Majalabs Gelar Private Session Bahas Web 3, Prima Yogi Loviniltra: Banyak yang Bisa Dieksplor

Majalabs Gelar Private Session Bahas Web 3, Prima Yogi Loviniltra: Banyak yang Bisa Dieksplor

Majalabs Gelar Private Session Bahas Web 3, Prima Yogi Loviniltra: Banyak yang Bisa Dieksplor

Kolase Foto Majalabs Gelar Private Session Bahas Web 3, Prima Yogi Loviniltra: Banyak yang Bisa Dieksplore


Beberapa waktu ini masyarakat mulai mengenal istilah baru di dunia digital, dari mulai Metaverse, NFT, hingga ada Web 3.0. Lalu banyak yang bertanya apa itu Web 3.0? 

Web 3.0 merupakan salah satu evolusi masa depan internet yang sebelumnya sudah ada atau kita kenal dengan Web 1.0 dan Web 2.0. 

Untuk mengenal lebih dalam soal Web 3.0, Majalabs menggelar private session yang diikuti oleh sederet peserta dari berbagai kalangan. 

Private session tersebut juga dihadiri oleh salah satu co-founder Majalabs, Prima Yogi Loviniltra. Ia mengungkap seluk beluk Web 3.0. 

Apa itu Web 3.0? 

Dilansir dari laman Majalabs, Web 3.0 juga diartikan sebagai tipe internet yang baru dan berbeda dari dunia internet sebelumnya, atau dikenal dengan Web 2.0 dan Web 1.0. 

Dalam Web 3.0, tak hanya bisa merespon hal yang kamu cari dan ketik saja, tapi juga bisa mengerti semua hal yang kamu sampaikan dalam berbagai bentuk.

Perbedaan Web 3.0 dengan Web 2.0 dan Web 1.0

Menurut penuturan Prima Yogi Loviniltra Web 3.0 ini juga disebut sebagai beginning of era yang menandakan era baru digital.

Dalam private session, Prima Yogi Loviniltra mengungkap terdapat beberapa perbedaan mendasar antara Web 3.0, Web 2.0, dan Web 1.0. Salah satunya adalah dioperasikan oleh pengguna secara kolektif bukan lagi perusahaan, seperti pada Web 2.0. 

Web 3.0 memungkinkan para penggunanya bisa mengnontrol data mereka sendiri. Mereka bisa berpindah dari media sosial ke email atau berbelanja dengan satu akun dipersonalisasi, bahkan membuat catatan Blockchain dari seluruh aktivitas. 

Opportunity Web 3.0.

Menurut penuturan Prima Yogi Loviniltra, web perjalanan 3.0 masih sangat panjang. Pasalnya, kini masih banyak yang perlu dipahami lebih dalam lagi soal web 3.0. 

"Web 3.0. masih panjang banget (jalannya)," 

Meski begitu, Yogi menuturkan bahwa opportunity Web 3.0 bisa menjadi sangat besar lantaran bisa dieksplor lebih dalam lagi. 

"Opportunity, untuk Web 3.0 itu masih baru banget. Jadi masih banyak yang bisa diekspore. Seperti jaman-jaman start up dari yang belum ada sampe sekarang mencapai ratusan ribu," Prima Yogi Loviniltra

Hal yang dibutuhkan untuk terjun?

Prima Yogi Loviniltra mengungkap berbagai hal yang perlu diperhatikan dan dibutuhkan, untuk terjun ke dunia Web 3.0. Pertama adalah pengetahuan soal Web 3.0 itu sendiri. 

"Apa sih yang perlu dibutuhin kalo ngomongin di web 3.0.? Pertama understanding nih. Makanya kita bikin di situ ada kayak understanding dulu lah basic konsep," kata Prima Yogi Loviniltra.

Jika tertarik dengan Web 3.0, kamu juga perlu memiliki skill sebagai bekal nantinya. Selain itu, network atau jaringan juga menjadi salah satu hal yang penting. Pasalnya, dunia web 3.0 yang masih baru ini dibutuhkan support satu sama lain bagi siapapun yang ingin terjun. 

"Lanjutin ke skills. Skill apa sih yang pengen ditempa di sini sesuai dengan minat dan bakat. Of Course karena ini Web 3.0. relate ke token-token, ada crypto NFT dan segala macem, of course perlu finance skill nih," kata Prima Yogi Loviniltra

"Dan of course network sih. Karena di web 3.0 apalagi di Indo masih lo lagi lo lagi mukanya, jadi bener-bener kaya kita harus saling support," tambah Prima Yogi Loviniltra. 

Salah satu kunci penting yang menurut Yogi perlu dilakukan adalah belajar. Untuk mendapatkan informasi-informasi seputar Web 3.0, kamu bisa mengaksesnya lewat Twitter. 

"Belajar, mulai browsing, yaudah jump in. Menurut saya key paling penting  main di web 3.0. belajar dari mana sih? Twitter! follow orang yang tepat, udah perfect, itu dia akan linked kemana-mana," kata Prima Yogi Loviniltra. 




Web 3.0apa itu Web 3.0mengenal Web 3.0hal yang dibutuhkan untuk Web 3.0masuk ke dunia Web 3.0private session Web 3.0MajalabsMajalabs Private SessionPrima Yogi Loviniltra

Share to: