Arti Kata dan Makna Childfree yang Viral Karena Gita Savitri, Banyak yang Mendukung?

Arti Kata dan Makna Childfree yang Viral Karena Gita Savitri, Banyak yang Mendukung?

Foto

Apa itu Childfree? Simak makna dan contohnya (Foto: Ilustrasi pixabay)


Istilah childfree tengah menghantui kita belakangan ini karena keputusan Gita Savitri dan sang suami yang memilih untuk tidak memiliki anak. Tuai pro dan kontra, sebenarnya apa arti dan makna childfree?

Childfree adalah keputusan untuk tidak memiliki keturunan baik secara biologis ataupun tidak. merupakan sebuah keputusan yang diambil oleh beberapa orang dengan berbagai alasan. Bukan hal baru, istilah ini sudah banyak diterapkan oleh beberapa orang.

Istilah ini tengah ramai diperbincnagkan oleh natizen karena Gita Savitri memilih untuk menerapakn hal tersebut dalam pernikahannya bersama sang suami, Paulus Andre Partohap.

Baca Juga: Gak Hanya Gita Savitri, 3 Selebriti Ini Juga Pertimbangkan Menikah Tanpa Memiliki Anak

Meski banyak cibiran, gak sedikit lho orang-orang yang menghargai keputusannya hingga mengaku ingin melakukan yang sama.

Apa itu Childfree?

Childfree adalah pilihan yang diambil oleh beberapa orang untuk tidak memiliki anak dan keturunan baik secara biologis maupun tidak. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh para selebriti di Barat.

Sementara di Indonesia sendiri, hal mengenai keputusan ini masih jarang dibahas. Padahal, istilah childfree sudah ada sejak akhir abad ke 20 lho gaes.

Apa Alasan Untuk Memilih Childfree?

Kenapa banyak orang memilih keputusan untuk tidak memiliki anak atau childfree? 

Ternyata ada begitu banyak alasan bagi seseorang untuk gak memiliki anak. Selain karena masalah finansial dan kekhawatiran akan tanggung jawab setelah menjadi orangtua, populasi bumi yang semakin meningkat juga menjadi alasannya.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna WIIWY yang Viral di TikTok, Ternyata Ini Asalnya Gaes

Alasan lainnya adalah masalah kesehatan, kelainan genetik, aktivitas seksual yang berkurang, tidak memiliki pasangan hingga tidak tertarik dengan anak-anak.

David Foot, seorang pakar ekonom dari University of Toronto mengungkapkan bahwa ada keterkaitan satu sama lain dengan keputusan untuk childfree dengan tingkat pendidikan. Dia mengungkapkan bahwa semakin tinggi pendidikan seorang wanita, semakin sedikit keinginan untuk memiliki anak atau hanya menginginkan sedikit anak.

Childfree Tidak hanya Identik dengan Wanita Lho

Banyak yang mengira bahwa keputusan childfree hanya diambil oleh wanita. Pasalnya, mereka yang mengandung dan melahirkan.

Ternyata banyak juga lho pria yang memilih keputusan untuk tidak memiliki anak tersebut. 

Tak hamil, lantas apa keputusan seorang pria memilih childfree? Gak beda jauh kok gaes!

Dilansir dari Psychologytoday, alasan pria untuk mengambil keputusan childfree adalah masa lalu saat kecil yang tak pernah merasakan kedekatan dengan ayah sendiri, tak ingin mengurus anak, finansial, tak ingin kehilangan kebebasan, melihat pengalaman buruk orang lain, kelebihan populasi dan banyak lagi.

Bukan Hal Baru, Kini Keputusan Childfree Mulai Dihargai?

Beberapa waktu lalu, Konten kreator Gita Savitri mengungkapkan keputusannya dengan sang suami untuk tidak memiliki anak. Pasangan yang hidup di Jerman ini mengungkapkan bahwa begitu banyak alasan untuk mereka atas keputusan tersebut.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna y/n yang Banyak Digunakan dalam AU atau Fiction

Wanita 29 tahun ini mengatakan bahwa mereka khawatir menjadi orangtua yang tak bertanggung jawab dan melukai anaknya.  Baginya, memiliki anak adalah tanggung jawab yang besar. Sementara itu, dia juga mengungkapkan haknya untuk tidak memiliki anak. 

"Buat aku, punya anak itu such a big deal. Bagaimana kalau misalnya kami sebagai orang tua yak memiliki responsible, tahunya malah memberikan luka pada anak," ujar Gita.

Meski kerap menuai cibiran orang lain, Gita Savitri tetap teguh pada pendiriannya. Namun gak sedikit juga lho yang menghargai hingga mendukung keputusannya.

Dilansir dari The Guardian, kita berada di tengah kepunahan massal, yang pertama disebabkan oleh satu spesies. Ada 7,8 miliar populasi di bumi yang mendukung 1,5 miliar manusia hidup dengan kebiasaan seperti saat ini.

Dituliskan juga bahwa "kontribusi terbesar yang dapat diberikan oleh setiap individu yang hidup di negara makmur adalah tidak memiliki anak."

Selain itu, trauma kepada orangtua dan kejahatan di sekitar juga membuat orang untuk mengambil keputusan yang sama. Mereka takut jika anak mereka kelak akan mengalami kesulitan dan kesedihan di dunia yang semakin kejam.

Nah, itu dia arti dan makna childfree yang viral karena Gita Savitri lengkap dengan alasan mereka melakukannya. Bagaimana menurut kamu?




childfreeApa itu childfreeArti childfreechildfree AdalahAlasan Orang memutuskan childfreeKeputusan Tidak Memiliki AnakGita childfreeGita SavitriBiodata Gita SavitriGita Savitri ChildfreeSuami Gita SavitriMakna childfree

Share to: