Perkasa NFT Asal Yogyakarta Jadi Juara Pertama NFT PITCH BALI, Ini Fakta-faktanya Gaes!

Perkasa NFT Asal Yogyakarta Jadi Juara Pertama NFT PITCH BALI, Ini Fakta-faktanya Gaes!

Foto

Perkasa NFT jadi Juara Pertama NFT PITCH BALI (Foto: MAJA Labs)


Pemenang NFT PITCH BALI akhirnya diumumkan melalui  di acara Terupa Festival by TAT pada 7 Agustus 2022. Pemenang pertamanya adalah Perkasa NFT, superhero lokal dari wayang kartun karya seniman asal Yogyakarta yang bernama Bagong Soebarjo. 

Diketahui bahwa Terupa Festival merupakan event NFT dari MAJA Labs yang berkolaborasi dengan ICCN, TAT (The Ambengan Tenten) dan T-Hub Bali by Tokocrypto. Acara ini berlangsung selama 3 hari yakni pada 5, 6 dan 7 Agustus 2022 pukul 16.00 WITA di The Ambengan Tenten, Denpasar, Bali.

Nah, pada hari terakhir Terupa Festival, yakni 7 Agustus 2022 menjadi sesi diumumkannya pemenang dari 5 finalis NFT PITCH BALI yang sebelumnya sudah diperkenalkan.

Baca Juga: Mengenal PERKASA: Finalis Project NFT PITCH BALI Karya Pak Bagong, Seniman Wayang Jogja

Dia adalah Perkasa NFT, superhero lokal dari wayang kartun karya seniman asal Yogyakarta yang bernama Bagong Soebarjo. 

Penasaran dengan perkasa NFT? Yuk simak fakta-faktanya berikut ini!

Apa itu PERKASA NFT?

PERKASA adalah salah satu dari 5 finalis project NFT PITCH BALI 2022 yang terpilih untuk menampilkan karya mereka langsung di Bali hingga kini berhasil menjadi pemenangnya.

Perkasa Titisan Matahari adalah sebuah project NFT wayang kartun buatan Bagong Soebardjo. Perkasa juga merupakan koleksi dari 1000 Nusa Universe yang dihasilkan secara unik menggunakan campuran seni 3D & 2D.

Dia adalah sosok pahlawan atau superhero lokal yang selalu siap membantu semua orang yang tengah dalam bahaya untuk memberantas kejahatan dan ketidakadilan lho gaes!

PERKASA dan Nusa Universe dikembangkan dengan menyesuaikan visi, misi, ideologi dan representasi dari Nusantara yang mengandung alam dan aspek spiritual.

Gak heran jika mengingat bahwa ini adalah hasil kreasi dari pak Bagong Soebarjo, seniman wayang kertas asal Yogyakarta yang sudah berkarya lewat wayang dan dongeng selama lebih dari 40 tahun lho!

"30 tahun usia PERKASA, dari lahir dan ketika itu memang ingin membuat PERKASA sebagai sosok figur untuk anak-anak ketika itu," kata  Bagong Soebarjo.

"PERKASA adalah jelmaan dari Teguh yang guru olahraga, untuk merindukan anak-anak. Dan sekarang PERKASA mudah-mudahan bisa berkibar, terus berkibar," lanjutnya.

Sosok Bagong Soebardjo yang Berkesenian Demi Anak Bangsa

Siapa Bagong Soebardjo?

Bagong Soebardjo adalah adalah seorang pendongeng, penulis dan juga seniman asal Yogyakarta yang saat ini berusia 66 tahun.

Dia adalah seorang pendongeng bermedia wayang ini terus berinovasi melalui cerita yang disesuaikan dengan eranya agar bisa dinikmati oleh anak-anak masa kini. Bahkan kini terjun langsung ke dunia NFT yang melokal abis!

Dikenal dengan cara mendongeng menggunakan karakter wayang yang dibuatnya sendiri, Bagong Soebardjo juga merupakan pemilik Sanggar Wayang Dongeng yang berlokasi di Kalipa, Sleman, Yogyakarta.

Diusianya yang ke 66 tahun, sosok Pak Bagong gak ada hentinya menjadi inspirasi banyak orang, terutama kaum muda. Pasalnya, dia memutuskan untuk menjadi pendongeng untuk kepentingan masyarakat, terutama anak-anak calon penerus bangsa.

Baginya, mendongeng adalah jalan hidup. Dengan media wayang-wayang yang dibuatnya sendiri, seniman 66 tahun ini percaya bahwa karakter anak bisa dibentuk saat mereka masih kecil dengan apa yang mereka dengar dan saksikan.

Perkasa NFT Jadi Pemenang NFT PITCH BALI

Melalui akun Instagram MAJA Labs, Perkasa NFT diumumkan sebagai pemenang NFT PITCH BALI 2022 pada 7 Agustus 2022 gaes!

NFT PITCH BALI adalah event NFT yang diselenggarakan oleh MAJA Labs yang berkolaborasi dengan ICCN (Indonesia Creative Cities Network), TAT (The Ambengan Tenten) dan T-Hub Bali by Tokocrypto. 

Baca Juga: NFT Talk Show di TERUPA Festival, Bahas Dunia Seni dan NFT Bareng Rakajana hingga Arief Witjaksana

Lima finalis NFT Pitch Bali 2022 yang terpilih berkesempatan untuk menunjukkan project dan karya mereka di event NFT TALK dan  NFT CLINIC pada 16 - 17 Juli 2022 kemarin. Project para finalis ini dinilai karena memiliki nilai dan dampak ekonomi, sosial dan budaya lho gaes!

Nah, Perkasa NFT yang membawa cerita rakyat ini terpilih dan diharapkan bisa memberikan dampak baik untuk dunia dan menjadi inspirasi banyak orang.

Selamat kepada Perkasa NFT dan pak Bagong Soebardjo!




MAJA LabsNFT PITCH BALINFTWEB3Terupa FestivalPerkasa NFTWayang KartunSuperhero Lokal PerkasaPerkasa Putra Matahari

Share to: