Konsisten Lakukan Kegiatan Kemanusiaan, Gerakan Relawan Berakhlak Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Konsisten Lakukan Kegiatan Kemanusiaan, Gerakan Relawan Berakhlak Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Konsisten Lakukan Kegiatan Kemanusiaan, Gerakan Relawan Berakhlak Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Gerakan Relawan Berakhlak (Foto: Istimewa)


Untuk membantu masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19, Relawan Berakhlak kini kembali melakukan banyak kegiatan gotong royong gaes!

Relawan Berakhlak merupakan sebuah gerakan kemanusiaan yang dibuat atas inisiatif Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menaruh kepedulian besar kepada sesama sejak lama.

Bukan hanya Relawan Berakhlak, Erick Thohir juga melakukan banyak gerakan kemanusiaan lain seperti Yayasan Anak Bangsa, Yayasan Erick Thohir hingga membangun rumah-rumah ibadah. Ini adalah hal yang dilakukannya dan keluarga seperti salah satunya adalah dengan membangun Masjid At-Thohir di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dahulukan Kebutuhan Rakyat

Selain membantu sesama diluar kepemimpinannya sebagai Menteri, Erick Thohir juga mengerahkan kekuatan BUMN untuk mengubah prioritas jadi lebih mendahulukan kebutuhan rakyat lho gaes!

Hal ini dapat dilihat dalam ketegasannya melakukan negosiasi kepada negara-negara produsen vaksinasi Covid-19 yang kala itu sangat terbatas. Hingga kini, rakyat Indonesia dapat memiliki suplai vaksinasi sampai jaminan distribusinya yang mencapai ke seluruh penjuru negeri.

Oleh karena itu, Erick Thohir terus mengutamakan kepentingan pasien dan tenaga medis selama pandemi Covid-19 ini. Mulai dari suplai pasokan oksigen, ruang isolasi, rumah sakit darurat hingga memproduksi dan membagikan obat terapi Covid-19.

Dia juga  bahkan sampai sering kali turun langsung ke lapangan untuk memastikan penyaluran bantuan.

Relawan Berakhlak Jabar Berkolaborasi dengan Sejumlah Pahlawan Kemanusiaan

Gerak Erick Thohir di lapangan berkolaborasi dengan para pahlawan kemanusiaan, seperti ada Tubagus Zainal Arifin, alias Uncle TeeBob, yang  menggerakkan Relawan Berakhlak di Jawa Barat. 

Seperti yang kita ketahui, Uncle TeeBob memang dikenal sebagai salah satu sosok yang suka berbagi dan sangat peduli dengan sesama. Dia sudah berkecimpung di dunia kemanusiaan sejak 20 tahun yang lalu gaes!

Nah, melalui Gerakan Relawan Berakhlak, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat melalui berbagai program kemanusiaan, seperti yang tertuang dalam Sila ke-2 Pancasila, yaitu “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. 

Maka dari itu, Relawan Berakhlak memegang prinsip: "Bergerak dengan akhlak, serta berucap dengan adab."

Sejumlah kegiatan kemanusiaan Relawan Berakhlak adalah dengan membagikan bantuan obat, vitamin hingga makanan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri. mereka juga membuat dapur umum isolasi mandiri bagi masyarakat.

Bukan hanya peduli pada dampak pandemi, Relawan Berakhlak juga ikut membantu masyarakat yang terdampak bencana erupsi Semeru dan Gempa Banten. 

Relawan Berakhlak terus belajar dan mengembangkan kompetensi agar dapat menjadi lebih saling peduli antar sesama manusia, hingga tercipta lingkungan sosial yang harmonis. Dedikasi tinggi dan mengutamakan kepentingan sosial merupakan bentuk loyalitas Relawan Berakhlak untuk bangsa dan negara. Relawan Berakhlak pun menerapkan prinsip nilai AKHLAK yang dicetuskan oleh Erick Thohir

"Core value AKHLAK sangat relevan dengan gerakan kemanusiaan; Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Relawan Berakhlak mencoba hadir, bukan hanya memastikan bantuan kepada yang membutuhkan, tapi juga mengajak seluruh pihak untuk bergotong royong, bahu-membahu, mengingatkan bahwa dorongan untuk melakukan gerakan kemanusiaan selalu ada dalam diri kita dan kita harus pastikan manfaatnya nyata hadir untuk masyarakat yang membutuhkannya," tutur Uncle TeeBob.

Pada 2 Februari 2022, Gerakan Relawan Berakhlak baru saja menyelenggarakan kegiatan pemberian santunan sembako kepada 100 kepala keluarga, pemberian handpone untuk ojek online yang mengalami musibah kehilangan di masjid, road show razia orang lapar hingga launching ambulance and rescue relawan berakhlak gaes!

Gerakan Relawan Berakhlak juga bekerja sama dengan Yayasan Relawan Anak Bangsa, RESCUE dari Indonesia Creative Cities Network (ICCN). Mereka juga senantiasa terbuka untuk menyambut bantuan serta uluran tangan dari berbagai pihak yang ingin berkontribusi membantu sesama manusia untuk kembali bangkit di situasi sulit.




Relawan BerakhlakGerakan Relawan BerakhlakKegiatan Relawan BerakhlakAnggota Relawan BerakhlakPendiri Relawan BerakhlakErick ThohirYayasan Erick ThohirErick Thohir Relawan BerakhlakBUMNMenteri BUMN

Share to: