Muslim Leader Preneur Riau Gelar Diskusi Masjid Sebagai Pusat Kebangkitan Ekonomi Umat, Dihadiri Erick Thohir

Muslim Leader Preneur Riau Gelar Diskusi Masjid Sebagai Pusat Kebangkitan Ekonomi Umat, Dihadiri Erick Thohir

Foto

Muslim Leader Preneur Riau Gelar Diskusi Masjid Sebagai Pusat Kebangkitan Ekonomi Umat (Foto: Instagram @)


Muslim Leader Preneur (MLD) Riau menyelenggarakan diskusi dengan tema "Masjid Sebagai Pusat Kebangkitan Ekonomi Umat" pada Jumat, 26 November 2021 di Masji An-Nur Riau.

Dalam diskusi tersebut hadir M. Arief Rosyid Hasan (Ketua Komite Pemuda MES), Iggi H. Achsein (Sekjend PP MES), Prof Akhmad Mujahiddin (Ketua MES Riau), Rahmad Ilahi (Ketua Umum HIPMI Riau), Juni Rahman (Ketua KADIN Riau) dan Erick Thohir (Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PP MES).

BACA JUGA: #MuslimLeaderPreneur, Erick Thohir Pimpin Diskusi Syariah untuk Kuatkan Peran Masjid Jadi Pusat Ekonomi Umat Gaes

Diskusi tersebut diketahui membahas soal peran masjid yang bisa menjadi pusat kebangkitan ekonomi umat.

Iggi H. Achsein selaku komisaris pertamina dan Sekjend PP MES mengatakan Indonesia akan maju jika menjadikan masjid sebagai pusat kebangkitan ekonomi umat.

"Jika masjid diniatkan sebagai pusat kebangkitan ekonomi umat maka bangsa Indonesia bisa maju," ucapnya.

Selain itu, Ketua Komite Pemuda MES M. Arief Rosyid Hasan juga mengatakan jika dengan kebangkitan ekonomi umat, Indonesia bisa lebih maju lagi.

Bahkan menurutnya masyarakat memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang di bangsa sendiri, dengan cara memberikan pelatihan, pendampingan dan pembiayaan pada umat untuk memulai usaha.

"Kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk jadi pemenang di bangsa kita sendiri, caranya dengan memberikan pelaytihan, pendampingan dan pembiayaan anak-anak muda untuk memulai usaha sehingga tak akan tertinggal lagi mulai hari ini," tambahnya.

Sementara itu Erick Thohir selaku Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PP MES menjelaskan cara untuk membangkitan ekonomi umat adalah dengan memberikan pembiayaan sebagai akses untuk membangun ekonomi.

"Indonesia merupakan negara yang punya umat muslim terbanyak di dunia. Apa yang harus kita lakukan dalam membangkitkan ekonomi umat adalah dengan cara bagaimana pembiayaan bisa menjadi akses untuk membangun ekonomi" ujarnya.

Erick juga mengatakan jika masjid bisa menjadi tempat untuk membangun ekonomi umat selain untuk beribadah.

"Selain untuk tempat beribadah, masjid bisa menjadi tempat untuk pembangunan komunitas ekonomi," katanya.

Menurutnya masyarakat Indonesia bisa membangkitkan ekonomi apabila memiliki visi yang sama dan juga pembuktian yang nyata.

"Kita bisa membangkitkan ekonomi umat asal kita juga kongkrit dalam kebersamaan visi, kemauan dalam bergotong rotong dan saling membantu satu sama lain," ucap Ketum PP MES tersebut.

Erick Thohir juga mengajak seluruh komponen MES untuk bisa menjadi bangsa yang mandiri dengan cara bekerja sama antara BUMN dan MES, tentunya dengan sayarat untuk memperoleh keuntungan bersama.

BACA JUGA: Habiburokhman Sudah Buktikan Toilet SPBU Pertamina Gratis: Terima Kasih Pak Erick Thohir!

"Saya mengajak kempononen masyarakat untuk bekerja sama bagaimana caranya untuk kita mengembalikan bangsa kita untuk bisa mendiri dan saling membantu. Hal ini tentunya dengan syarat tetap harus ada kesepakatan dengan memperoleh keuntungan bersama. Ayo kita membuka kerja sama dan membuat rencana kerja bersama antara BUMN dan MES," tegasnya.




Muslim leader preneurMasjid Sebagai Pusat Kebangkitan Ekonomi UmatMLDErick ThohirMenteri BUMNMenteri BUMN Erick ThohirKetua Umum PP Masyarakat Ekonomi SyariahMESMuslim Leader PreneurMasjid An Nur RiauMasyarakat Ekomomi Syariah

Share to: