Apa Itu Infal? Pengertian Jasa Pengganti ART Ramai Digunakan di Hari Raya

Apa Itu Infal? Pengertian Jasa Pengganti ART Ramai Digunakan di Hari Raya

Foto

Pengertian Infal, Jasa Pengganti ART Ramai Digunakan di Hari Raya (Foto: Pixabay)


Yuk simak pengertian dari infal, jasa pengganti ART yang ramai digunakan di hari raya seperti lebaran.

Infal adalah sebutan bagi Asisten Rumah Tangga (ART) pengganti atau sementara. Infal ART juga adalah sebuah jasa ART yang dikontrak dalam hitungan hari, minggu bahkan bulan.

Penggunaan jasa infal ART biasanya sering terjadi di hari-hari raya seperti Idul Fitri atau lebaran. Di hari raya, banyak pemilik rumah yang pulang kampung atau mudik, dan mereka menyewa jasa infal ART untuk merawat rumah mereka ketika mereka sedang tidak dirumah.

Baca Juga: Apa Itu Toxic Parent? Kenali 5 Tanda Ini, Anak Jadi Korban Gaes!

Nah, buat kamu yang masih belum paham, yuk simak pengertian dan penjelasan dari infal, jasa pengganti ART yang ramai digunakan di hari raya seperti lebaran.

Apa Itu Infal?

Pengertian Infal sendiri adalah sebutan bagi Asisten Rumah Tangga (ART) pengganti atau sementara. Infal ART juga adalah sebuah jasa ART yang dikontrak dalam hitungan hari, minggu bahkan bulan.

Infal ART dibagi menjadi dua macam, ART yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan baby sitter yang mengurus anak.

Untuk biayanya pun berbeda, biasanya ART yang juga menjadi baby sitter lebih mahal dari ART yang hanya mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Kerap Digunakan Saat Hari Raya

Jasa infal ART biasanya banyak dicari ketika menjelang hari raya seperti leberan. Di hari raya, banyak pemilik rumah yang pulang kampung atau mudik, dan mereka menyewa jasa infal ART untuk merawat rumah mereka ketika mereka sedang tidak dirumah.

Berasal dari Yayasan Penyalur

Para ART yang menjadi infal pun tidak sembarangan. Mereka biasanya berasal dari yayasan penyalur yang sudah terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan. Mereka yang berasal yayasan penyalur biasanya juga sudah terdaftar di Dinas Tanaga Kerja dan Transmigrasi.

Selain itu, para ART ini pun telah mendapatkan pelatihan mengenai berbagai pekerjaan rumah tangga dan juga pelatihan mengurus anak dan lansia.

Tarif Infal

Yayasan penyalur biasanya mematok tarif infal ART per hari kerja. Tarifnya pun beragam dari kisaran Rp 175 ribu per hari hingga Rp 350 ribu per hari.

Misalnya di Penyalur Yayasan Baby Sitter-Suster Lansia dan Asisten Rumah Tangga Tiara kasih Bunda. Dilansir Suara.com, yayasan ini mematok tarif infal ART dikisaran Rp 175 ribu hingga Rp 200 ribu per hari.

Selain itu, ada pula biaya administrasi sebesar Rp 1 juta yang harus dibayarkan calon pengguna sebelum menggunakan jasa infal ART di Penyalur Yayasan Baby Sitter-Suster Lansia dan Asisten Rumah Tangga Tiara kasih Bunda. Para pengguna jasa juga diharuskan menyertakan KTP, mengisi perjanjian kerja.

Baca Juga: Apa Itu Fitur Rotoscope TikTok? Fakta Filter dan Efek Bisa Dihilangkan dengan Download

Nah, itulah pengertian dari infal, jasa pengganti ART yang ramai digunakan di hari raya seperti lebaran.




InfalInfal ARTPengertian InfalApa itu InfalInfal adalahTarif Infal ARTYayasan penyalur Infal ARTJasa pengganti ART

Share to: