Biodata dan Profil Fahmi Idris: Pendidikan, Agama dan Karier, Mantan Menteri Perindustrian Meninggal Usia 78 Tahun

Biodata dan Profil Fahmi Idris: Pendidikan, Agama dan Karier, Mantan Menteri Perindustrian Meninggal Usia 78 Tahun

Biodata dan Profil Fahmi Idris: Pendidikan, Agama dan Karier, Mantan Menteri Perindustrian Meninggal Usia 78 Tahun

Biodata dan Profil Fahmi Idris (Foto: Berbagai sumber)


Berikut adalah biodata dan juga profil dari Fahmi Idris lengkap pendidikan, agama dan kariernya, mantan Menteri Perindustrian yang telah meninggal dunia di usia 78 tahun.

Fahmi Idris adalah sosok politukus yang telah meninggal dunia pada 22 Mei 2022. Fahmi Idris lahir pada 20 September 1943. Umur Fahmi Idris adalah 78 tahun dan menganut agama Islam.

Sepanjang kariernya, Fahmi Idris telah dua kali menjabat sebagai menteri di Indonesia, yakni Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia dan Menteri Perindustrian Indonesia.

Baca Juga: Biografi dan Profil Mieke Wijaya, Aktris Senior Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun

Lalu, bagaimana dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan juga profil dari Fahmi Idris lengkap pendidikan, agama dan kariernya, mantan Menteri Perindustrian yang telah meninggal dunia di usia 78 tahun.

1. Profil Fahmi Idris

Fahmi Idris adalah seorang politikus Indonesia yang lahir di Jakarta, namun keturunan Minangkabau. Fahmi Idris memiliki sosok ayah yang bernama Haji Idris Marah Bagindo, seorang pedagang yang mendidik anak-anaknya untuk taat beragama dan disiplin.

2. Karier Fahmi Idris

Sebelum berkarier menjadi politikus, Fahmi Idris terlebih dahulu berkarier menjadi seorang karyawan swasta pada tahun 1967. Dua tahun kemudian bersama para eksponen 1966, ia mendirikan PT Kwarta Daya Pratama.

Pada tahun 1979, ia duduk sebagai direktur utama Kongsi Delapan (Kodel Group), sebuah perusahaan konglemerasi yang didirikannya bersama Aburizal Bakrie, Soegeng Sarjadi, Abdul Latief dan Pontjo Sutowo.

Kodel Group berhasil mengembangkan bisnis mereka dengan mengelola usaha agrobisnis, perdagangan, perbankan, perminyakan, hingga hotel.

3. Karier Politik Fahmi Idris

Sementara itu, karier politik Fahmi Idris dimulai ketika ia bergabung bersama Partai Golongan Karya (Golkar) pada tahun 1984.  

Pada tahun 1998-2004, ia menjabat sebagai Ketua DPP Golkar di Jakarta. Fahmi Idris sempat dikelurkan Partai Golkar karena menentang keputusan rapat yang mendukung calon Presiden dan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri dan Hasyim Muzadi.

Fahmi lebih memilih mendukung pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla. Setelah dilantik menjadi Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik Fahmi Idris sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun 2004.

Satu tahun berselang,ia dilantik menjadi Menteri Perindustrian. Setelah itu, oleh Jusuf Kalla, Fahmi Idris dimasukkan kembali ke Partai Golkar dan juga menjabat sebagai Anggota Dewan Penasehat Partai Golkar.

4. Meninggal Dunia di Usia 78 tahun

Pada 22 Mei 2022, Fahmi Idris dikabarkan telah meninggal dunia. Kabar tersebut dibenarkan oleh sang anak, Fahira Idris di akun Instagramnya.

"innalillahi wa inna ilaihi raji'un Telah berpulang ke Rahmatullah Ayah saya, Bp. Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo," tulisnya.

Fahira Idris juga menyebutkan bahwa sang ayah meninggal pukul 10.00 WIB di RS Medistra.

"Wafat jam 10.00 wib di ICU RS Medistra," tulisnya.

Jenazah Fahmi Idris akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir pada 22 Mei 2022 pukul 15.00 WIB.

Fahmi Idris meninggal di usia 78 tahun dan meninggalkan seorang istri serta dua orang anak.

5. Biodata Fahmi Idris

Nama lengkap:Fahmi Idris
Nama panggilan:Fahmi
Kota asal:Jakarta
Tanggal lahir:20 September 1943
Umur:78 tahun
Agama:Islam
Orangtua:Haji Idris Marah Bagindo (ayah)
Pasangan:Kartini Hasan Basri (w. 2014), Yeni Fatmawati (2015–2022)
Anak:Fahira Idris, Fahrina Fahmi Idris
Pendidikan:Universitas Indonesia, Universitas Islam As-Syafiiyah, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Jakarta
Profesi:Pebisnis, Politikus

Baca Juga: Biografi dan Profil Lucky Andreono: Umur, Agama, Karier, Juara MasterChef Indonesia Season 1 Meninggal Dunia

Nah, itulah biodata dan juga profil dari Fahmi Idris lengkap pendidikan, agama dan kariernya, mantan Menteri Perindustrian yang telah meninggal dunia di usia 78 tahun.




Fahmi IdrisBiodata Fahmi IdrisProfil Fahmi IdrisUmur Fahmi IdrisAgama Fahmi IdrisKarier Fahmi IdrisPendidikan Fahmi IdrisFahmi Idris meninggal dunia

Share to: