#WadasMelawan Trending, Berikut Kronologi Lengkap Polisi Kepung dan Tahan Warga Wadas

#WadasMelawan Trending, Berikut Kronologi Lengkap Polisi Kepung dan Tahan Warga Wadas

Foto

Kronologi Warga Wadas Dikepung dan Ditahan Polisi (Foto: watchdoc ID)


Berikut adalah kronologi lengkap ratusan Polisi yang datang dan mengepung Desa Wadas Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada 8 Februari 2022. Ada warga yang ditahan?

Kini media sosial tengah dihebohkan dengan video amatir dari kepungan Polisi yang terjun ke Desa Wadas dalam rangka pengukuran tahan yang sempat tertunda beberapa kali.

Warga diketahui menolak pengukuran tersebut karena pemerintah setempat hendak membangun Bendungan Bener di desa Wadas. 

Baca Juga: 11 Project NFT Asal Indonesia yang Kreatif dan Inovatif, Didominasi Kretor Muda Gaes!

Pengukuran dilakukan oleh sejumlah warga bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Purworejo dan juga mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian. 

Warga Menolak dengan Lakukan Doa Bersama di Masjid

Mengetahui kedatangan pihak kepolisian, kala itu warga tengah melakukan doa bersama di Masjid Desa Wadas.

Saat doa bersama tengah berlangsung, situasi mulai memanas dengan bentrokan antara pihak kepolisian dan warga setempat. Diketahui bahwa beberapa warga membawa senjata tajam.

Diduga menjadi provokator, sejumlah warga pun ditahan pihak kepolisian berserta dengan senjata tajam yang dibawanya.

Puluhan Warga Ditahan Polisi

Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji mengungkapkan bahwa setidaknya ada 20 warga Desa Wadas yang ditangkap polisi karena membawa senjata tajam.

"Kalau yang tadi bawa sajam itu untuk diamankan, digali keterangannya, untuk diambil keterangannya, kenapa datang ke lokasi dengan membawa sajam," ungkap Brigjen Pol Abiyoso.

Baca Juga: Prilly Latuconsina Akui Idap PTSD, Aku Tahu Banget Rasanya ke Psikolog

Selain itu, Aparat Kepolisian juga mendatangi ibu=ibu waraga sekitar yang tengah membuat besek di posko. Mereka merampas peralatan seperti besek dan pisau dari ibu-ibu tersebut.

Tak hanya 20 orang yang diduga sebagai provokator, 60 orang lainnya juga ditangkap Polisi dengan alasan yang tidak jelas. Penangkapan pun berlangsung kepada para pemuda yang tengah melakukan ibadah shalat di Masjid.

Akses Sinyal Diputus?

Dilansir dari akun Instagram Wadas Melawan, diduga bahwa ada pemutusan sinyal internet di Desa Wadas.

"Kami tidak bisa mengambil foto/video karena internet di Wadas down dan kami kesulitan untuk mendokumentasikan karena aparat sangat represif terhadap warga," tulisnya pada 8 Februari 2021.

Hingga pada malam harinya, masih banyak para ibu-ibu yang masih terjebah di Desa Krajan. Sementara beberapa warga lainnya mencari tempat aman karena diburu oleh pihak kepolisian.

Bukan yang Pertama

Diketahui bahwa peristiwa di Desa Wadas ini bukan pertama kali terjadi. Pada April 2021 yang lalu, tindakan serupa juga pernah terjadi di Desa Wadas oleh Polisi.

Baca Juga: Fakta-fakta Medina Zein Ke Kafe Usai Tahu Suami Positif Covid, Beri Klarifikasi

Warga desa terus menolak rencana pertambangan di desa tersebut.

Nah, itu dia kronologi lengkap ratusan Polisi yang datang dan mengepung Desa Wadas Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada 8 Februari 2022 kemarin.




Bendungan BenerPembangunan Bendungan BenerWadasMelawanDesa WadasKerusuhan Desa WadasKronologi Desa WadasPenangkapan Warga Desa WadasUpdate Desa Wadasawal Mula Desa WadasTambang Desa WadasPembangunan Tambang Desa WadasPolisi Desa WadasVideo Desa Wadas

Share to: