Ini Daftar Bisnis dan Pekerjaan Basrizal Koto, Berawal dari Menjual Pete Gaes!

Ini Daftar Bisnis dan Pekerjaan Basrizal Koto, Berawal dari Menjual Pete Gaes!

Ini Daftar Bisnis dan Pekerjaan Basrizal Koto, Berawal dari Menjual Pete Gaes!

Kolase Foto Basrizal Koto, Berawal dari Menjual Pete Gaes! (Foto: Instagram @basrizal_koto)


Basrizal Koto atau yang kerap disapa Babeh Basko ini adalah pengusaha sukes yang kini jadi sorotan. Ternyata inilah daftar bisnis hingga pekerjaan Basrizal Koto yang berawal dari penjual pete gaes. 

Basrizal Koto kerap menjadi inspirasi banyak orang lantaran kesukesannya di dunia bisnis. Kini, Basrizal Koto pun dijuluki sebagai crazy rich lantaran memiliki harta melimpah dari berbagai bisnis yang ia jalankan. 

Namun, perjalanan bisnis Basrizal Koto terbilang tak mudah lho. Pasalnya, Basrizal Koto yang kini memiliki gaya hidup mewah ini pernah menghadapi masa-masa sulit saat ia kecil. 

BACA JUGA : Biodata dan Profil Basrizal Koto: Umur, Agama dan Sumber Kekayaan, Pengusaha Sukses Asal Sumbar

Miskin hingga tak lulus SD

Masa kecil Basrizal Koto terbilang cukup sulit dari segi ekonomi. Ayahnya adalah seorang buruh tani yang mengolah gabah. 

Sementara itu, ibu Basrizal Koto tidak bekerja. Kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh Basrizal Koto diketahui hanya mampu makan satu kali sehari. Tak jarang, ibunya juga harus meminjam beras ke tetangganya agar anak-anaknya bisa makan. 

Tak hanya itu saja, Basrizal Koto juga memutuskan untuk putus sekolah saat masih kelas 5 SD. Ia pun memutuskan untuk merantau ke Riau. 

Pernah jadi kernet angkot hingga jualan pete

Setelah berhenti sekolah, Basrizal Koto pun melakukan berbagai pekerjaan untuk menyambung hidup. Dari mulai menjadi kernet angkutan umum hingga penjual pete.

Tak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya seperti menyewa kontrakan, Basrizal Koto rela bekerja siang malam. Tak jarang, ia juga mengambil pekerjaan lain seperti sopir dan tukang jahit. 

Perjalanan Basrizal Koto di dunia bisnis sebenarnya sudah dimulai sejak ia menjadi pedagang kaki lima atau penjual pete. Pada usianya yang ke 17, Basrizal Koto mulai mampu menjual motor. Saat itu, penghasilan yang didapatnya hanya Rp300 perak saja. 

BACA JUGA: Digugat Cerai Olla Ramlan, Ternyata ini Bisnis dan Jabatan Muhammad Aufar Hutapea

Mendirikan perusahaan sendiri

Berkat jerih payahnya tersebut, Basrizal Koto pun berhasil mendirikan perusahaannya sendiri. Beberapa diantaranya seperti PT Basko Minang Plaza (Basko Grand Mall), PT Cerya Riau Mandiri Printing (CRMP) bisnis percetakan, PT Cerya Zico Utama (properti), PT Bastara Jaya Muda (bisnis tambang batu bara) dan masih banyak lagi. 

Tak hanya itu, Basrizal Koto juga memiliki bisnis di bidang pengalengan daging bernama PT Riau Agro Mandiri Perkasa, PT Indonesian Mesh Network (bisnis TV kabel), dan premier Basko Hotel.  

Pengusaha yang kerap disapa Babeh Basko ini juga pemilik empat media seperti Harian Haluan Padang, Harian Haluan Kepri, Harian Haluan Riau di Pekanbaru, hingga Radio Mandiri FM di Pekanbaru. 

Dikenal sebagai crazy rich

Karena kerja kerasnya selama bertahun-tahun, Basrizal Koto pun mulai mendulang kesuksesan. Ia juga dijuluki sebagai crazy rich lantaran memiliki gaya hidup yang mewah. 

Basrizal Koto diketahui memiliki ruamh mewah yang luas dengan desain modern dan dilengkapi dengan kolam renang, taman cantik, dan sederet fasilitas lainnya. Basrizal Koto juga terlihat suka dengan barang-barang mewah, salah satunya seperti jam tangan Richard Mille senilai Rp2 miliar yang kerap ia pakai. 

Basrizal Koto juga mengoleksi motor dan tergabung dalam klub motor Harley Davidson. Selain motor, deretan mobil Basrizal Koto juga jadi sorotan, seperti Mini Cooper, Lamborghini, Aston Martin, dan Jeep Rubicon. 

BACA JUGA: Biodata dan Profil Prajogo Pangestu: Umur, Agama dan Daftar Bisnis, Mantan S0pir Angkot Jadi Orang Terkaya Indonesia

Itulah deretan bisnis dan pekerjaan Basrizal Koto yang berawal dari penjual pete gaes.




Basrizal KotoBiodata Basrizal Kotopekerjaan Basrizal Kotoderetan bisnis Basrizal Kotosumber kekayaan Basrizal Kotoumur Basrizal Kotoagama Basrizal Kotoprofil Basrizal Koto

Share to: