23 Maret 2022 Adalah Peringatan Hari Meteorologi Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan

23 Maret 2022 Adalah Peringatan Hari Meteorologi Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan

23 Maret 2022 Adalah Peringatan Hari Meteorologi Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan

23 Maret 2022 Peringatan Hari Meteorologi Sedunia (Foto: Instagram @wmo_omm)


23 Maret 2022 adalah peringatan Hari Meteorologi Sedunia, yuk simak fakta sejarah dan ulasannya dibawah ini gaes.

World Meteorological Day atau Hari Meteorologi Sedunia setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 23 Maret. Hari Meteorologi Sedunia ini menjadi momentum untuk menyoroti pentingnya peranan bersama dalam melindungi atmosfer bumi.

Di tahun 2022 ini, dunia akan memperingati Hari Meteorologi Sedunia yang ke 72. Dan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) telah mengangkat tema “Peringatan Dini dan Tindakan Dini".

Baca Juga: 11 Maret 2022 Adalah Hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Lalu, bagaimana dengan sejarah Hari Meteorologi Sedunia ini? Daripada penasaran, yuk simak fakta sejarah dan ulasan Hari Meteorologi Sedunia.

Fakta Sejarah Hari Meteorologi Sedunia

Sejarah awalnya diperingati Hari Meteorologi Sedunia sendiri berawal dari Kongres Meteorologi Internasional di Wina pada tahun 1873. Kongres ini menghasilkan pembentukan organisasi meteorologi sedunia, International Meteorological Organization (IMO).

Lalu, pada 23 Maret 1950 IMO diganti namanya menjadi World Meteorological Organization (WMO). Perubahan nama dari IMO ke WMO ini sekaligus menandai Hari Meteorologi Sedunia yang jatuh pada 23 Maret setiap tahunnya.

Di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), WMO menjadi organisasi yang berfokus di bidang meteorologi, geofisika, dan hidrologi operasional. Saat ini, WMO memiliki 193 negara dan wilayah anggota.

Makna dan Tujuan Hari Meteorologi Sedunia

Mungkin kamu akan betanya-tanya, apa sih makna dan tujuan diperingatinya Hari Meteorologi Sedunia ini? Ternyata WMO memaknai Hari Meteorologi Sedunia ini sebagai momentum untuk menyoroti pentingnya peranan bersama dalam melindungi atmosfer bumi.

Sementara itu, WMO sudah menetapkan tema Hari Meteorologi Sedunia yang ke 72 di tahun 2022 ini. Tema tersebut adalah “Peringatan Dini dan Tindakan Dini".

Tema tersebut dipilih bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya pengetahuan mengenai kondisi alam seperti bencana, serta tindakan apa yang harus diambil ketika ada bencana.

WMO terus mengupayakan memberikan sosialisasi terhadap setiap negara untuk menjamin tersampaikannya informasi terkait hidrometeorologi dan iklim dengan baik agar dapat mengurangi risiko bencana.

Tema Hari Meteorologi Sedunia Tiap Tahunnya

Tak hanya di tahun 2022 ini, WMO sendiri selalu memberikan tema-tema khusus untuk memperingati Hari Meteorologi Sedunia tiap tahunnya.

Dan berikut adalah tema Hari Meteorologi Sedunia selama 13 tahun terakhir:

- Tahun 2022: "Early Warning and Early Action, and spotlights the vital importance of Hydrometeorological and Climate Information for Disaster Risk Reduction"

- Tahun 2021: "The Ocean, Our Climate and Weather"

- Tahun 2020: "Climate and Water"

- Tahun 2019: "The Sun, the Earth and the Weather"

- Tahun 2018: "Weather-ready, Climate Start"

- Tahun 2017: "Understanding Clouds"

- Tahun 2016: "Hotter, Drier, Wetter – Face the Future"

- Tahun 2015: "Climate Knowledge for Climate Action"

- Tahun 2014: "Weather and Climate: Engaging Youth"

- Tahun 2013: "Watching the Weather to Protect Life and Property"

- Tahun 2012: "Powering Our Future with Weather, Climate, and Water"

- Tahun 2011: "Climate for You"

- Tahun 2010: "60 Years of Service for Your Savety and Well-being"

Baca Juga: 20 Februari 2022 Adalah Hari Keadilan Sosial Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah, itulah fakta sejarah dan ulasan Hari Meteorologi Sedunia, yang jatuh pada 23 Maret 2022.




23 Maret 202223 Maret hari apaHari Meteorologi SeduniaKapan Hari Meteorologi SeduniaSejarah Hari Meteorologi SeduniaFakta Hari Meteorologi SeduniaUlasan Hari Meteorologi SeduniaTema Hari Meteorologi SeduniaMakna Hari Meteorologi SeduniaTujuan Hari Meteorologi Sedunia

Share to: