Fakta-fakta Serangan Rusia-Ukraina 16 Februari 2022, Ancaman Perang Dunia III?

Fakta-fakta Serangan Rusia-Ukraina 16 Februari 2022, Ancaman Perang Dunia III?

Fakta-fakta Serangan Rusia-Ukraina 16 Februari 2022, Ancaman Perang Dunia III?

Potret Konflik Rusia dan Ukraina (Foto: Berbagai sumber)


Berikut adalah fakta-fakta serangan Rusia-Ukraina 16 Februari 2022, diperkirakan akan menjadi Perang Dunia III gaes.

Saat ini dunia sedang dihebohkan akan terjadi perang antara dua negara yakni Rusia dan Ukraina. Bahkan Rusia pun dikabarkan menyerang Ukraina pada 16 Februari 2022.

Banyak pengamat hubungan internasional yang menyebut bahwa jika serangan Rusia kepada Ukraina ini terjadi, maka akan menjadi ancaman dunia yakni Perang Dunia III.

Baca Juga: #WadasMelawan Trending, Berikut Kronologi Lengkap Polisi Kepung dan Tahan Warga Wadas

Nah, buat kamu yang mau tahu fakta-faktanya, yuk simak fakta-fakta serangan Rusia-Ukraina 16 Februari 2022, diperkirakan akan menjadi Perang Dunia III.

Awal Konflik Rusia-Ukraina

Konflik antara Rusia dan Ukraina ini berawal dari bulan November 2021. Kala itu, citra satelit menunjukkan adanya penumpukan pasukan baru Rusia di perbatasan Ukraina.

Ukraina pun menuduh Rusia telah memobilisasi 100 ribu tentara bersama dengan tank dan peralatan militer lainnya. Hal itu langsung mendapat respons dari Presiden AS Joe Biden. Ia memperingatkan tentang sanksi ekonomi apabila menyerang Ukraina.

Tapi Rusia mengajukan tuntutan keamanan kepada Barat agar NATO menghentikan semua aktivitas militer di Eropa timur dan Ukraina. Rusia juga meminta agar tidak pernah menerima Ukraina atau negara-negara bekas Uni Soviet sebagai anggota.

Setelah dilakukan pertemuan, pada 26 Januari 2022, NATO menempatkan pasukannya di Eropa Timur sembari menambah kapal dan jet tempur. Beberapa negara Barat pun mulai mengevakuasi staf kedutaan yang tidak penting dari Ukraina. Dan Amerika menempatkan 8.500 tentara dalam siaga.

Rusia Dikabarkan Akan Menyerang Ukraina

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, menyatakan ada kemungkinan invasi Rusia terjadi pada 16 Februari 2022.

Hingga kini Rusia terus menambah pasukan tentara mereka di perbatasan hingga 100 ribu pasukan.

Meski begitu, Rusia membantah kalau itu adalah rencana mereka menyerang Ukraina. Beberapa negara Barat sudah memperingatkan kalau Rusia sedang mempersiapkan aksi militer.

Ancaman Perang Dunia III

Teuku Rezasyah, seorang pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjajaran mengatakan bahwa jika Rusia menyerang Ukraina, akan berpotensi menjadi ancaman Perang Dunia III.

"Rusia mengetahui risiko dari sebuah perang. Sekecil apapun perang itu, berpotensi menyulut Perang Dunia III," ujar Teuku Rezasyah dilansir CNNIndonesia.com.

Jika Rusia menyerang Ukraina pada 16 Februari 2022 mendatang, Amerika Serikat dan NATO akan menjadikan serangan ini menjadi sebuah alasan untuk membuat dunia mengutuk Rusia.

Baca Juga: Alasan Polisi Kepung Desa Wadas, Warga Menolak Pembangunan Tambang Ini Gaes!

Nah, itulah fakta-fakta serangan Rusia-Ukraina 16 Februari 2022, diperkirakan akan menjadi Perang Dunia III.




Konflik Rusia UkrainaSerangan Rusia ke UkrainaSerangan Rusia 16 Februari 2022Awal konflik Rusia UkrainaPerang Dunia IIIFakta serangan Rusia ke UkrainaFakta serangan Rusia 16 Februari 2022

Share to: