Apakah Vaksin HPV Gratis? Ini Alsan Kemenkes Wajibkan Vaksin Kanker

Apakah Vaksin HPV Gratis? Ini Alsan Kemenkes Wajibkan Vaksin Kanker

Apakah Vaksin HPV Gratis? Ini Alsan Kemenkes Wajibkan Vaksin Kanker

Kolase Foto Ilustrasi Vaksin HPV Gratis (Foto: iStock)


Pemerintah akan mewajibkan vaksin Human Papillomavirus (HPV) bagi perempuan di atas usia 12 tahun. Apakah Vaksin HPV gratis? Simak informasi lengkap terkait Vaksin HPV berikut ini. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap alasan mewajibkan vaksin HPV. Menurutnya, Vaksin HPV adalah tindakan preventif dan promotif untuk mencegah perempuan dari kanker serviks. 

"Karena memang kita mau melakukan itu tindakan yang terkait preventif dan promotif. Seperti Covid-19, kalau kita sakit biayanya puluhan juta masuk Rumah Sakit, tapi kalau ktia cegah preventif pakai masker minum vitamin itu kan jauh lebih murah," kata Menkes. 

BACA JUGA: Mudah dan Gampang, Inilah Cara Cek Sertifikat Vaksin Booster COVID-19 di PeduliLindungi

Alasan Kemenkes wajibkan vaksin kanker

Menkes Budi Gunadi pun mengungkap alasan program vaksin HPV diwajibkan. Salah satunya adalah untuk mencegah penyakit kanker serviks yang banyak merenggut perempuan Indonesia. 

"Kita akan naikkan vaksin wajibnya kita dari 11 antigen menjadi 14, kita tambah vaksin (human papillomavirus) HPV, PCV sama rotavirus, terutama karena kematian cancer itu paling banyak wanita Indonesia tuh serviks sama breast cancer, serviks ada vaksinnya," ungkap Budi Gunadi pada Minggu, 18 April 2022 lalu. 

Seperti yang disebutkan oleh Menkes BUdi, kanker serviks menjadi salah satu penyakit paling banyak merenggut perempuan Indonesia. Dilansir dari data Kemenkes, per 31 Januari 2019, terdapat kasus kanker serviks sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk. 

BACA JUGA: Dapat Kepercayaan WHO, Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Produksi Vaksin Covid Asia Tenggara

Vaksin HPV gratis?

Program vaksin HPV ini rencananya berjalan sejak 2021 lalu. Tahun 2021, program tersebut baru dilakukan di dua provinsi dan lima kabupaten/kota. 

Pemerintah berencana pada tahun 2023 dan 2024, program Vaksin HPV ini sudah berlaku di seluruh provinsi Indonesia. 

Menkes Budi sendiri kembali menegaskan bahwa program Vaksin HPV masuk dalam program nasional dan akan diberikan secara gratis kepada masyarakat baik tua maupun muda. 

"Gratis. Semua vaksin yang masuk program pemerintah itu dipastikan tidak usah bayar," ungkap Menkes Budi pada Selasa, 19 April 2022. 

Tak hanya vaksin HPV, menkes juga mengatakan bahwa pemerintah juga menyiapkan program vaksin lainnya, yaitu vaksin PCV dan Pneumonia. 

"Kita nanti akan banyak, (bukan) HPV aja kan, PCV dan Pneumonia juga," tambah Menkes.

BACA JUGA: Cara Cek Tiket Vaksin Booster Dosis Ke 3, Lengkap Jenisnya di PeduliLindungi

Itulah informasi lengkap terkait Vaksin HPV yang akan diberikan gratis kepada masyarakat.




Vaksin HPVVaksin HPV gratisVaksin HPV wajibKementrian KesehatanKemenkes IndonesiaKemenkes Wajibkan Vaksin HPVFakta Vaksin HPV gratisProgram Vaksinasi HPVProgram Vaksinasi Nasional

Share to: