Adakah Hubungan Hepatitis Misterius dengan Vaksin Covid, Ini Fakta Lengkapnya

Adakah Hubungan Hepatitis Misterius dengan Vaksin Covid, Ini Fakta Lengkapnya

Foto

Ilustrasi Vaksin Covid (Foto: pixabay)


Banyak yang bertanya terkait adakah hubungannya antaran Hepatitis Misterius dengan Vaksin Covid? Ini dia fakta lengkapnya gaes. 

Para ahli telah membantah klaim terkait hubungan Hepatitis misterus yang kini tengah mewabah akibat vaksin Covid-19. Hingga kini penyebab hepatitis tersebut masih belum diketahui seccara pasti. 

Hal tersebut juga diungkap oleh Ahli Spesialis anak dr. Hanifah Oswari. Menurutnya, ada salah satu vaksin yang memang menggunakan virus dan ditemukan pada anak dengan hepatitis misterius yakni Adenovirus. Namun menurut dr. Hanifah, itu tidak terkait dan bukan penyebab langsung.

“Banyak berita, kejadian ini dihubungkan dengan vaksin. Itu tak benar. Tak ada bukti itu dihubungkan dengan vaksin Covid-19. Memang ada yang berhubungan dengan virusnya, itu masih mungkin kejadian bersamaan, tapi bukan penyebab langsungnya. Karena itu menghubungkan virusnya saja belum bisa ditentukan penyebabnya, apalagi dikaitkan dengan vaksin,” tegasnya dalam konferensi pers dengan Kemenkes, Kamis (5/5).

BACA JUGA:  Fakta-fakta Konsumen Pejalan Kaki Mi Gacoan Gejayan Dikenai Biaya Parkir, Berdalih Untuk Ojol?

Tidak berhubungan dengan vaksin Covid-19

Tak hanya dr. Hanifah Oswari, ahli spesialis penyakit dalam sekaligus ketua Satgas Penanganan Covid-19 IDI Prof. Zuairi Djoerban juga mengungkap hal senada. Menurutnya, tak ada data yang mendukung keterkaitan antaran Hepatitis Misterius dengan vaksin Covid-19.

“Hipotesis ini tak didukung data, karena sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis ini justru belum menerima vaksin Covid-19,” ungkap Prof Zubairi.

Belum berhenti sampai di situ, Epidomolog Universitas Griffith, Ausralia, Dicky Budiman mengatakan bahwa vakin Covid-19 menjadi pemicu Hepatitis Akut tersebut tak berdasar. 

Pasalnya, mayoritas anak yang terkena Hepatitis misterius tersebut berusia di bawah lima tahun dan belum divaksinasi. 

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, menyatakan penyakit ini menjangkit sekitar 230 anak di 20 negara termasuk Indonesia.

Gejala yang diderita anak-anak termasuk mual, muntah, diare dan sakit perut - sebelum hati mereka menunjukkan tanda-tanda peradangan.

BACA JUGA:  Biodata dan Profil Woro Mustiko: Umur, Agama dan Karir, Penyanyi Kroncong Cantik Asal Solo

Itulah fakta hubungan Hepatitis Misterius dengan Vaksin Covid yang ternyata tak ada hubungannya.




Hepatitis Misteriusawal mula Hepatitis MisteriusVaksin Covid 19hubungan Hepatitis Misterius dan Covid 19fakta lengkap Hepatitis Misteriusfakta Hepatitis Misterius

Share to: