20 Lebih Istilah Dalam NFT Digital Aset Lengkap Arti dan Maknanya, Pemula Wajib Tahu Gaes!

20 Lebih Istilah Dalam NFT Digital Aset Lengkap Arti dan Maknanya, Pemula Wajib Tahu Gaes!

20 Lebih Istilah Dalam NFT Digital Aset Lengkap Arti dan Maknanya, Pemula Wajib Tahu Gaes!

Istilah, Kata dan Slang tentang NFT lengkap dengan Arti dan Maknanya (Foto: Pixabay)


Berikut adalah daftar lebih dari 20 istilah, kata hingga slang dalam dunia NFT lengakap dengan arti dan maknanya. pemula wajib tahu ya!

Nerd NFT menggunakan banyak istilah yang rumit, apa lagu yang kamu yang gak begitu akrab dengan dunia digital ini. Bukan hanya kata-kata singkatan, namun banyak juga istilah dan slang unik yang dibuat bagi para penggemar NFT.

Bagi pemula, rasanya sulit banget mengeti yang mereka bicarakan karena istilah dan kata-kata ini. Tapi jangan khawatir, KUYOU.id akan bagikan kamu daftar kata-kata dan istilah dalam NFT lengkap dengan arti dan makanannya.

Baca Juga: 11 Project NFT Asal Indonesia yang Kreatif dan Inovatif, Didominasi Kretor Muda Gaes!

Ini dia 20 lebih kata, istilah dan slang dalam dunia aset digital NFT yang wajib diketahui oleh pemula.

Daftar Kata dan Istilah Dalam NFT

Ini dia 20 lebih, istilah penting tentang NFT yang wajib diketahui oleh pemula.

1. 10k project

10k project adalah koleksi NFT yang terdiri dari sekitar 10.000 avatar. Jenis NFT ini bisa dibilang dipelopori oleh koleksi CryptoPunks pada tahun 2017 dengan banyak yang baru mengikuti sejak saat itu.

2. Airdrop

Saat kamu menerima 'airdrop', Anda secara otomatis mendapatkan sejumlah cryptocurrency tertentu atau NFT baru yang dijatuhkan ke dompetmu secara gratis. Ini adalah cara populer bagi proyek NFT untuk memberi penghargaan kepada pengadopsi awal mereka dengan karya seni baru.

3. Avatar project

Avatar project pada dasarnya sama dengan 10k project, yaitu kumpulan beberapa ribu 'avatar' NFT seperti CryptoPunks, Bored Ape Yacht Club, Cool Cats, Gutter Cat Gang, dll.

4. Burn

Membakar atau Burn NFT pada dasarnya berarti membuang. Jika hanya 5.000 NFT yang dijual dalam koleksi yang dimaksudkan untuk terdiri dari 10.000, misalnya, tim dapat memutuskan untuk 'membakar' 5.000 sisanya. Proyek lain membiarkan pemiliknya 'membakar' dua NFT untuk menerima yang baru dan lebih langka.

5. DAO

DAO adalah singkatan dari Decentralized Autonomous Organization. Ketika kamu memiliki NFT dari proyek seperti Head DAO, maka kamu dan pemilik lainnya memiliki hak suara dan juga kendali atas tindakan keseluruhan proyek dimasa yang akan datang. Banyak proyek NFT sedang menyiapkan struktur serupa lho!

6. Diamond hands

Diamond hands adalah salah satu istilah slang paling populer di dunia crypto dan NFT yang sering dijadikan meme. Seseorang dengan tangan berlian adalah orang yang memegang aset melalui volatilitas harga, berita negatif, sentimen pasar yang buruk, dan jenis FUD (penjelasan dibawah) apa pun yang kamu ditemui.

Baca Juga: Makin Populer di Indonesia, Berikut Adalah Daftar 7 Marketplace NFT Lokal Gaes!

Diamond hands juga dapat digunakan sebagai kata kerja: “She diamond-handed bitcoin through the 2018 bear market.”

7. Floor

Floor atau floor price dalam sebuah proyek hanyalah harga terendah di mana kamu membeli NFT dari proyek itu di pasar sekunder. Ini adalah metrik paling populer untuk melacak kinerja proyek dari waktu ke waktu dan keberhasilan relatifnya dibandingkan dengan yang lain.

8. FUD

'FUD' adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, and Doubt. Istilah ini digunakan dalam crypto dan NFT untuk menggambarkan berita negatif, tweet, pesan Discord yang tidak akurat atau bahkan hoaks. Kamu akan sering melihat orang menunjuk ke FUD sebagai alasan di balik penurunan harga yang besar dalam cryptocurrency atau NFT.

9. Gas

Harga untuk melakukan transaksi di blockchain disebut 'gas'. Saat membeli NFT di blockchain, seperti Solana, gas dapat diabaikan. Namun, di Ethereum, biaya gas $50 adalah yang terendah yang bisa kamu dapatkan. Aktivitas rendah, biaya rendah. Aktivitas tinggi, biaya tinggi.

10. Gas War

Gas War adalah kejadian umum di Ethereum dan semacam ritus peralihan bagi pendatang baru. Ketika koleksi NFT populer diluncurkan, dengan 100.000 orang berjuang untuk 10.000 NFT, kamu perlu menaikkan biaya gas dan mengalahkan yang lain agar transaksi berhasil. 

11. Metadata

Secara non-teknis, Metadata NFT pada dasarnya adalah semua data yang diperlukan dan unik yang membuat NFT persis seperti apa adanya. Metadata mendefinisikan bagaimana sebuah karya seni atau koleksi terlihat. Itulah mengapa kamu terkadang harus me-refresh metadata di OpenSea sebelum dapat melihat tampilan NFT kamu yang baru dicetak.

12. Minting

Saat Anda membeli NFT yang benar-benar baru dari pembuatnya, kamu 'mencetaknya' (minting). Ini pada dasarnya adalah proses pembuatan NFT di blockchain.

13. MM

MM adalah singkatan dari MetaMask, dompet NFT paling populer di ekosistem Ethereum.

14. OS

OS adalah singkatan dari OpenSea, pasar NFT terkemuka di Ethereum.

15. Paper hands

Paper hands pada dasarnya adalah kebalikan dari Diamond hands. Ini adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang menjual sesuatu, misalnya, NFT atau cryptocurrency, dengan harga yang dianggap terlalu rendah oleh orang lain.

16. PFP project

'PFP' adalah singkatan untuk ‘profile picture’ yang dasarnya sama dengan 10k project dan Avartar Project. Istilah ini digunakan karena proyek semacam itu sering digunakan sebagai gambar profil di Twitter, Discord, dll.

17. Reveal

Untuk proyek generatif baru, karya seni tidak akan benar-benar dibuat sampai NFT dicetak. jadi, kamu tidak akan tahu persis apa yang kamu dapat sebelum membelinya. Jadi, seni ini akan muncul setelah dibeli.

Terserah pencipta di balik koleksi apakah 'reveal' atau pengungkapan terjadi segera, ketika koleksi terjual habis, atau dengan penundaan 24 atau 48 jam misalnya.

18. Rugpull

'Rugpull' adalah sesuatu yang sebagiknya jangan pernha kamu alami ya!

Ini pada dasarnya adalah penipuan di mana orang-orang di balik proyek yang nampak asli namun menghilang dengan semua uang segera setelah diluncurkan. Kamu mungkin mendapatkan NFT sebenarnya sebagai imbalan atas apa yang dibayar, tetapi kemungkinan besar itu tidak berharga dan bahkan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

19. Snapshot

Sehubungan dengan airdrop yang disebutkan di atas, sebuah tim akan sering mengambil snapshot pada titik waktu tertentu untuk menentukan siapa yang memenuhi syarat. Misalnya, setiap orang yang memegang NFT X di dompet mereka pada saat snapshot pada 11 November, 4 sore UTC, akan mendapatkan airdrop gratis NFT Y minggu depan.

20. (Floor) Sweep

‘Sweeping’ adalah istilah lain yang umum diucapkan karena minat orang pada floor project. 'Sweep the floor' berarti membeli sejumlah besar NFT termurah dalam koleksi di pasar sekunder. Biasanya sebuah tim melakukan ini, atau diminta oleh komunitas untuk melakukannya bagi proyek mereka sendiri.  Di lain waktu itu dapat dilakukan oleh satu individu, yang disebut sebagai 'whale'.

21. Whale 

'Whale' pada dasarnya adalah seseorang dengan banyak uang, baik yang tersedia untuk diinvestasikan atau sudah diinvestasikan dalam proyek NFT bernilai tinggi. Jadi, seseorang dengan 1.000 ETH di akun mereka akan dianggap sebagai paus. Whale penting karena kekuatannya untuk menggerakkan pasar, baik ke atas dengan membeli banyak dari koleksi tertentu atau ke bawah dengan menjual.

Baca Juga: Penggemar NFT Wajib Tahu, Ini 3 Project NFT Asal Indonesia yang Sukses Mendunia!

Nah, itu dia 20 lebih, istilah penting tentang NFT yang wajib diketahui oleh pemula.




NFTIstilah dalam NFTSlang NFTKata dalam NFTPenjelasan NFTBahasa NFTArti Istilah NFTDaftar Istilah NFT

Share to: