Arti Kata dan Makna Gaslighting, Gak Hanya Terjadi di Dunia Percintaan Lho!

Arti Kata dan Makna Gaslighting, Gak Hanya Terjadi di Dunia Percintaan Lho!

Foto

Apa itu Gaslighting? Berikut arti dan penjelasannya (Foto: Ilustrasi Pixabay)


Berikut adalah ulasan lengkap arti dan makna gaslighting, istilah yang viral digunakan GenZ belakangan ini di sosial media. Ternyata gak hanya terjadi di dunia percintaan lho!

Gaslighting merupakan bentuk pelecehan psikologis yang membuat seseorang mempertanyakan kewarasan, persepsi realitas, atau ingatan mereka. Hal ini bisa membuat korbannya merasa bingung, cemas, dan tidak bisa mempercayai diri sendiri.

Hampir mirip dengan manipulatif, seseorang yang sering melakukan gaslighting kepada 'korbannya' ketika sudah merasa terpojokkan dan berakhir permasalahan serius terhadap korban.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Tato Semicolon yang Viral di TikTok, Apa Hubungannya dengan Mental Illness?

Ternyata gaslighting gak hanya terjadi di dalam percintaan lho gaes. Penasaran? Berikut ulasan lengkap arti dan makna kata gaslighting.

Apa itu Gaslighting? 

Gaslighting merupakan bentuk pelecehan psikologis yang membuat seseorang mempertanyakan kewarasan, persepsi realitas, atau ingatan mereka. 

Istilah gaslighting berasal dari drama tahun 1938 dan film Gaslight tahun 1944. Film ini menceritakan tentang suami yang memanipulasi istrinya untuk berpikir bahwa dia memiliki penyakit mental dengan meredupkan lampu berbahan bakar gas mereka dan mengatakan kepadanya bahwa dia sedang berhalusinasi.

Sayangnya, gaslighting sering berkembang secara bertahap, sehingga sulit bagi seseorang untuk mendeteksi.

Contoh Gaslighting

Kamu mungkin sering terkena gaslighting tanpa menyadarinya lho gaes!

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Catfish atau Catfishing yang Lagi Tren, Jangan Sampai Tertipu Gaes!

Beberapa contoh perkataan gaslighting yang umum digunakan adalah; "Anda tidak pernah mengingat sesuatu secara akurat," "Anda yakin? Ingatanmu buruk,” atau "Yakin? Kapan aku mengatakan itu?"

Hal lain adalah dalam kondisi dimana seseorang menahan dan menolak untuk terlibat dalam percakapan serius. Dia kan melakukan teknik gaslighting dengan berpura-pura tidak memahami seseorang sehingga mereka tidak perlu menanggapinya.

"Aku tidak tahu apa yang kamu bicarakan," atau "Kamu bikin aku bingung."

Gaslighting Gak Hanya Terjadi di Dunia Percintaan

Banyak yang salah sangka bahwa gaslighting  ini terjadi ketika sepasang kekasih tengah bertengkar satu sama lin.

Ternyata teknik ini tak hanya digunakan oleh seseorang terhadap pasangannya lho!

Di dunia kerja, kamu mungkin juga terkena gaslighting oleh sesama rekan atau bahkan atasan.

Dengan teknik ini, seseorang mengubah fokus diskusi dan mempertanyakan kredibilitas orang lain. Misalnya, mereka mungkin berkata, "Itu hanya ide gila yang kamu dapatkan dari teman-teman."

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Meme "Ice In My Veins" yang Viral di TikTok

Faktanya, siapa pun dapat mengalami gaslighting. Ini sangat umum dalam hubungan intim dan interaksi sosial di mana ada ketidakseimbangan kekuatan.

Menurut sebuah artikel di Journal of Perinatal & Neonatal Nursing, gaslighting dapat terjadi dengan cara menyangkal atau menyembunyikan informasi, berbohong kepada karyawan tentang hak-hak mereka, atau menggambarkan pelapor yang mengungkap masalah dalam organisasi sebagai tidak kompeten atau sakit mental.

Nah, itu dia ulasan lengkap tentang arti kata dan makna gaslighting, istilah yang viral digunakan GenZ belakangan ini di sosial media.




GaslightingApa itu GaslightingGaslighting AdalahArti Kata GaslightingArti GaslightingMakna GaslightingContoh GaslightingContoh Perkataan GaslightingGaslighting Di dunia kerjaGaslighting PercintaanKorban GaslightingContoh Korban GaslightingContoh pelaku GaslightingPelaku Gaslighting

Share to: