Erick Thohir Siapkan 'Avenger' Lebih Kuat Lewat Merah Putih Fund, Adrian Zakhary: Momentum Untuk Bangkitkan Kedaulatan Digital

Erick Thohir Siapkan 'Avenger' Lebih Kuat Lewat Merah Putih Fund, Adrian Zakhary: Momentum Untuk Bangkitkan Kedaulatan Digital

Erick Thohir Siapkan 'Avenger' Lebih Kuat Lewat Merah Putih Fund, Adrian Zakhary: Momentum Untuk Bangkitkan Kedaulatan Digital

Kolase Foto Erick Thohir Siapkan 'Avenger' Lebih Kuat Lewat Merah Putih Fund (Foto: berbagai sumber)


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menganalogikan keadaan dunia saat ini seperti film-film superhero Marvel, di mana terdapat musuh yang bisa menghancurkan dunia. 

Pasalnya, Erick Thohir melihat dunia sedang menghadapi tekanan tinggi akibat dari krisis rantai pasokan, globalisasi pasar, hingga distrupsi ekonomi. 

Untuk itulah Erick Thohir menilai Indonesia butuh 'Avenger' yang lebih kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan baru yang juga lebih berat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Erick Thohir saat memberikan sambutan di peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta Convention Center, Senayan pada Rabu, 15 Desember 2021. 

"Tentu kita pernah mengingat pidato bapak Presiden mengenai Thanos. Yah, dimana beliau menyampaikan ini adalah sebuah kekuatan besar yang ingin menghancurkan dunia, karena itu pada saat itu kita perlu Avengers . Avengers terdiri dari tokoh-tokoh seperti Thor, Hulk, dan lain-lain," ujar Erick dalam Akselerasi Generasi Digital, Rabu, 15 Desember 2021. 

BACA JUGA: Konsisten Bangkitkan Ekonomi Umat, Erick Thohir Raih Penghargaan Penggerak Ekonomi Syariah Dari MUI

Siap Ciptakan 'Avenger' Lebih Kuat Lewat Merah Putih Fund

Kini dunia tengah menghadapi berbagai tantangan yang lebih berat. Dari mulai disrupsi ekonomi, perubahan kesempatan usaha, hingga sektor kesehatan akibat pandemi yang mengakibatkan banyak tokoh meninggal. 

Dengan banyaknya tantangan baru yang lebih berat dan besar, Erick Thohir menilai bahwa Indonesia kini membutuhkan 'Avenger' yang juga lebih kuat lagi agar siap menghadapi tantangan-tantangan tersebut. 

"Sama dengan Marvel yang bikin universe satu sampai empat karena dunia baru pasti penuh dengan tantangan baru, perlu superhero baru. Dulu kita bicara Hulk, Captain America, Iron Man, sekarang ada superhero jauh lebih powerfull, ada Ikaris hingga Thena karena musuhnya juga jauh lebih berat," ucap Erick Thohir.

Salah satu upaya BUMN sendiri adalah menciptakan Merah Putih Fund sebagai bentuk dukungan kepada calon unicorn hingga menuju decacorn. Dengan adanya Merah Putih Fund ini diharapkan bisa menjadi ekosistem yang bisa menciptakan kekuatan bagi para 'avengers' baru.

"Ekosistem yang kita bentuk hari ini harus kita menangkan, salah satunya kalau dari BUMN kita membuat Merah Putih Fund. Kita akan fokus kepada calon unicorn. Dan kita juga berharap semua swasta masuk kepada ekosistem dari pendanaan ini. Karena kita juga sudah mengajak Sovereign Wealth Fund Indonesia untuk masuk yang lebih besar, untuk unicorn menuju decacorn. Ini lah ekosistem yang kita harapkan bisa menjadi kekuatan sendiri di kita," ucap Menteri BUMN Erick Thohir.

BACA JUGA: Mengenal Raket Merdeka DKI, Dukungan untuk Erick Thohir Gas Terus!

Adrian Zakhary Ungkap Momentum Kebangkitan Kedaulatan Digital

Pengamat Digital Adrian Zakhary mengungkap bahwa langkah yang digagas BUMN terkait Merah Putih Fund ini merupakan salah satu hal yang visioner. 

Menurut penuturan Adrian Zakhary, adanya akselerasi generasi digital dan program Merah Putih Fund merupakan salah satu wujud dan momentum kebangkitan kedaulatan digital di Indonesia. 

"Kehadiran Akselerasi Generasi Digital sangat penting sebagai momentum kebangkitan kedaulatan digital Republik Indonesia. Dengan sokongan Merah Putih Fund yang memiliki kapital besar untuk pendanaan startup lokal tentu menjadi pemantik semangat para pejuang Startup di Indonesia," kata Adrian Zakhary, sebagai Pengamat Digital.

Adrian Zakhary juga mengapresiasi langkah Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mewujudkan Merah Putih Fund demi menghadapi berbagai tantangan baru. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Pembaretan Erick Thohir Banser GP Ansor, Perjuangan Syariah Berlanjut!

Dengan danya akselerasi generasi digital ini, Adrian Zakhary berharap tahun 2022 bisa menjadi awal kebangkitan start up lokal menjadi unicorn hingga decacorn. 

"Kita harapkan tahun 2022 menjadi momentum awal kebangkitan startup lokal untuk menjadi the next unicorn dan decacorn. Saya mengapresiasi Presiden Jokowi dan Menteri BUMN untuk mewujudkan Merah Putih Fund ini, sehingga kedepan Venture Capital lokal ini juga bisa menjadi leader dalam pendanaan startup-startup lokal di Indonesia," ungkap Adrian. 




Merah Putih FundErick ThohirMomentum Kebangkitan Kedaulatan DigitalAvenger Baru IndonesiaSiapkan Avenger Lebih KuatMenteri BUMN Erick Thohir

Share to: