Wajib Tahu! Tips Isolasi Mandiri Covid-19 yang Benar Dari Dokter Tirta, Berikut Langkah-langkahnya Gaes

Wajib Tahu! Tips Isolasi Mandiri Covid-19 yang Benar Dari Dokter Tirta, Berikut Langkah-langkahnya Gaes

Wajib Tahu! Tips Isolasi Mandiri Covid-19 yang Benar Dari Dokter Tirta, Berikut Langkah-langkahnya Gaes

Kolase Foto dan Tips Isolasi Mandiri Covid-19 yang Benar Dari Dokter Tirta, Berikut Langkah-langkahnya (Foto: Instagram @kemenkes_ri dan YouTube Tirta PengPengPeng)


Jangan panik ketika melakukan isolasi mandiri Covid-19 gaes, kalian wajib banget nih tahu tips isolasi mandiri Covid-19 yang benar dari Dokter Tirta.

Seperti yang telah disebutkan oleh dokter Tirta dalam video di kanal YouTubenya, kini angka penyebaran Covid-19 sedang tinggi. Beberapa rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di beberapa daerah pun diketahui mulai penuh. 

Sekedar informasi aja nih, untuk pasien yang dinyatakan positif namun dengan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala, bisa dilakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah tanpa perlu ke rumah sakit. Menurut dokter Tirta, pasien tanpa gejala cukup isoman sepuluh hari saja dan tanpa perlu minum obat. 

Sementara itu, untuk pasien bergejala ringan sampai sedang harus memperhatikan beberapa hal penting selama isolasi mandiri gaes. Apa aja ya kira-kira?

BACA JUGA: Tips Aman Terima Paket Saat Pandemi Untuk Cegah Covid-19

Langsung saja simak tips isolasi mandiri Covid-19 yang benar dari Dokter Tirta berikut dengan langkah-langkahnya gaes. 

1. Jika kamu terpapar Covid-19 namun tak menunjukkan gejala apapun, kamu tetap harus melakukan isolasi mandiri. Selama isolasi mandiri, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya protein, vitamin C dan vitamin D. 

2. Jika sudah 10 hari bebas gejala, menurut dokter Tirta tak diharuskan melakukan swab PCR, karena virus dalam tubuh pasien tersebut sudah dorman. 

3. Kenali gejala-gejala Covid-19 seperti demam lebih dua hari, nyeri sendi, batuk ringan, anosmia, kamu perlu mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Daftar Gejala Ringan Saat Terinfeksi Covid-19 Gaes

4. Beberapa obat-obatan yang dianjurakn dokter diantaranya seperti paracetamol 500 mg tiga kali sehari. Jika ada gejala nyeri perut, bisa konsumsi antasida 500 mg 2 kali sehari. Meski begitu, pasien dengan gejala ringan belum diperlukan mengonsumsi antibiotik. 

5. Untuk pasein bergejala sedang, perlu dilakukan pengecekan kadar oksigen. Jika kadar oksigen di bawah 94%, kamu perlu menghubungi tenaga kesehatan atau RS. 

6. Sementara itu, jika kadar oksigen mencapai kurang dari 90%, artinya kamu mengalami gejala Covid-19 berat dan harus segera dirawat di RS untuk mendapatkan oksigen dan resep steroid sesuai anjuran dokter. 

7. Untuk isolasi mandiri, kamu juga perlu memperhatikan lokasi tempat isolasi mandiri. Pastikan lokasi tersebut memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik, gunakan alat sendiri dan tempat tidur terpisah dari orang lain. 

BACA JUGA: Vaksin Covid-19 Resmi Dijual Kimia Farma, Ini Dia Rincian Harganya Gaes

Nah itu dia beberapa tips isolasi mandiri Covid-19 yang benar dari Dokter Tirta gaes.




tips isolasi mandiritips isolasi mandiri Covid-19isolasi mandiri Covid-19Tips isolasi mandiri dokter Tirtalangkah-langkah isolasi mandiri

Share to: