Fakta dan Profil Farid Gaban, Jurnalis Viral Klarifikasi Kasus Pemerkosaan

Fakta dan Profil Farid Gaban, Jurnalis Viral Klarifikasi Kasus Pemerkosaan

Foto

Potret Farid Gaban, Jurnalis Viral Klarifikasi Kasus Pemerkosaan (Foto: Berbagai sumber)


Yuk simak fakta dan juga profil dari Farid Gaban, jurnalis viral klarifikasi kasus pemerkosaan.

Farid Gaban adalah seorang jurnalis senior Indonesia. Saat ini, Farid Gaban sedang viral karena klarifikasi kasus pemerkosaan yang dialami seorang mantan jurnalis Geotimes.

Farid Gaban sendiri merupakan salah satu jurnalis senior di Geotimes yang kini telah menjadi editor di Geotimes.

Baca Juga: Fakta-fakta Kasus Siwi Widi, Pramugari Viral Jadi pelakor Hingga Terima Suap

Nah, buat kamu yang penasaran dengan sosoknya, yuk simak simak fakta dan juga profil dari Farid Gaban, jurnalis viral klarifikasi kasus pemerkosaan.

1. Fakta dan Profil Singkat Farid Gaban

Farid Gaban merupakan seorang jurnalis senior di Indonesia. Farid Gaban diketahui berasal dari Yogyakarta.

Farid Gaban mengenyam pendidikan SMA di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Lalu, Farid Gaban kuliah  di Center for Foreign Journalist, Reston, Virginia, Amerika Serikat.

Karier jurnalis Farid Gaban dimulai ketika ia menjadi editor di Republika pada tahun 1990. Lalu, pada tahun 2014, Farid Gaban mulai bergabung bersama Geotimes, dan hingga kini masih menjadi bagian dari Geotimes.

2. Farid Gaban Pernah Dilaporkan ke Polisi?

Pada tahun 2020, Farid Gaban pernah dilaporkan ke polisi oleh pengacara Muannas Alaidid. Muannas melaporkan Farid Gaban atas dugaan penyebaran berita bohong dan menyesatkan dan penghinaan terhadap penguasa melalui media sosial.

Permasalahannya adalah setelah Farid Gaban memberikan kritik kepada Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di Twitter.

Sementara itu, Teten Masduki sebagai orang yang dikritik oleh Farid Gaban tidak mempermasalahkan cuitan sang jurnalis.

3. Farid Gaban Terseret Kasus Pemerkosaan yang Viral di Twitter

Sementara itu, saat ini sedang viral di Twitter cuitan seorang wanita berinisial IW, IW merupakan mantan reporter atau jurnalis Geotimes yang mengaku mendapatkan percobaan pemerkosaan pada saat ia masih menjadi reporter Geotimes, tepatnya pada tahun 2015.

Nama Farid Gaban pun terseret, di utas cuitan Twitternya, IW mengatakan bahwa Farid Gaban yang saat itu menjabat sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Geotimes tidak memberikan sanksi ataupun teguran kepada pelaku.

Bahkan IW mengaku bahwa Farid Gaban mengancamnya jika tetap melanjutkan kasus ini, karier IW sebagai reporter atau jurnalis akan hancur.

4. Klarifikasi Farid Gaban Soal Kasus Pemerkosaan

Mendengar namanya terseret, Farid Gaban melakukan klarifikasi atas tuduhan IW di Twitter. Beberapa poin penting dari klarifikasi Farid Gaban di Twitter atas tuduhan IW adalah:

1. Farid Gaban mengaku menerima laporan adanya percobaan pemerkosaan yang menimpa IW.

2. Farid Gaban memanggil pelaku, namun pelaku berkata lain.

3. Farid Gaban ingin menindaklanjuti kasus percobaan pemerkosaan ini dengan meminta mendatangkan pihak independen guna melakukan verifikasi dua kesaksian berbeda dari IW dan pelaku.

4. Farid Gaban mengatakan bahwa ia menyetujui pihak Yayasan Pulih yang direkomendasikan IW sebagai pihak independen. Farid Gaban juga mengatakan bahwa ia siap memecat pelaku dan mendukung IW membawa kasus tersebut ke polisi jika memang tuduhan itu benar adanya.

5. Farid Gaban mengaku hingga hari ini ia tidak menerima rekomendasi dari Yayasan Pulih terkait tuduhan IW atas dugaan percobaan pemerkosaan yang dilakukan karyawan Geotimes tersebut.

6. Farid Gaban mengaku tidak pernah mengancam IW seperti yang IW ungkapkan di Twitter. Ia mengaku siap di tes poligraph.

Baca Juga: Fakta-fakta Kasus Hafiz Fatur yang Kini Jadi Buronan, Rumah Irwansyah Terancam Disita

Nah, itulah fakta dan juga profil dari Farid Gaban, jurnalis viral klarifikasi kasus pemerkosaan.




Farid GabanProfil Farid GabanFakta Farid GabanFarid Gaban kasus pemerkosaanKasus pemerkosaan di GeotimesFarid Gaban Geotimes

Share to: