Hadir Dalam Rakornas KEMENKOP UKM, Presiden Jokowi Optimis Percepatan Transformasi Digital 2024

Hadir Dalam Rakornas KEMENKOP UKM, Presiden Jokowi Optimis Percepatan Transformasi Digital 2024

Foto

Potret Presiden Jokowi Hadir Dalam Rakornas KEMENKOP UKM (Foto: YouTube KemenkopUKM)


Presiden Joko Widodo hadir dan membuka Rakornas KEMENKOP UKM. Dalam pembukaannya, Jokowi optimis dengan Percepatan Transformasi Digital 2024.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KEMENKOP UKM) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022 pada Senin, 28 Maret 2022 secara luring di Istana Negara dan daring via zoom.

Dalam Rakornasi ini, KEMENKOP UKM mengambil tema Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022. Dengan tagar #BerubahDigital, Presiden Jokowi optimis dengan Percepatan Transformasi Digital 2024.

Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022 ini digelar selama tiga hari, mulai dari Senin, 28 Maret 2022 hingga Rabu, 30 Maret 2022.

Baca Juga: Erick Thohir Kunjungi Superlative Gallery di Bali, Adrian Zakhary: BUMN Berkomitmen Membangun Ekosistem Digital Indonesia

4 Latar Belakang Rakornasi Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022

Pada acara pembukaan, Menkop, dan UKM Teten Masduki membacakan laporan dan sambutannya mengenai Rakornas kali ini.

Teten Masduki mengatakan ada empat poin subtansi yang menjadi latar belakang digelarnya Rakornas kali ini, keempat poin tersebut adalah:

- Disahkannya Perpres Nomor 2 Tahun 2022 mengenai Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024.

- Menghadirkan UMKM dalam ekosistem digital serta memaksimalkan potensi ekonomi.

- Memunculkan Pahlawan digital, agregator, enabler, konsolidator dalam pemanfaatan teknologi digital dalam koperasi dan UMKM.

- Pendataan lengkap Koperasi dan UMKM.

Alur Kerja Rakornasi Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022

Selain itu, Teten Masduki juga menjelaskan alur kerja Rakornas KEMENKOP UKM kali ini yang akan digelar secara hybrid. Dimana pesertanya berjumlah 1200, 200 hadir secara luring dan 1000 hadir secara daring via zoom.

Rakornas ini berjalan selama tiga hari, dari Senin, 28 Maret 2022 hingga Rabu, 30 Maret 2022. Dimana para peserta dibagi ke dalam 3 working group.

Working Group pertama digelar pada 28 Maret 2022 pukul 13.00 hingga 16.30 WIB yang membahas Digitalisasi KUMKM Menuju Ekonomi Digital.

Sementara itu, Working Group kedua digelar dihari dan jam yang sama, namun di tempat yang berbeda. Working Group kedua membahas KUMKM Digital Next & Beyond.

Dan Working Group ketiga akan digelar pada 29 Maret 2022 pukul 09.00 hingga 15.30 WIB dan dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama membahas tentang Peran Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pengembangan Basis Data Tunggal KUMKM. Serta sesi kedua membahas tentang Pembentukan Wali Data KUMKM dan Produsen data KUMKM daerah.

Di hari ketiga pada 30 Maret 2022, akan dibacakan laporan hasil Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022 yang telah dilakukan ketiga Working Group.

Jokowi Optimis Percepatan Transformasi Digital 2024

Dalam pembukaannya, Presiden Jokowi memberikan sambutan dan juga membuka secara resmi Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022.

Dalam sambutannya, Jokowi optimis Indonesia bisa mempercepat transformasi digital pada tahun 2024 mendatang. 

Jokowi menjelaskan selama pandemi, tercatat ada 17,5 juta pelaku UMKM yang telah masuk ke dalam ekosistem digital. Jokowi mengatakan jumlah tersebut belum cukup dan harus terus ditambah guna mempercepat transformasi digital pada tahun 2024 mendatang. 

"Momentum saat ini, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mempercepat transformasi digital," ucap Presiden Joko Widodo.

Jokowi juga mengatakan bahwa rakyat Indonesia jangan hanya menjadi penonton dalam transformasi digital. Rakyat Indonesia juga harus bisa menjadi pelaku dalam transformasi digital ini.

"Kita tidak boleh hanya jadi penonton, ditengah masifnya aktivitas perdagangan digital. Kita harus membanjiri marketplace, UMKM Koperasi harus membanjiri marketplace dengan produk-produk dalam negeri, produk-produk UMKM kita," ujar Presiden Jokowi.

Diakhir sambutannya, Presiden Jokowi berharap akan lahirnya wirausaha-wirausaha muda yang baru, produktif, kreatif dan siap memajukan UMKM Indonesia dan bersaing dalam pasar global.

Baca Juga: Hadiri Talkshow Kolaborasi ICCN, Maja Labs dan Superlative Gallery, Erick Thohir Dihadiahi Karya Seni Digital




Rakornas KEMENKOP UKMTransformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022Latar belakang Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM 2022Presiden JokowiTransformasi Digital 2024Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik IndonesiaKEMENKOP UKM

Share to: