Biografi dan Profil Haji Lulung, Politikus PPP Meninggal Dunia di Usia 62 Tahun

Biografi dan Profil Haji Lulung, Politikus PPP Meninggal Dunia di Usia 62 Tahun

Biografi dan Profil Haji Lulung, Politikus PPP Meninggal Dunia di Usia 62 Tahun

Potret Haji Lulung, Politikus PPP Meninggal Dunia di Usia 62 Tahun (Foto: Instagram @hajilulung_24)


Berikut adalah biografi dan profil Haji Lulung, politikus PPP meninggal dunia di usia 62 tahun.

Kabar duka menyelimuti dunia politik Indonesia, politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Haji Lulung dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 14 Desember 2021 jam 10.51 WIB di RS Harapan Kita Jakarta.

Haji Lulung meninggal dunia di usia 62 tahun. Haji Lulung sendiri adalah mantan anggota DPR.

Baca Juga: Wali Kota Bandung, Oded M Danial Meninggal Dunia Saat Hendak Menjadi Khatib Salat Jumat

Lalu, bagaimana dengan sosoknya? Yuk simak biografi dan profil Haji Lulung, politikus PPP meninggal dunia di usia 62 tahun.

1. Profil Haji Lulung

Haji Lulung memiliki nama lengkap Abraham Lunggana, namun lebih dikenal dengan nama Haji Lulung. Haji Lulung lahir di Jakarta, 24 Juli 1959. Umur Haji Lulung adalah 62 tahun.

Haji Lulung memiliki seorang istri yang bernama Hj. Emma Mutmainah, dan tiga orang anak yang bernama, Guruh Tirta Lunggana, Lista Puspa Inda, dan Sutera Cendikia Gana Cipta.

2. Karier Politik Haji Lulung

Haji Lulung mengawali karier politiknya di PPP hingga tahun 2002. Di tahun 2002, Haji Lulung  sempat pindah ke Partai Bintang Reformasi, namun pada tahun 2004, ia kembali ke PPP.

Haji Lulung bertahan cukup lama di PPP hingga tahun 2018. Ditahun 2018, Haji Lulung sempat pindah ke Partai Amanat Nasional hingga tahun 2021. Dan ditahun 2021 ini, Haji Lulung kembali ke PPP untuk yang kedua kalinya.

3. Jabatan

Selama karier politiknya, Haji Lulung sempat menduduki beberapa jabatan penting. Seperti, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta (11 September 2009 – 27 November 2018) dan Anggota DPR RI (1 Oktober 2019 – 7 September 2021). 

Di PPP, Haji Lulung kini menjabat sebagai Ketua DPW PPP DKI JAKARTA (2021-2026).

Selain itu, Haji Lulung juga aktif dalam organisasi, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Bamus Betawi (2018-2023), Ketua Deparnas Pemuda Panca Marga (2019-2023).

4. Pengusaha

Selain aktif menjadi politikus, Haji Lulung juga aktif menjadi seorang pengusaha. Beberapa perusahaan yang ia miliki adalah PT Putraja Perkasa, PT Tirta Jaya Perkasa, koperasi Kobita, PT Tujuh Fajar Gemilang, dan PT Satu Komando Nusantara.

5. Meninggal Dunia di Usia 62 Tahun

Pada 14 Desember 2021 jam 10.51 WIB, Haji Lulung meninggal dunia di usia 62 tahun. Haji Lulung meninggal dunia di RS Harapan Kita Jakarta.

Anak kedua Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana, menjelaskan kondisi ayahnya yang tengah terbaring di rumah sakit. Guruh membenarkan ayahnya mengalami gangguan kesehatan jantung.

"Kepada rekan-rekan semua, saya Guruh Tirta Lunggana atas nama keluarga Haji Lulung Abraham Lunggana, menyampaikan bahwa benar adanya saat ini Haji Lulung (HL) sedang mengalami gangguan kesehatan jantung," kata Guruh dalam keterangan tertulis, pada Sabtu 4 Desember 2021.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan kondisi Haji Lulung sempat stabil.

"Saya tidak tahu persis dari tadi malam, tapi sampai dengan kemarin sore HL (Haji Lulung) termonitor stabil," kata Arsul.

Baca Juga: Biodata Bens Leo Lengkap Umur dan Agama, Pengamat Musik Meninggal Dunia Karena Covid-19

Nah, itulah biografi dan profil Haji Lulung, politikus PPP meninggal dunia di usia 62 tahun.




Haji LulungHaji Lulung meninggal duniaHaju Lulung meninggal usia 62 tahunBiografi Haji LulungProfil Haji LulungKarier Haji LulungPolitik Haji LulungJabatan Haji Lulung

Share to: