Ketum GenZET, Adrian Zakhary Ungkap Tantangan Baru Masa Depan Indonesia dari Metaverse

Ketum GenZET, Adrian Zakhary Ungkap Tantangan Baru Masa Depan Indonesia dari Metaverse

Foto

Ketum GenZET, Adrian Zakhary (Foto:Dok.Instagram/@thezakhary)


Ketua Umum GenZET Indonesia, Adrian Zakhary mengungkapkan apa yang sebenarnya kita hadapi pada dunia dengan tantangan yang baru. Saat menjadi keynote speaker dalam acara wisuda online Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Lebih lanjut wisuda UMN kali ini mengusung tema “Tantangan dan Peluang Pasca Pandemi Covid-19”.

Adrian Zakhary mengawali dengan presentasi kondisi terkini mengenai Pandemi covid-19 dan melanjutkan dengan menjelaskan sejarah pandemi dari tahun ke tahun yang selalu memberikan perubahan, tantangan, dan peluang baru.

Baca Juga: Adrian Zakhary Apresiasi Menteri BUMN Erick Thohir: Tahun 2022 Era Startup Lokal!

"Kita coba melihat ilustrasi dari sebuah kecepatan, era tahun 1800 an mobil pertama dibuat di Prancis yaitu Cugnot Fardier kecepatanya hanya 1,6 KM/jam, kita lihat lagi didunia saat ini ada mobil Chiron Super Sport dengan kecepatan 490 KM/jam. Ini adalah percepatan yang menghasilkan kecepatan. Kemarin Presiden Jokowi menyambut kita akan mengakselerasi generasi digital, kata-kata akselerasi ini adalah kunci," ujar Adrian Zakhary.

Tak hanya itu saja bahkan Adrian juga mengatakan bahwa dengan adanya Metaverse ini Presiden Jokowi langsung mengambil langkah untuk mengetahui hal tersebut.

"Begitu ada Metaverse pak Jokowi langsung mengambil langkah cepat untuk melihat apa ini?. Kita harus melakukan akselerasi generasi digital," ujar Adrian.

Metaverse itu adalah sebuah tempat dimana itu beyond dari pada yang ada sekarang kalau Mark Zuckerberg itu bilangnya bahwa di dalam Metaverse ini yang paling penting adalah bagaimana human interaction, bagaimana kita berinteraksi dengan sesama manusia dulu di metaverse ini ya contohnya paling gampangnya adalah kita pakau VR lalu di dalam VR itu kita bisa menemukan sebuah kehidupan yang baru itu artinya kita bisa melihat orang-orang bisa menggunakan avatarnya masing-masing.

"Sekelas Bill Gates pun berkata bahwa jangan kaget 3 tahun lagi anda akan mulai berkantor di metaverse mungkin teman-teman yang ada saat ini sudah mengembangkan NFT atau Metaverse sendiri juga itu lebih bagus ,"  ujar Adrian.

Tak hanya itu saja bahkan Adrian juga mengatakan bahwa menteri BUMN Erick Thohir bilang akan ada dunia baru tercipta saat ini.   

"Erick Thohir menteri BUMN bilang akan ada dunia baru tercipta saat ini Korsel itu akan membangun Metaverse Seoul dia akan bangun kota Metaverse pertama jadi kita gak perlu ke Seoul untuk melihat Korea," ujar Adrian.

Baca Juga: Erick Thohir Siapkan 'Avenger' Lebih Kuat Lewat Merah Putih Fund, Adrian Zakhary: Momentum Untuk Bangkitkan Kedaulatan Digital

Sekedar informasi Metaverse sendiri merupakan ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia nyata, baik itu interaksi antara manusia maupun fungsi ekonomi.

Istilah metaverse mengacu pada dunia virtual yang menyerupai kehidupan dunia nyata dengan tanah, bangunan, avatar yang bisa dibeli dan dijual serta seringkali menggunakan mata uang kripto.

Di dalam dunia metaverse, orang-orang dapat beraktivitas, berteman, mengunjungi tempat tertentu, membeli barang dan jasa, layaknya di kehidupan nyata.




Ketua Umum GenZETAdrian ZakharyUniversitas Multimedia NusantaraUMNPandemi covid-19MetaverseDigitalTransformationGenZETIndonesiaNFT

Share to: