Arti Kata dan Makna Catfish atau Catfishing yang Lagi Tren, Jangan Sampai Tertipu Gaes!

Arti Kata dan Makna Catfish atau Catfishing yang Lagi Tren, Jangan Sampai Tertipu Gaes!

Arti Kata dan Makna Catfish atau Catfishing yang Lagi Tren, Jangan Sampai Tertipu Gaes!

Apa itu Catfish atau Catfishing? Berikut ulasan maknanya (Foto: ilustrasi Pixabay)


Apa arti dan makna dari kata Catfish atau Catfishing yang viral dan banyak digunakan belakangan ini? Yuk simak arti kata, makna dan contoh penggunaannya berikut ini!

Catfish merupakan istilah yang memiliki arti kegiatan penipuan yang dilakukan seseorang di dunia maya. Orang tersebut memiliki tujuan menipu pengguna internet lainnya dalam banyak konteks, salah satunya adalah hubungan romantis.

Di Twitter, kamu pasti pernah mendengar cerita seputar faker yang bikin geleng-geleng kepala. Pasalnya, faker tersebut dengan niat membuat akun fiktif, nama fiktif hingga kisah hidup dan foto yang palsu pula.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Fruity, Istilah Slang yang VIral Digunakan di TikTok

Jangan sampai tertipu, yuk simak ulasan tentang istilah catfish atau catfishing lengkap dengan arti, makna dan contoh penggunaannya.

Apa Itu Catfish atau Catfishing?

Catfishing merupakan istilah yang mengacu kepada kegiatan berbohong secara daring dalam konteks hubungan romantis. 

Kenapa menggunakan nama ikan lele? Ternyata gak ada hubungannya dengan ikan berkumis ini gaes.

Namun istilah tersebut muncul karena sebuah acara TV Amerika Serikat bernama Catfish yang mengulas kebohongan-kebohongan dari kacamata korban ataupun pelakunya.

Harus Berhati-hati Catfishing Marak Banget di Sosmed Gaes!

Untuk berkenalan dengan orang lain secara daring, kamu harus pintar-pintar menelan informasi yang mereka unggah.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Childfree yang Viral Karena Gita Savitri, Banyak yang Mendukung?

Media sosial seperti Twitter, Instagram hingga Tinder begitu banyak faker yang menggunakan nama dan foto profil palsu untuk menipu orang lain. Mereka akan berpura-pura menjadi orang lain demi mendapatkan hubungan romantis atau tujuan jahat lainnya seperti mengorek informasi pribadi korban.

Bagaimana cara kerja para catfishing?

Secara umum, pelaku terjadi ketika penipu online membangun hubungan dengan korban mereka dari waktu ke waktu sambil berpura-pura menjadi orang lain. Ini dapat dilakukan baik dengan menggunakan foto dan informasi pribadi orang lain, atau hanya dengan membuat persona palsu.

Karena semakin banyak orang mencari koneksi secara online, risiko catfishing pun meningkat. Ditambah begitu banyak sarana yang bida dimanfaat penipu untuk mendapatkan foto-foto orang lain dan diubah menjadi identitas palsunya.

Maka selin menjadi korban karena berkenalan dengan faker, kamu juga bisa menjadi korban lainnya karena fotomu yang dicuri untuk dijadikan identitas palsu. hal ini juga banyak terjadi gaes!

Baca Juga: Arti Kata dan Makna y/n yang Banyak Digunakan dalam AU atau Fiction

Selain tentang berkenalan online, kini istilah catfishing juga digunakan banyak orang untuk menyebut beberapa pengguna media sosial yang kerap menggunakan filter untuk mempercantik siri.

Di TikTok, begitu banyak filter yang bisa membuat seseorang tampak semakin dan semakin cantik. Filter-filter tersebut pun mendapatkan istilah catfising dari beberapa pengguna.

Nah, itu dia ulasan tentang arti dan makna catfish atau catfising yang beredar di sosial media. Lebih berhati-hati di dunia maya ya gaes!




catfishistilah catfishSlang catfishApa itu catfishcatfish AdalahMakna catfishcatfisingcatfising AdalahApa itu catfisingmakna catfisingCatfish atau catfisingArti catfisingContoh catfising

Share to: