalah atau mencari jalan keluar sebagai terobosan baru untuk membagun negeri.

Pada Kabinet Indonesia Maju ada beberapa menteri Jokowi yang paling solutif menurut kami nih gaes. Salah satunya Mendikbud Nadiem Makarim dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Tapi selain mereka, ada juga beberapa menteri Jokowi lainnya yang dinilai yang paling solutif gaes.

BACA JUGA: Percepat Uji Klinis, Erick Thohir Siap Produksi 4,5 Juta Ivermectin

Penasaran siapa saja mereka? Ini dia 5 menteri Jokowi paling solutif menciptakan terobosan baru untuk membangun negeri berdasarkan rangkuman dari Tim KUYOU.id berikut ini.

1. Mendikbud Nadiem Makarim 

Mendikbud Nadiem Makarim adalah menteri Jokowi pertama yang dinilai paling solutif nih gaes. 

Sebagai tampuk untuk membagun SDM yang berkualitas, Nadiem membuat rating pendidikan di Indonesia meningkat. Sajak dilantik pada 23 Oktober 2019 lalu, Nadiem Makarim langsung membuat sejumlah gebrakan dengan mengeluarkan kebijakan baru dibidang pendidikan, salah satunya penghapusan Ujian Nasional (UN) dan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimun dan Survei Karakter. 

Hal ini sudah terlaksana di tahun 2020 lalu bersamanaan dengan munculnya virus Covid-19. 

2. Menteri BUMN Erick Thohir 

Menteri Jokowi yang paling solutif yang kedua adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Sejak dilantik menjadi Menteri BUMN pada 23 Oktober 2019 lalu, Erick Thohir langsung membuat langkah-langkah strategis untuk membagun negeri gaes.

Beberapa diantarannya adalah, pertama yang dilakukan Erick Thohir adalah mengangkat dua wakil menteri, yaitu Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin. Kedua, menambah satu struktur baru di lingkup Kementerian BUMN yakni inspektorat jendral (irjen) di bawah inspektur jendral. Ketiga, merestrukturisasi para pejabat di kementerian BUMN. 

3. Menteri KopUKM Teten Masduki 

Menteri KopUKM Teten Masduki juga termasuk menteri Jokowi yang paling solutif nih gaes. 

Pasalnya, untuk menggenjot kinerja koperasi dan UKM, ia melantik tiga orang pejabat untuk mengisi pos Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Kementerian Koperasi dan UKM. 

BACA JUGA: Erick Thohir Sebut Indonesia Berpotensi Tambah 20 Start-Up Baru

Ketiga pejabar baru dilingkungan JPT tersebut adalah Hanung Harimba Rachman sebgai Deputi Bidang Pembiayaan, Eddy Satria sebagai Deputi Bidang Restruktirisasi Usaha, dan Ahmad Zabadi sebagai Deputi Bidang Pengawasan. 

Nantinya, mereka diharapkan bisa memberi kontribusi positif bagi pengembangan Koperssi dan UMKM di tengah pandemi Covid-19 ini.

4. Menkeu Sri Mulyani 

Menteri Jokowi paling solutif berikutnya adalah Menteri Keuangan (Kemenkeu) Sri Mulyani. 

Pada 2019 lalu, Sri Mulyani mendapatkan Penghargaan di Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk kategori Statepersons Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE) yang diserahkan oleh Anggota Kabinet dan Menteri Toleransi, UEA, Sheikh Nahayan Mabarak Al Nahaya.

Penghargaan global ini diberikan kepada Sri Mulyani karena menghadirkan berbagai instrumen kebijakan untuk memperkuat perekonomian di Indonesia gaes. 

5. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Terakhir adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menjadi menteri Jokowi paling solutif.

Di periode pertama Jokowi, Kementerian Perhubungan yang dipimpin oleh Budi Karya Sumadi dari tahun 2016 sampai 2019 sudah melakukan beberapa capaian selama masa jabatannya. 

Beberapa diantaranya adalah pencapaian yang dilakukan dalam sektor Perhubungan Darat yaitu pembangunan BRT dan rehabilitasi terminal. Kemenhub juga melakukan pengembangan transportasi perkotaan.

Sedangkan capaian sektor Perhubungan Laut yaitu Pembangunan Pelabuhan Non Komersial sebanyak 118 lokasi, pengembangan pelabuhan, dan tol laut. Pembangunan tol laut dinilai dapat menekan harga dan memastikan pasokan bahan pokok dapat diterima oleh masyarakat Indonesia Bagian Timur gaes.

BACA JUGA: Susi Pudjiastuti Buktikan Obat Murah Saran Erick Thohir, Karyawannya Berhasil Sembuh dari Covid-19?

Nah, itu dia daftar 5 menteri Jokowi yang paling solutif menurut kami gaes. Di mana dalam daftar tersebut ada Mendikbud Nadiem Makarim dan Menteri BUMN Erick Thohir gaes. 




Menteri Jokowi Paling SolutifMenteri JokowiJokowiMenteri Paling SolutifNadiem MakarimErick ThohirTeten MasdukiSri MulyaniBudi Karya Sumadi

Share to: