Fakta Lengkap Varian Baru Virus Covid-19 Alpa, Beta, Gamma dan Delta

Fakta Lengkap Varian Baru Virus Covid-19 Alpa, Beta, Gamma dan Delta

Fakta Lengkap Varian Baru Virus Covid-19 Alpa, Beta, Gamma dan Delta

Kolase Foto dan Fakta Lengkap Varian Baru Virus Covid-19 Alpa, Beta, Gamma dan Delta (Foto: Berbagai sumber)


Varian baru virus Covid-19 terus berkembang dan bermutasi. Berikut fakta lengkap varian baru virus Covid-19, dari mulai alpa, beta, gama, dan delta. 

Sejak tahun 2020, virus Covid-19 masih terus tersebar di Indonesia. Nggak cuma itu, baru-baru ini ditemukan mutasi baru virus Covid-19. Salah satunya adalah virus Covid-19 dengan varian delta yang diduga lebih cepat menyebar dari varian virus Covid-19 sebelumnya. 

Tak heran, kini banyak tenaga kesehatan kewalahan dengan banyaknya orang yang terpapar Covid-19 yang didominasi oleh varian Delta. Virus varian delta sendiri pertama kali terdeteksi dari sampel yang diambil pada Januari 2021 di Jakarta dan Palembang.

Nggak cuma varian delta, seiring berjalannya waktu, varian virus Covid-19 juga terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dari situlah muncul banyak varian baru seperti alpa, beta, dan gama.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak fakta lengkap varian baru virus Covid-19, alpa, beta, gama, dan delta berikut ini gaes. 

1. Virus Covid-19 varian alpa 

Kode varian: B.1. 1. 7

Pertama kali ditemukan: Inggris

Virus Covid-19 vairan alpa ini lebih banyak ditemukan karena virus varian ini memiliki mutasi khusus yang bisa membuat virus lebih mudah masuk ke dalam sel manusia dan mereplikasi dirinya sendiri. Pasien yang terinfeksi virus varian alpa, bisa mengalami gejala yang lebih parah. Namun untuk orang yang sudah menerima vaksin Covid-19 gejala infeksi virus tersebut lebih ringan. 

2. Virus Covid-19 varian beta

Kode varian: B. 1.351

Virus varian beta ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada 2020 lalu. Virus varian beta juga menular antarmanusia dnegan gejala yang mirip dnegan gejala Covid-19 secara umum. Namun, virus dengan varian beta ini diketahui kebal terhadap beberapa pengobatan. 

3. Virus Covid-19 varian gama

Kode varian: P.1

Virus Covid-19 varian gama ini diketahui pertama kali ditemukan di Brazil sejak November 2020 lalu. Sedikit berbeda dengan mutasi virus Covid-19 lainnya, varian gama sendiri memiliki gejala mirip dengan virus dengan varian lain seperti beta. 

4. Virus Covid-19 varian delta

Kode varian: B.1.617.2

Virus Covid-19 varian delta inilah yang kini tengah banyak dibicarakan dan diketahui lebih mudah menular, terutama kepada orang yang belum pernah mendapatkan vaksinasi. Tak heran virus yang pertama kali ditemukan di India ini mudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Itulah fakta lengkap varian baru virus Covid-19, dari mulai alpa, beta, gama, hingga delta gaes.  Semakin lama tersebar, virus Covid-19 ini juga akan semakin berkembang dan bermutasi dengan varian baru lagi. Meski begitu, dengan adanya vaksin yang kini tengah diupayakan pemerintah, penyebaran virus ini juga akan semakin tertahan. 




varian baru virus Covid-19fakta lengkap varian baru virus Covid-19AlpaBetaGammaDeltaVirus Covid-19 Varian AlpaVirus Covid-19 Varian BetaVirus Covid-19 Varian GammaVirus Covid-19 Varian delta

Share to: