Daftar Larangan Malam 1 Suro Menurut Jawa dan Islam, Dilanggar Bakal Ada Kesialan?

Daftar Larangan Malam 1 Suro Menurut Jawa dan Islam, Dilanggar Bakal Ada Kesialan?

Foto

Kolase Foto Larangan Malam 1 Suro Menurut Jawa dan Islam (Foto:Berbagai Sumber)


Malam 1 suro identik dengan hal mistis dan disebut-sebut sebagai harinya para makhluk halus. Nggak heran deh kalau banyak larangan yang harus dipatuhi. Inilah daftar larangan malam 1 suro menurut Jawa dan Islam. 

Larangan-larangan tersebut dipercaya bisa menjaga seseorang dari bahaya atau bencana. Sebaliknya, jika seseorang berani melanggar larangan tersebut, maka banyak yang percaya bahwa seseorang tersebut akan mengalami kesialan. 

Malam 1 suro sendiri bertepatan dengan 1 Muharram dalam tahun baru Islam yang pada tahun 2021 ini jatuh pada tanggal 10 Agutus 2021 mendatang gaes. 

Dalam kepercayaan kejawen, malam 1 suro dipercaya sebagai salah satu malam yang identik dengan hal mistis. Tak heran, mereka biasanya mengadakan beberapa ritual khusus di malam 1 suro. 

Sementara itu bagi umat muslim, 1 Muharram 1443 H dianjurkan untuk banyak beribadah karena menyambut tahun baru islam yang diharapkan akan penuh keberkahan dan kebaikan. 

Untuk itulah malam 1 suro dan 1 Muharram menjadi momen di mana masyarakat mengadakan amalan tertentu dan diikuti dengan larangan tertentu yang dipercaya masyarkat Jawa maupun Islam. 

BACA JUGA: Tata Cara Amalan Malam 1 Suro ala Nabi Muhammad SAW, Anti Haram-haram Club Gaes

Inilah larangan yang harus dipatuhi menurut Jawa dan Islam gaes. 

Larangan di malam 1 Suro menurut Jawa

Beberapa hal berikut ini dilarang dilakukan saat malam 1 suro. Jika ada seseorang yang justru melanggarnya, maka ia dipercaya akan menerima kesialan. Beberapa larangan malam 1 Suro menurut masyarakat Jawa diantaranya adalah. 

- Pesta Pernikahan 

Pesta pernikahan merupakan sesuatu yang tak boleh dilakukan di malam 1 suro. Pasalnya suro dipercaya dikuasai oleh Batara Kala dan yang menjalankan hukum karma atau sebab akibat. 

Oleh karena itu pesta pernikahan tak boleh dilakukan di malam 1 suro. Jika masih dilakukan maka keluarga dari kedua mempelai akan mengalami kessialan. 

- Menggelar hajatan besar selain pernikahan

Tak cuma pernikahan, hajatan besar lain juga dinilai tak boleh dilakukan saat malam 1 suro. Pasalnya pada malam suro ini dipercaya sebagai bulan spiritual dan akan lebih baik digunakan untuk beribadah dan rehat dari hingar-bingar dunia.

- Pindah rumah

Hal lain yang tak boleh dilakukan adalah pindah rumah atau membangun rumah tepat pada malam 1 suro. Hal ini juga dipercaya akan membawa kesialan pemilik rumah. 

- Bepergian Jauh

Serupa dengan larangan sebelumnya, bepergian jauh juga dipercaya menjadi larangan yang tak boleh dilakukan tepat pada malam 1 suro gaes. Kamu boleh mempercayainya jika kamu mau, namun kamu juga bebas untuk tak percaya. 

BACA JUGA: Kumpulan Misteri Malam 1 Suro, Apakah Berkaitan dengan Islam Muharram 1443 H?

Amalan malam 1 suro dalam Islam

Dalam Islam sendiri 1 suro bertepatan dengan pergantian tahun Muharram. Untuk itulah umat muslim disarankan menjalankan amalan dan ibadah tertentu. 

Beberapa diantaranya adalah membaca ayat Qursi, hingga membaca doa awal dan akhir tahun gaes. Selain itu, kamu juga bisa melakukan puasa sunnah Puasa Asyura pada 10 Muharram. Berikut adalah niat puasa Asyura. 

نَوَيْتُ صَوْمَ عَشُرَ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu sauma asyuro sunnatal lillahita'ala"

Artinya: Saya niat puasa asyura, sunnah karena Allah Ta'ala. 

Selain puasa Asyura, kamu juga bisa melakukan puasa Tasu'a tepat sebelum puasa Asyura yaitu pada 9 Muharram. Inilah niat puasa Tasu'a.

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu sauma tasua sunnatal lillahita'ala"

Artinya: Saya niat puasa tasua, sunnah karena Allah Ta'ala. 

Nah itulah larangan-larangan malam 1 Suro menurut Jawa dan Islam gaes. Gimana menurut kamu? Punya pengalaman soal malam 1 suro?




larangan malam 1 suromalam 1 SuroKumpulan Misteri malam 1 SuroLarangan malam 1 Suro menurut JawaMalam 1 Suro Menurut Jawa

Share to: