Apa Itu Toxic Parent? Kenali 5 Tanda Ini, Anak Jadi Korban Gaes!

Apa Itu Toxic Parent? Kenali 5 Tanda Ini, Anak Jadi Korban Gaes!

Foto

Apa Itu Toxic Parents? Kenali 5 tanda kamu korban Toxic Parents (Foto: ilustrasi Pixabay)


Berikut adalah pengertian tentang toxic parent lengkap dengan tanda dan ciri-ciri perlakuan serta korbannya gaes!

Toxic parent adalah istilah atau konsep dari orang tua yang secara konsisten berperilaku dengan cara yang menyebabkan rasa bersalah, ketakutan, atau kewajiban pada anak-anak mereka. Tindakan mereka bukanlah peristiwa yang terisolasi, tetapi pola perilaku yang secara negatif membentuk kehidupan anak mereka.

Istilah ini tengah ramai digunakan di sosial media, khususnya pada kaum muda yang merasa menjadi korban dari perlakukan orang tua seperti yang didefinisikan diatas. 

Baca Juga: Ini Makna Minal Aidin Wal Faizin, Lengkap dengan Cara Menjawab yang Baik dan Benar

Meski begitu, banyak yang belum menyadari bahwa dia merupakan salah satu korban dari toxic parent lho gaes!

Penasaran? Yuk simak deretan tanda toxic parent dan anak yang menjadi korban berikut ini!

Apa Itu Toxic Parent?

Untuk lebih jelasnya, Toxic Parent adalah istilah yang biasanya menggambarkan orang tua yang secara konsisten berperilaku dengan cara yang menyebabkan rasa bersalah, ketakutan, atau kewajiban pada anak-anak mereka. Tindakan mereka bukanlah peristiwa yang terisolasi, tetapi pola perilaku yang secara negatif membentuk kehidupan anak mereka.

Masalahnya, orang tua adalah manusia. Dan itu berarti bahwa mereka mungkin membuat kesalahan.

Contohnya seperti terlalu sering marah, berteriak atau melakukan hal-hal yang berpotensi merusak anak-anak mereka, baik sengaja ataupun tidak.

Meski memiliki tujuan untuk mendorong anak mereka agar menjadi lebih baik, gak jarang orang tua memaksakan kehendak mereka kepada sang anak yang menyebabkan hasil tak sesuai keinginan keduanya.

Sayangnya, toxic parent lebih peduli dengan kebutuhan mereka sendiri daripada dampak bahaya yang diterima anak mereka. Mereka kemungkinan besar tidak akan meminta maaf atau bahkan mengakui bahwa apa yang mereka lakukan salah.

Bahkan keadaan toxic ini cenderung berlangsung secara terus menerus atau progresif.

Karakteristik Toxic Parent?

Apa ciri dan karakteristik dari Toxic Parent?

"Toxic Parent" adalah istilah umum untuk orang tua yang menunjukkan beberapa atau semua karakteristik berikut:

1. Perilaku yang berpusat pada diri sendiri.

Orang tua bisa secara emosional narsis, atau mungkin tidak peduli dalam hal hal-hal yang anak butuhkan. Pikiran mereka berpusat pada “Bagaimana dengan SAYA?”

2. Kekerasan fisik dan verbal

Kekerasan mungkin tidak selalu berupa pukulan, teriakan, ancaman, atau sesuatu yang sangat jelas. Kamu mungkin menerima kekerasan secara emosional yang lebih luas seperti pemanggilan nama, pengalihan kesalahan, perlakuan diam (silent treatment), atau gaslighting.

3. Mengontrol perilaku. 

Orang tua yang toxic dapat mengganggu privasi anak atau tidak mengizinkan mereka membuat keputusan sendiri. Mereka juga bisa saja berlaku terlalu kritis dan mengendalikan keputusan sang anak, bahkan sudah dewasa.

4. Perilaku manipulatif. 

Orang tua mungkin mencoba mengendalikan anak dengan menggunakan rasa bersalah atau malu untuk mempermainkan emosi sang anak. Orang tua yang toxic bahkan mungkin menganggap waktu, uang, atau barang lain sebagai pion dalam permainan manipulasi mereka.

5. Kurangnya batas. 

Orang tua yang toxic cenderung mendorong dan terus mendorong anaknya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Meski begitu, perlu diingat bahwa ledakan dan hari-hari buruk adalah hal yang wajar dialami oleh siapa saja, termasuk orang tua.

Apakah Kamu Korban dari Toxic Parent?

Pikirkan kembali masa kecil kamu dan tanyakan pada diri sendiri:

1. Apakah orang tua saya melukai saya secara emosional? Apakah mereka memberi tahu saya bahwa saya tidak berharga atau hanya buruk?

2. Apakah mereka melakukan kekerasan kepada saya secara fisik dengan kedok disiplin?

3. Apakah saya dipaksa untuk merawat orang tua saya di usia muda?

4. Apakah saya takut pada orang tua saya atau tindakan mereka? Apakah saya takut untuk menunjukkan kemarahan atau frustrasi saya kepada mereka?

5. Apakah mereka membuat saya menyimpan rahasia dari keluarga atau teman tentang hal-hal yang mereka lakukan kepada saya, seperti pelecehan fisik atau seksual?

Atau mungkin kamu masih berurusan dengan jenis hubungan ini:

1. Apakah orang tua saya memperlakukan saya seperti saya masih anak-anak?

2. Apakah mereka bersalah padaku untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan? Atau apakah mereka menggunakan ancaman atau strategi manipulasi lainnya, seperti memberi/menahan uang?

3. Apakah saya merasa sakit atau memiliki perasaan fisik atau emosional yang luar biasa setelah melihat orang tua saya?

4. Apakah saya hanya merasa bahwa saya tidak akan pernah memenuhi harapan orang tua saya?

Nah, jika Kamu menjawab "ya" untuk salah satu atau semua pertanyaan ini, kamu mungkin memiliki orang tua yang toxic dalam hidup Anda. Luangkan waktu sejenak untuk merenungkannya.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Photo Dump Lengkap Tutorial, Viral Jadi Trend Instagram

Kemudian pertimbangkan ini: kamu mungkin menyalahkan diri sendiri atas perilaku mereka atau bagaimana kamu bereaksi terhadap mereka. Kamu juga mungkin merasa bersalah dan membuat kamu sulit untuk berkembang dalam hidup sebagai orang dewasa. Tumbuh dengan stres dan kebingungan yang luar biasa juga dapat membuat sangat sulit untuk membentuk harga diri yang sehat.

Tetapi kamu juga dapat membuat perubahan pada hubunganmu dan hidup kamu untuk mengatasi dan menyembuhkan dari kerusakan yang terjadi.

Nah, itu dia pengertian tentang toxic parent lengkap dengan tanda dan ciri-ciri perlakuan serta korbannya.




toxic parentApa itu toxic parentArti toxic parentMakna toxic parentCiri toxic parentKarakteristik toxic parentContoh toxic parentKorban toxic parenttoxic parent AdalahAlasan toxic parent

Share to: