Fakta-fakta Baju Adat Lampung yang Dipakai Presiden Jokowi untuk Pimpin HUT 76 Indonesia

Fakta-fakta Baju Adat Lampung yang Dipakai Presiden Jokowi untuk Pimpin HUT 76 Indonesia

Fakta-fakta Baju Adat Lampung yang Dipakai Presiden Jokowi untuk Pimpin HUT 76 Indonesia

Foto: Kolase Jokowi Pakai Baju Adat Lampung


Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan baju adat dalam perayaan HUT Republik Indonesia seperti tahun-tahun sebelumnya. Kali ini Presiden Jokowi menggunakan baju adat Lampung dengan dominan putih dan merah dalam memimpin jalannya upacara HUT 76 Indonesia. Tapi apakah kamu tahu makna dan apa saja yang menjadi ciri khas baju adat Lampung? yuk simak fakta-fakta baju adat Lampung yang dipakai Presiden Jokowi saat pimpin upacara HUT 76 Indonesia.

BACA JUGA: Makna dan Filosofi Pakaian Adat Lampung yang Dipakai Jokowi saat Acara 17 Agustus, Keren!

Baju daerah adat Lampung ini bernama Tulang Bawang gaes. Baju ini sendiri mempunyai simbol menunjukkan kebesaran dari budaya Lampung. Tulang Bawang sering digunakan pada saat pernikahan, pentas seni atau pertunjukkan lain seperti tari-tarian.

Pakaian Tulang Bawang ini terbagi menjadi dua adat lho gaes, yakni pakaian adat Lampung Saibatin dan juga pakaian adat Lampung Pepadun. Meski memang keduanya memiliki persamaan atau keimiripan, namun ada juga nih gaes perbedaannya. Mau tau kan apa perbedaan dari keduanya? nah ini dia fakta-faktanya gaes.

Fakta-fakta Baju Adat Lampung

1. Perbedaan Tulang Bawang Adat Saibatin dan Adat Pepadun

Merangkum dari berbagai sumber, baju adat Lampung Saibatin dan adat Lampung Pepadun memang memiliki persamaan dari segi kain yang digunakan adalah kain tapis. Kain tapis adalah kain yang dihiasi dengan logam kuningan untuk menambahkan kesan mewah. Namun ada juga perbedaannya yaitu baju adat Saibatin tampak mewah karena warna yang menyala dan adat Pepadun terlihat bersahaja gaes.

2. Ciri Tulang Bawang Adat Lampung Pepadun Laki-laki

Pakaian adat Lampung Pepadun biasanya untuk pria mengenakan baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang hitam. Di luarnya dibalut dengan sarung tumpal yang ditenun menggunakan benang emas. Sarung khas Lampung ini memang digunakan untuk menutupi celana dari pinggang hingga lutut. Kemudian ditambah ikat sesapuran atau sehelai kain putih dengan rumbai. Bagian atas sendiri pada posisi bahu dilingkari dengan selendang atau khikat akhir.

3. Ciri Tulang Bawang Adat Lampung Pepadun Perempuan

Tak jauh dari pakaian adat Lampung Pepadun untuk laki-laki, pakaian adat Lampung Pepadun untuk perempuan juga memiliki ciri khas berwarna putih dan emas. Bagian bawah dililitkan kain tapis dengan motif khusus yang terbuat dari benang emas juga perak. Baju Tulang Bawang untuk perempuan sendiri memiliki keistimewaan yang terlihat pada aksesorisnya seperti Siger atau Mahkota, Gelang, Kalung, Cincin dan hiasan yang terletak di pinggang.

4. Ciri Tulang Bawang Adat Lampung Saibatin Laki-laki

Suku adat Lampung Saibatin sendiri tinggal di daerah pesisir gaes. Dari beberapa sumber, suku adat Saibatin dalam sistem tatanan sosial terdapat satu orang Raja yang dijadikan pemimpin yang berganti disetiap generasinya. Pakaian Suku Saibatin memiliki ciri yang bisa dilihat dalam acara upacara adat. Adat Saibatin biasanya menggunakan mahkota atau Siger yang digunakan pengantin terdiri dari 7 lekuk atau pucuk yang biasa disebut Sigokh Lekuk Pitu menurut bahasa Lampung. 7 pucuk ini merupakan lambang dari 7 adog yaitu raja, jukuan atau depati, minak, Radin, mas dan kiamas. Pada pakaian adat Saibatin pria itu menggunakan jas yang terbuat dari bahan beludru bermotif floral bunga tabur dan salur atau pucuk rebung. Untuk aksesorisnya sendiri, pada bagian kepala menggunakan kopiah tungkus atau tukkus dan perhiasan gelang juga kalung.

5. Ciri Tulang Bawang Adat Lampung Saibatin Perempuan

Memiliki kesamaan dengan sang lelaki, Tulang Bawang Adat Saibatin untuk perempuan juga menggunakan busana dari beludru bermotif sama. Panjang busana hingga bawah lutut dan dilengkapi selempang jungsarat yakni selempang seperti songket yang ditaruh pada bahu kanan hingga pinggang kiri.

BACA JUGA: Sejarah Pakaian Adat Lampung, Viral Dipakai Pakde Jokowi 17 Agustus Gaes

Ada banyak aksesoris yang memang digunakan dalam pakaian adat khas Lampung yang bernama Tulang Bawang. Yakni Siger, Kopiah Emas, Ikat Pujuk atau Kikat Akinan, Gharu, Bellatung, Kembang Melati atau Melur, Gelang Bibit, Bebe, Gelang Ruwi, Gelang Kano, Gelang Burung, Bulu Serette, Pending, Buah Jukun, Papan Jajar, Selapai, Selempang Pinang, Seraja Bulan, Subang.

Nah itulah fakta dari baju adat Lampung yang bernama Tulang Bawang yang sudah dihimpun dari berbagai sumber oleh KUYOU ID gaes. Pastinya jadi bikin kamu makin kenal dengan adat Lampung kan?




jokowipresiden jokowibaju adat lampungadat lampung saibatinadat lampung pepadunpakaian adat lampungtulang bawangfakta tulang bawangfakta pakaian adat lampungviralterkiniterbaru

Share to: