Bukan di Deportasi dari Singapura, Ini Keadaan UAS Menurut Dubes RI

Bukan di Deportasi dari Singapura, Ini Keadaan UAS Menurut Dubes RI

Bukan di Deportasi dari Singapura, Ini Keadaan UAS Menurut Dubes RI

Bukan di Deportasi dari Singapura, Ini Keadaan UAS Menurut Dubes RI (Foto: Instagram dan YouTube)


Ternyata bukan di deportasi dari Singapura, inilah keadaan UAS yang dikatakan Dubes RI di Singapura.

Baru-baru ini pendakwah Indonesia, Ustad Abdul Somad (UAS) dikabarkan di deportasi dari Singapura. Kabar tersebut pun di benarkan oleh Ustad Abdul Somad Sendiri.

Namun, menurut Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) di Singapura, Suryopratomo mengatakan bahwa ternyata UAS bukan di deportasi dari Singapura. Suryo pun mengungkapkan kondisi terkini dari UAS.

Baca Juga: Fakta Pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Gadis 19 Tahun Fatimah Az Zahra, Maharnya Fantastis Gaes

Lalu, bagaimana keadaan UAS sekarang? Berikut keadaan UAS sekarang menurut Dubes RI di Singapura, yang ternyata bukan di deportasi.

UAS Mengaku di Deportasi dari Singapura

Melalui kanal YouTube Hai Guys Official, UAS mengatakan bahwa ia di deportasi dari Singapura. UAS bercerita bahwa ia pergi ke Singapura untuk berlibur bersama keluarga dan sahabatnya.

pada Senin, 16 Mei 2022, mereka berangkat dari Pelabuhan Feri Batam dan mendarat di Pelabuhan Tanah Merah pada Senin siang. Namun, UAS beserta rombongannya ditahan di sebuah ruangan yang menurutnya mirip penjara. Setelah itu, rombongannya itu disuruh kembali ke Indonesia.

Ketika ditanya alasan mengapa ia ditahan, pegawai imigrasi disana tidak bisa menjawabnya.

Pegawai Imigrasi tidak bisa menjelaskan, yang bisa menjelaskan Ambassador Singapore in Jakarta. You have to explain to our communities why did your country, why did your government reject us. Why did your government deport us," ujar Ustad Abdul Somad.

"Kenapa? Apa karena teroris? Apakah karena ISIS? Apakah karena bawa narkoba? Harus dijelaskan," lanjutnya yang menanyakan alasan mengapa dirinya dan rombongan ditahan di Negeri Singa tersebut.

Ustad Abdul Somad juga mengatakan bahwa ia membawa dokumen yang lengkap dan mengikuti prosedur yang ada. Prosedur pemeriksaan Imigrasi juga telah selesai dilakukan, seperti cap paspor dan scan sidik jari.

Saat semuanya beres, UAS yang ada di barisan terakhir di antara rombongan, ditarik oleh petugas dan dibawa masuk ke sebuah ruangan yang katanya mirip penjara.

Dubes RI Jelaskan Kondisi UAS Sekarang

Sementara itu, Dubes RI di Singapura, Suryopratomo mengatakan bahwa ternyata UAS bukan di deportasi dari Singapura.

Hal ini Suryo katakan setelah ia mendapatkan keterangan dari Otoritas Imigrasi dan Pemeriksaan (ICA).

Menurut mereka, ICA memang menetapkan not to land (NTL) kepada UAS karena tidak memenuhi kriteria untuk eligible berkunjung ke Singapura," ujar Suryo.

Sayangnya, ICA tidak menberikan alasan mengapa UAS tidak memenuhi kriteria tersebut. Dari keterangan ICA, Suryo memastikan UAS bukan dideportasi melainkan tak diizinkan masuk.

"ICA tidak mau menjelaskan kriteria yang mereka tetapkan. ICA juga tidak mau menjelaskan apakah UAS masuk blacklist mereka atau tidak. NTL umum dilakukan Imigrasi setiap negara. Untuk lebih jelas lebih baik hubungi Kedubes Singapura di Jakarta karena kewenangan itu sepenuhnya ada di Pemerintah Singapura," ujarnya.

"Jadi bukan dideportasi, tetapi tidak diizinkan masuk," tegasnya.

Baca Juga: Biodata Mellya Juniarti Lengkap Agama dan Umur, Mantan Istri Ustaz Abdul Somad yang Jadi Sorotan

Nah, itulah keadaan UAS sekarang menurut Dubes RI di Singapura, yang ternyata bukan di deportasi.




UASUstad Abdul SomadUstad Abdul Somad di deportasiUstad Abdul Somad SingapuraUstad Abdul Somad ditahan di SingapuraKeadaan Ustad Abdul SomadKeadaan terkini Ustad Abdul Somad

Share to: