Tren Baru Challenge Share Instagram Ternyata Berbahaya Penipuan? Waspada Bagikan Data Pribadi!

Tren Baru Challenge Share Instagram Ternyata Berbahaya Penipuan? Waspada Bagikan Data Pribadi!

Foto

Tren Baru Challenge Share Instagram Ternyata Berbahaya Penipuan (Foto: Twitter @@tubirfess)


Waspada jangan bagikan data pribadi di tren baru challenge share Instagram! ternyata berbahaya penipuan. 

Instagram kembali menghadirkan fitur terbarunya. Kali ini, di Instagram Story (Insta Story) ada challenge share Instagram. Dimana cara kerjanya adalah kamu bisa mengikuti challenge ini dengan membagikan jawaban sesuai dengan tema challenge yang diberikan. Temanya sendiri beragam, seperti share nama panggilan ataupun share tempat lahir.

Namun sayangnya, tren challenge share Instagram ini dimanfaatkan oleh orang-orang licik untuk penipuan. Dimana ia memanfaatkan jawaban data pribadi dari challenge share Instagram ini untuk melakukan tindakan kejahatan.

Baca Juga: Demi Kemanan, Instagram Bakal Minta Video Selfi Untuk Verifikasi Pengguna Gaes

Cara Kerja Penipuan dari Challenge Share Instagram

Challenge share Instagram ini sebenarnya ditujukan hanya untuk bersenang-senang saja dan hanya sebagai hiburan. Namun, beberapa oknum memanfaatkan tren ini menjadi peluang untuk menipu.

Mereka akan mencari data-data pribadi seseorang yang telah dishare di challenge share Instagram ini. Data-data pribadi tersebut mereka dapatkan dari beberapa pertanyaan di challenge ini yang menjurus ke data pribadi seperti "Variasi nama panggilan kamu", "Nama gadis ibu kandung kamu", hingga "share selfie foto KTP kamu".

Nantinya, oknum penipu ini akan menggunakan data-data pribadi tersebut untuk keperluan yang negatif, seperti meminjam uang hingga mendaftarkannya ke pinjaman online (pinjol).

Viral di Twitter

Orang-orang yang curiga dengan pertanyaan yang menjurus ke data pribadi di challenge share Instagram ini pun mengungkapkannya di Twitter. Bahkan ada beberapa orang yang sudah berhasil tertipu karena challenge ini.

Seperti yang dialami teman dari akun Instagram @ditamoechtar_ ini, ia bercerita bahwa temannya baru saja terkena tipu akibat share nama panggilannya di challenge share Instagram ini. Temannya tersebut ditelpon seseorang yang mengaku teman dekatnya dengan memanggil nama panggilannya. Akibatnya, ia pun berhasil tertipu dengan meminjamkan uang kepada orang tersebut.

"Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini," tulis akun Twitter @ditamoechtar_ sambil menunjukkan pertanyaan challenge share Instagram yang menjurus ke pembagian data pribadi.

Baca Juga: Cara Menggunakan Sticker Link di Story Instagram, Bukan Hanya Untuk Centang Biru!

Challenge share Instagram ini pun menjadi viral dan trending di Twitter, karena makin maraknya kasus penipuan dan pertanyaan-pertanyaan yang menjurus ke data pribadi.




Challenge share InstagramTren Challenge share InstagramChallenge share Instagram penipuanPenipuan challenge share InstagramChallenge share Instagram viral

Share to: