Berikut Makna Sebutan "Jepang Barat" untuk Korea Selatan yang Viral di Twitter

Berikut Makna Sebutan "Jepang Barat" untuk Korea Selatan yang Viral di Twitter

Foto

Foto Tangkapan Layar Makna Sebutan


Sebutan Jepang Barat baru-baru ini viral di Twitter. Ternyata ini makna sebutan Jepang Barat yang banyak dibicarakan netizen di Twitter gaes. 

Sebutan "Jepang Barat" sempat menjadi trending topic Twitter Indonesia pada Minggu, 1 Agustus 2021 lalu. Sebutan tersebut ternyata berkaitan dengan Negara Korea Selatan gaes. 

Pasalnya, banyak netizen yang menggunakan sebutan Jepang Barat sebagai bentuk kekesalan terhadap negara Korea Selatan karena melakukan tindakan rasisime saat Olimpiade Tokyo 2020.

BACA JUGA: 8 Fakta dan Profil Javad Foroughi, Atlet Tembak Iran yang Viral Karena Diduga Anggota Teroris

Awal mula sebutan Jepang Barat

Sebutan Jepang Barat disematkan oleh netizen kepada negara Korea Selatan karena aksi beberapa atlitnya yang dinilai rasis. 

Hal tersebut terjadi saat atlet tembak asal Korea Selatan bernama Jin Jong-oh menyebut peraih medali emas cabang tembak asal Iran bernama Javad Foroughi sebagai seorang teroris. 

Nggak berhenti sampai di situ aja, Korea Selatan juga sempat jadi perbincangan saat merendahkan beberapa negara di Asia. Misalnya saja oknum warga Korea Selatan pernah menyebut Indonesia sebagai negara dengan GDP rendah, angka Covid-19 tinggi tinggi, dan angka vaksin rendah. 

Dari situlah netizen menyematkan sebutan tersebut ke Korea Selatan. 

"From now on mari kita panggil Korea dengan Jepang Barat. Tuman, rasisi, negara maju tapi orang-orangnya masih katro," tulis seorang netizen di Twitter beberapa waktu lalu. 

Bukan tanpa alasan, sebutan tersebut disematkan karena banyak netizen mengira bahwa "Jepang Barat" merupakan sebutan saat Jepang menjajah Korea Selatan. Hal itu juga diperkuat dengan posisi Korea Selatan yang ada di sebelah Barat negara Jepang.

"Korea dulunya itu pernah di bawah kuasa jajahan Jepang. Dan karena posisinya di bagian barat Jepang, jadi ada sebutannya Jepang Barat," tulis seorang netizen. 

Namun ada juga netizen yang tak setuju dengan sebutan tersebut. Menurutnya, sebutan yang ada di zaman penjajahan tersebut bisa membawa luka lama. 

"2beer! gak bermaksud membela korea, tapi agak rude untuk memanggil negara mereka dengan sebutan “Jepang Barat” karena penajajahan tuh gabener, membawa luka lama. jangan menyalahkan rasisme dengan membenarkan kolonialisme, dua duanya salah," ungkap akun Twitter @tubirfess. 

BACA JUGA: 4 Kontroversi Korea Selatan Selama Olimpiade Tokyo 2020, Sebut Atlet Teroris hingga Dituduh Curang?

Sebutan Jepang Barat di zaman penjajahan ternyata hoax

Namun, setelah ditelusuri kembali, tak ada fakta sejarah yang menyebutkan soal istilah Jepang barat terhadap Korea Selatan saat kolonialisme Jepang. 

Hal tersebut juga diungkap oleh Pakar Budaya dari Universitas Indonesia, Rostineu yang mengatakan bahwa Jepang menyebut Korea sebagai Choson atau Joseon. Sementara itu, orang Korea disebut dengan Chosonjin saat masa kolonialisme. 

BACA JUGA: Biodata Jin Jong Oh Lengkap Agama dan Umur, Atlet Korea Selatan Viral Karena Berkata Rasis

Nah itulah makna sebutan "Jepang Barat" untuk Korea Selatan yang sempat viral di Twitter.




Jepang BaratApa itu Jepang BaratSebutan Jepang BaratMakna Jepang BaratMakna Sebutan Jepang BaratJepang Barat ViralJepang Barat Viral di Twitter

Share to: