Fakta-fakta Erick Thohir Blusukan ke Cirebon, Beri Apresiasi PLN Dukung 8 Ribu UMKM Gaes!

Fakta-fakta Erick Thohir Blusukan ke Cirebon, Beri Apresiasi PLN Dukung 8 Ribu UMKM Gaes!

Fakta-fakta Erick Thohir Blusukan ke Cirebon, Beri Apresiasi PLN Dukung 8 Ribu UMKM Gaes!

Kolase Foto Erick Thohir Blusukan ke UMKM di Cirebon (Foto: Instimewa)


Yuk simak fakta-fakta Menteri BUMN Erick Thohir melakukan blusukan ke Cirebon untuk meninjau UMKM berikut ini.

Seperti yang kita tahu, pandemi Covid-19 sudah berdampak pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. 

Oleh karena itu, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN turut mendukung pengembangan lebih dari 8.000 UMKM melalui 29 Rumah BUMN yang dikelola perseroan di Indonesia lho gaes.

 

BACA JUGA: Dihadiri Menteri Erick Thohir dan Teten Masduki, Gen Z Freedom Award 2021 oleh CORRECTO.ID Trending di Twitter

Erick Thohir Beri Apresiasi PLN 

Menteri BUMN Erick Thohir pun mengapresiasi kontribusi PLN dalam mendukung pengembangan UMKM di Tanah Air. Dalam Sharing Session di Rumah BUMN Cirebon, Jawa Barat, Erick mengatakan, UMKM selain membutuhkan pendanaan, juga butuh pendampingan hingga dukungan untuk menjangkau akses pasar gaes.

Sebagai informasi aja nih, dukungan pendanaan telah disalurkan BUMN melalui perbankan nasional. Sementara Rumah BUMN berperan dalam melakukan pendampingan UMKM. Yaitu melakukan pendampingan agar UMKM bisa merancang kemasan yang menarik untuk produknya dan juga melakukan upaya meningkatkan kualitas produk dari UMKM.

“Atau menjadi research bagaimana produk itu juga berubah di masyarakat,” kata Erick Thohir.

Rumah BUMN Hadir di 244 Lokasi Dari Sabang sampai Merauke

Selain itu, Rumah BUMN sebagai sentra pembinaan UMKM sudah hadir di 244 lokasi dari Sabang sampai Merauke dan dikelola oleh sejumlah BUMN, termasuk PLN. Mengambil tempat strategis, Rumah BUMN dengan konsep Co-Working Space diharapkan berperan dalam mendorong kreativitas BUMN Muda dan pelaku UMKM gaes.

BACA JUGA: Erick Thohir Cek Kinerja Program BUMN Pupuk Indonesia di Tanah Sunda

Adapun terkait akses pasar, Erick pun mengatakan bahwa tidak hanya BUMN melainkan semua pihak harus berkolaborasi. Termasuk mendorong bagaimana UMKM mulai bisa mengikuti tren pemasaran daring selain bergantung pada pemasaran konvensional secara luring dan pemanfaatan e-commerce disebut bisa jadi akses bagi para pelaku UMKM untuk mengubah pola pemasarannya.

Erick Thohir Berharap PLN Terus Dukung UMKM 

Erick Thohir juga berharap PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dapat terus mendukung pelaku usaha ultra mikro supaya bisnisnya bisa makin berkembang gaes.

“Mungkin untuk yang CSR kita akan fokus yang ultra mikro, karena yang UMKM sebenarnya sudah ada akses perbankan. Nah, kita coba melakukan itu.” tambah Erick.

Sedangkan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat Agung Nugraha mengatakan, peran Rumah BUMN dalam berbagai kegiatan edukasi dan pembinaan. PLN senantiasa mendukung agar kiprah BUMN dalam pengembangan UMKM bisa semakin dirasakan.

Khusus di Rumah BUMN Cirebon, Jawa Barat, PLN mendukung pengembangan 601 UMKM yang mayoritas pelaku usaha kerajinan tangan dan makanan minuman. Rumah BUMN Cirebon yang berada di bawah naungan PLN UID Jawa Barat fokus dalam mengembangkan potensi kearifan lokal dengan kerajinan tangan masing-masing daerah.

“Ke depan ini akan terus berkembang. Semakin banyak yang tertarik bergabung,” jelasnya.

Respon Pelaku UMKM yang Mendapat Bantuan dari Rumah UMKM

Yani Rismawati yang merupakan salah satu pelaku UMKM yang mendapatkan pendampingan dari Rumah BUMN mengaku sangat bersyukur mendapat bantuan. Selain pendampingan dari Rumah BUMN, Ia juga mendapatkan hibah TJSL dari PLN berupa mesin pengering regginang.

 

"Dengan mesin ini, dia masih bisa melakukan kegiatan produksi disaat cuaca tidak mendukung. Sementara dari Rumah BUMN saya sangat bersyukur dapat bantuan legalitas. Bergabung dengan rumah BUMN saya mendapatkan gratis, mulai dari halal hingga HAKI," ucap produsen Regginang Kidal ini.  

BACA JUGA: Fakta-fakta Erick Thohir Siap Kerahkan BUMN Bantu, Program Pupuk Indonesia di Tanah Sunda

Nah, itu dia fakta-fakta Menteri BUMN Erick Thohir melakukan blusukan ke Cirebon untuk meninjau langsung UMKM di sana. Di mana dalam kesempatan itu, ia memberikan apresiasi kepada PLN atas dukungan dari 8 ribu UMKM melalui 29 Rumah BUMN yang dikelola oleh perseroan di Indonesia gaes.




Erick ThohirErick Thohir Blusukan ke CirebonFakta fakta Erick Thohir Blusukan ke CirebonErick Thohir Apresiasi PLNPLN Dukung 8 Ribu UMKMPLNUMKMRumah BUMN

Share to: