Jarang Diketahui, Ini Beberapa Daun Herbal yang Bermanfaat Bagi Tubuh Gaes

Jarang Diketahui, Ini Beberapa Daun Herbal yang Bermanfaat Bagi Tubuh Gaes

Jarang Diketahui, Ini Beberapa Daun Herbal yang Bermanfaat Bagi Tubuh Gaes

Daftar Daun Herbal yang Bermanfaat Bagi Tubuh. Ilustrasi/Foto: Istimewa


Jika membahas obat herbal, maka daun herbal yang bermanfaat bagi tubuh sebenarnya sangat beragam jenisnya. Perlu kamu ketahui, bahwa daun herbal ini sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional dari zaman dahulu hingga saat ini lho. 

Ada sekitar 300 lebih jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, seperti manfaat daun bidara. Akan tetapi, tidak semua bagian tanaman obat bisa kamu gunakan sebagai ramuan obat, sebab beberapa tanaman hanya bagian daunnya saja yang bisa digunakan sebagai obat.

Daun Herbal yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Dari sekian banyaknya daun herbal yang bisa digunakan sebagai obat, maka kita akan bahas beberapa saja yang pastinya akan bermanfaat untuk kamu. Berdasarkan penelusuran tim KUYOU.id berikut beberapa daun herbal yang perlu diketahui dan bermanfaat untuk kesehatan.

1. Daun Cincau Untuk Mengobati Radang Lambung

Bagi kamu yang mengalami radang lambung, maka kamu bisa mengkonsumsi daun cincau sebagai obat herbal. Di dalam daun cincau ini mengandung klorofil yang sangat tinggi yang mampu menetralisir kadar gula di dalam tubuh.

Selain itu, daun cincau juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu meredakan radang lambung dan juga demam. Bahkan senyawa dalam daun cincau juga dapat menguatkan otot dinding lambung, serta mampu membunuh bakteri jahat.

Untuk membuat ramuan obat herbal dari daun cincau sebenarnya sangat mudah. Pertama, siapkan daun cincau dan tumbuklah daun hingga lumat. Kemudian tambahkan 4 gelas air dan remas-remas dan peras daun dengan air tersebut.

Apabila semua kandungan dalam daun cincau sudah larut ke dalam air, kamu bisa menyaringnya untuk memisahkan air dan ampas daun cincau. Konsumsi air daun cincau sebanyak 3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Daun Jintan yang Memiliki Sifat Antiseptik dan Antimikroba

Daun herbal yang bermanfaat bagi tubuh berikutnya adalah daun jintan. Daun ini dipercaya memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Kandungan dalam daun jintan diantaranya yaitu fenol, timol, tanin, carvacrol, flavon, dan asam aromatik.

Kandungan dalam daun jintan tersebut mampu mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Selain itu, juga bermanfaat untuk pengobatan gangguan saluran pernapasan. Hal ini dikarenakan daun jintan memiliki khasiat sebagai ekspektoran, bronkodilator, dan antitusif.

3. Daun Katuk Sebagai Obat Anemia dan Influenza

Biasanya daun katuk ini dimanfaatkan untuk melancarkan ASI ibu, namun ternyata daun ini memiliki banyak manfaat lainnya. Daun katuk memiliki beberapa kandungan seperti protein, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Kandungan efedrin dalam daun katuk ini sangat efektif untuk mengobati anemia dan influenza. Selain itu, daun katuk juga dipercaya mampu mencegah penyakit kronis pembuluh darah. 

Selain tanaman untuk kesehatan, apakah kamu pecinta tanaman hias? Kalau iya, kamu bisa cek daftar tanaman hias aesthetic yang sering berada di coffee shop disini gaes.

4. Daun Sirih Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Apakah kamu sudah tahu daun sihir? Daun ini seringkali disebut juga tanaman obat keluarga (Toga). Khasiat daun sirih ini bisa digunakan sebagai obat sariawan, keputihan, dan bronchitis. Bahkan daun sirih juga mampu menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, daun sirih juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi daun sirih, maka hal ini dapat mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh yang membuat hormon insulin tidak seimbang.

Memanfaatkan bahan herbal sebagai obat memang bisa dijadikan alternatif terbaik. Untuk itu, ketahui berbagai macam daun herbal yang bermanfaat bagi tubuh dan cara pemanfaatannya. Karena obat dari bahan herbal lebih aman dan tidak memiliki efek samping.




daun herban yang bermanfaat bagi tubuhmanfaat daun bidaramanfaat daun cincaudaftar tanaman herbal yang baik untuk tubuhkuyou

Share to: