7 Tips Menulis Artikel Blog yang Menarik untuk Dibaca, Wajib Tahu Nih Gaes

7 Tips Menulis Artikel Blog yang Menarik untuk Dibaca, Wajib Tahu Nih Gaes

Foto

Ilustrasi cara membuat blog dengan murah. Foto: Istimewa


Apakah kamu sudah memiliki blog? Jika belum silahkan simak cara membuat blog dengan mudah. Untuk menulis artikel blog tentunya harus dilakukan dengan baik dan benar. Maka dari itu, ketahui tips menulis artikel blog agar artikel yang dihasilkan lebih berkualitas dan menarik untuk dibaca.

Ketika menulis artikel tentu ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan. Baik itu dari isi artikel hingga struktur penulisannya harus baik. Untuk itu, ketahui beberapa tips menulis artikel untuk blog berikut ini.

Menulis Layaknya Bicara dengan Teman

Terkadang blog pribadi biasanya digunakan pemiliknya hanya untuk melakukan curhat. Apabila kamu memperhatikan postingan blog tersebut, maka kamu akan menemukan gaya bahasa yang luwes, seperti tidak terikat oleh  kaidah-kaidah yang berlaku.

Ketika menulis artikel blog, kamu bisa berekspresi secara bebas layaknya menulis sebuah diary. Bahasa yang digunakan juga bisa menggunakan bahasa sehari-hari, seperti kamu sedang berbicara dengan teman secara langsung.

Menguasai Topik yang Ditulis

Postingan pada blog memang identik selalu diupdate secara berkala. Maka dari itu, sebagai penulis blog kamu harus bisa menguasai topik yang akan ditulis. Pastikan setiap artikel memuat tema atau topik yang sama, sehingga hal tersebut bisa menjadi ciri khas blog kamu.

Apabila kamu menulis artikel blog dengan tema yang berbeda-beda, hal ini akan membuat pengunjung menjadi malas untuk datang lagi. Oleh karena itu, tips menulis artikel blog ini sangat penting untuk diperhatikan agar blog memiliki visitor yang banyak.

Jangan Terlalu Banyak Basa-Basi

Kemudian dalam penulisan artikel jangan terlalu basa-basi atau bertele-tele. Tulisan artikel seperti ini hanya akan membuat pembaca menjadi malas untuk melanjutkan membaca. Jadi, usahakan membuat artikel yang berkualitas dan mampu memberikan informasi yang mudah dipahami.

Melibatkan Pembaca

Untuk melibatkan pembaca dalam penulisan artikel, maka kamu bisa menggunakan kata sapaan di dalam artikel. Misalnya saja kamu bisa menggunakan kata sapaan seperti kamu, kamu, sobat, sahabat, atau kalian. 

Akan tetapi, dalam penggunaan kata sapaan ini juga jangan berlebihan dan gunakan seperlunya saja. Apabila kamu terlalu banyak menggunakan kata sapaan, tentunya hal ini akan membuat pembaca kurang nyaman saat membaca artikel tersebut.

Jangan Membuat Paragraf Terlalu Panjang

Tips menulis artikel blog berikutnya adalah jangan membuat paragraf yang terlalu panjang. Usahakan setiap paragraf yang dibuat terdiri dari sekitar 3 kalimat saja. Karena penulisan paragraf yang terlalu panjang akan membuat pembaca menjadi bosan dan malas untuk membaca.

Gunakan Bullet Point

Selanjutnya supaya tampilan artikel terlihat lebih rapi dan tidak monoton, maka kamu bisa menambahkan fitur bullet point. Penambahan bullet point ini bisa kamu lakukan di bawah pembahasan sub judul. 

Sertakan Gambar Sebagai Penunjang

Kemudian salah satu faktor yang tidak boleh dilupakan oleh penulis blog adalah menambahkan gambar di setiap artikel. Usahakan untuk selalu memberikan gambar yang sesuai isi artikel. Hal ini dikarenakan gambar berfungsi sebagai penunjang atau ilustrasi dari artikel yang dibahas.

Selain itu, penambahan gambar yang menarik dan relevan dengan artikel juga dapat membuat pembaca lebih betah saat membaca. Dalam penambahan gambar ini, pastikan gambar tersebut bebas dari hak cipta agar artikel blog lebih aman.

Menulis artikel untuk kebutuhan blog memang harus dibuat dengan sebaik mungkin. Dengan artikel yang menarik dan mudah dipahami, maka pengunjung blog akan terus bertambah. Maka dari itu, perhatikan tips menulis artikel blog agar blog menjadi lebih berkualitas.




Tips Menulis Artikel Blog yang Menarikcara membuat blog dengan mudahtips menulis artikel blog

Share to: