Adrian Zakhary Apresiasi Menteri BUMN Erick Thohir: Tahun 2022 Era Startup Lokal!

Adrian Zakhary Apresiasi Menteri BUMN Erick Thohir: Tahun 2022 Era Startup Lokal!

Adrian Zakhary Apresiasi Menteri BUMN Erick Thohir: Tahun 2022 Era Startup Lokal!

Kolase Foto Adrian Zakhary Apresiasi Menteri BUMN Erick Thohir: Tahun 2022 Era Startup Lokal! (Foto: Instagram)


Inisiator Kedaulatan Digital Republik Indonesia (KDRI), Adrian Zakhary mengapresiasi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah berkomitmen menciptakan ekosistem baru demi memenangkan tantangan global saat ini. 

Seperti diketahui, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru saja meresmikan Gerakan Akselerasi Generalisasi Digital dan Merah Putih Fund pada 15 Desember 2021. 

Bukan tanpa alasan, Erick Thohir melihat dunia sedang menghadapi tekanan tinggi akibat dari krisis rantai pasokan, globalisasi pasar, hingga distrupsi ekonomi. 

Untuk itulah Erick Thohir menilai Indonesia butuh 'superhero' yang lebih kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan baru yang juga lebih berat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Erick Thohir saat memberikan sambutan di peresmian Gerakan Akselerasi Generalisasi Digital di Jakarta Convention Center, Senayan pada Rabu, 15 Desember 2021. 

"Tentu kita pernah mengingat pidato bapak Presiden mengenai Thanos. Yah, dimana beliau menyampaikan ini adalah sebuah kekuatan besar yang ingin menghancurkan dunia, karena itu pada saat itu kita perlu Avengers . Avengers terdiri dari tokoh-tokoh seperti Thor, Hulk, dan lain-lain," ujar Erick dalam Akselerasi Generasi Digital, Rabu, 15 Desember 2021. 

BACA JUGA: Erick Thohir Siapkan 'Avenger' Lebih Kuat Lewat Merah Putih Fund, Adrian Zakhary: Momentum Untuk Bangkitkan Kedaulatan Digital

Ciptakan Merah Putih untuk dukung calon decacorn

Salah satu upaya BUMN mendukung decacorn dan unicorn sendiri adalah menciptakan Merah Putih Fund. Dengan adanya Merah Putih Fund ini diharapkan bisa menjadi ekosistem yang bisa menciptakan kekuatan bagi para 'superhero' baru.

"Ekosistem yang kita bentuk hari ini harus kita menangkan, salah satunya kalau dari BUMN kita membuat Merah Putih Fund. Kita akan fokus kepada calon unicorn. Dan kita juga berharap semua swasta masuk kepada ekosistem dari pendanaan ini. Karena kita juga sudah mengajak Sovereign Wealth Fund Indonesia untuk masuk yang lebih besar, untuk unicorn menuju decacorn. Ini lah ekosistem yang kita harapkan bisa menjadi kekuatan sendiri di kita," ucap Menteri BUMN Erick Thohir.

Adrian Zakhary: Tahun 2022 Era Startup Lokal! 

Pengamat Digital Adrian Zakhary mengungkap bahwa langkah yang digagas BUMN terkait Merah Putih Fund ini merupakan momen untuk start up lokal tumbuh dan bangkit di tahun 2022 mendatang.

"Kita harapkan tahun 2022 menjadi momentum awal kebangkitan startup lokal untuk menjadi the next unicorn dan decacorn. Saya mengapresiasi Presiden Jokowi dan Menteri BUMN untuk mewujudkan Merah Putih Fund ini, sehingga kedepan Venture Capital lokal ini juga bisa menjadi leader dalam pendanaan startup-startup lokal di Indonesia," ungkap Adrian. 

Adrian Zakhary juga mengapresiasi langkah Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mewujudkan Merah Putih Fund demi menghadapi berbagai tantangan baru. 

Menurutnya, adanya akselerasi generasi digital dan program Merah Putih Fund merupakan salah satu wujud dan momentum kebangkitan kedaulatan digital di Indonesia.

"Kehadiran Akselerasi Generasi Digital sangat penting sebagai momentum kebangkitan kedaulatan digital Republik Indonesia. Dengan sokongan Merah Putih Fund yang memiliki kapital besar untuk pendanaan startup lokal tentu menjadi pemantik semangat para pejuang Startup di Indonesia," kata Adrian Zakhary, sebagai Pengamat Digital.

BACA JUGA: Konsisten Bangkitkan Ekonomi Umat, Erick Thohir Raih Penghargaan Penggerak Ekonomi Syariah Dari MUI




Adrian ZakharyAdrian Zakhary Apresiasi Mentri BUMNMenteri BUMNErick ThohirAkselerasi Generalisasi DigitalGerakan Akselerasi Generalisasi Digital

Share to: