Layanan Ring Back Tone (RBT) Dihapus dari Operator Gegara Nggak Laku

Layanan Ring Back Tone (RBT) Dihapus dari Operator Gegara Nggak Laku

Layanan Ring Back Tone (RBT) Dihapus dari Operator Gegara Nggak Laku

Layanan Ring Back Tone (RBT) Dihapus dari Operator (Foto Istimewa)


Layanan Ring Back Tone (RBT) atau nada sambung pribadi (NSP) resmi dihapus dari operator gegara nggak laku dan sepi peminat.

Hal ini karena terpengaruh dari makin banyaknya inovasi layanan musik digital seperti Spotify, Joox, Apple Music dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Diminta Banyak Pengguna, WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur "Sembunyikan Status Online"

Selain lebih efisien, platform-platform musik streaming ini jua lebih dianggap menarik oleh kebanyakan orang, sehingga bisnis ring back tone perlahan kurang diminati.

Selain itu, penggunaan pulsa yang dikenakan operator untuk menikmati layanan ini juga menjadi pertimbangan pengguna.

Padahal dulunya layanan RBT ini menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dan cukup diminati banyak orang.

Beberapa operator kini perlahan mulai menghentikan layanan ring back tone mereka. Beberapa operator yang menghentikan RBT tersebut salah satunya PT XL Axiata Tvk (EXCL) yang bakal menyetop layanan ini secara bertahap mulai 1 Maret 2022, dan akan berhenti sepenuhnya pada 31 Maret 2022.

“XL Axiata menghentikan layanan RBT karena saat ini penggunaan layana RBT semakin banyak berkurang. Semakin banyak pelanggan yang beralih ke layanan-layanan digital lainnya,” ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih.

Dirinya juga menambahkan kalau  kontribusi pendapatan dari RBT relatif sangat kecil daripada total pendapatan perusahaan.

BACA JUGA: Lindungi Pengguna, Konten Berbahaya Bakal Berkurang dari Instagram Gaes!

Alasan lain adalah karena perusahaan harus tetap mengikuti perkembangan zaman sehingga mereka memilih untuk menghentikan layanan tersebut.




Ring Back ToneRBTNSPlayanan RBT dihapusRBT dihapus dari operator

Share to: