Arti dan Makna Black Dog Dalam Psikologi, Apa Hubungannya Dengan Depresi?

Arti dan Makna Black Dog Dalam Psikologi, Apa Hubungannya Dengan Depresi?

Arti dan Makna Black Dog Dalam Psikologi, Apa Hubungannya Dengan Depresi?

Arti dan Makna Black Dog (Foto: YouTube World Health Organization)


Yuk simak arti dan juga makna Black Dog dalam psikologi, ternyata ada hubungannya dengan depresi lho gaes.

Jika kamu ditanya apa itu Black Dog? Pasti kamu menjawab anjing hitam bukan? Namun ternyata, istilah Black Dog tersebut memiliki arti dan juga makna yang berbeda di dalam dunia psikologi lho gaes.

Dalam dunia psikologi, dikatakan bahwa Black Dog ini merupakan istilah bagi orang-orang yang menderita depresi. Apa memang benar?

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Split Bill yang Viral Trending di Twitter, Wajib Dilakukan Saat First Date?

Buat kamu yang penasaran, yuk simak arti dan juga makna Black Dog dalam psikologi.

Arti dan Makna Black Dog dalam Psikologi

Ternyata memang benar, Black Dog merupakan istilah atau sebutan bagi seseorang yang punya depresi. Depresi sendiri adalah penyakit mental yang dikarakterisasikan dengan kesedihan, kehilangan rasa ketertarikan, perasaan bersalah atau rendah diri, pola tidur atau napsu makan yang menurun, perasaaan lelah dan konsentrasi yang buruk.

Black Dog sendiri adalah sebuah metafora bagi seorang penderita depresi, namun ia tidak mau secara terang-terangan bahwa ia menderita depresi. Pada akhirnya mereka menggunakan kata Black Dog sebagai pengganti kata depresi.

Orang-orang yang menderita depresi ini bisa terganggu segala aktivitasnya seperti bekerja, belajar atau bahkan berhubungan dengan keluarga. Hal terburuk adalah depresi dapat berujung ke bunuh diri.

Orang yang mengalami depresi sering kali mengatakan bahwa ia memiliki Black Dog. Bahkan menurut Black Dog Institute, beberapa orang bahkan berpikir untuk mengakhiri hidup ketika mereka sangat khawatir ataupun segalanya terasa berat dan menyakitkan bagi mereka.

Black Dog Institute menjelaskan, berbagai jenis depresi akan mendapatkan perawatan yang berbeda. Orang yang menderita depresi akan melalui beberapa tahap cek kesehatan sebelum mendapatkan perawatan apa yang akan didapatkan. Tiga kategori pengobatan depresi yang bisa dilakukan antara lain psikologis, fisik, pertolongan pada diri sendiri serta terapi alternatif.

Winston Churchill dan Jonghyun Shinee Penderita Black Dog

Jika berbicara sejarah Black Dog, tidak akan lepas dari sosok Winston Churchill. Winston Churchill merupakan seorang mantan Perdana Menteri Britania Raya pada 1940 hingga 1945. Winston Churchill merupakan penderita depresi.

Depresi yang ia alami diketahui karena peristiwa pemecatannya dari Angkatan Laut yang membuatnya trauma.Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa, Churchill sudah menderita depresi sejak muda. Winston Churchill pun selalu menyebutnya dengan Black Dog.

Dari catatan yang dimiliki winstonchurchill.org dalam judul 'The Myth of The Black Dog', istilah Black Dog ia ambil dari pengasuh masa kecilnya yang merupakan sebuah ekspresi yang berkonotasi pada suasana hati yang buruk. Inilah yang akhirnya membuat Black Dog dikenal secara publik.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna GGWP, Singkatan Bahasa Gaul Anak Gamers Gaes!

Selain Winson Churchill, ada pula idol K-POP, Jonghyun Shinee yang dikabarkan meninggal karena bunuh diri pada 2017. Jonghyun diketahui juga memiliki penyakit depresi, dan ia pun mengatakan bahwa ia memiliki Black Dog.

Sebelum meninggal dunia, pada Juni 2017, Jonghyun mengunggah foto anjing hitam. Di dalam foto tersebut terdapat tulisan "I have a black dog. If you touch, you'll get bitten".

Pada saat itu orang-orang tidak menyadari bahwa Jonghyun sedang mengalami depresi. Barulah setelah kematiannya terungkap, para fansnya langsung menyerbu kolom komentar postingan tersebut dan meminta maaf karena tidak tahu apa yang Jonghyun alami.

Baca Juga: Download Lagu MP3 SHINee KEY - BAD LOVE, Lengkap Lirik dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Nah, itulah arti dan juga makna Black Dog dalam psikologi, ternyata ada hubungannya dengan depresi.




Black DogArti Black DogMakna Black DogMaksud Black DogBlack Dog adalahBlack Dog dalam psikologiDepresi Black DogSejarah Black DogTokoh penderita Black DogWinston Churchill Black DogJonghyun Shinee Black DogIstilah penderita Depresi

Share to: