Beberkan 3 Kunci Sukses di BUMN, Erick Thohir: Swasta Boleh Ikut Coba!

Beberkan 3 Kunci Sukses di BUMN, Erick Thohir: Swasta Boleh Ikut Coba!

Foto

Erick Thohir (Foto: Istimewa)


Menteri Badan usaha Milik negara (BUMN), Erick Thohir membeberkan 3 kunci sukses BUMN yang bisa juga dicoba swasta nih gaes!

Baginya, sebuah bisnis dan usaha harus bisa mengikuti dan mengadopsi perkembangan zaman yang terus bergerak dengan cepat.

Oleh karena itu, ada 3 hal penting yang  dibereskan untuk menjawab perubahan yang saat ini terjadi. 3 kunci sukses itu adalah disrupsi teknologi, perubahan iklim, kesehatan dan lainnya.

"Nomor satu karena perubahan itu kita mengubah yang namanya bisnis model, cara berusahanya, tidak bisa dalam perubahan ini cara berusaha kita sama," ujar Erick Tohir pada acara HIPMI pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Erick Thohir mengalogikan tubuh BUMN itu sendiri, seperti Telkom dan Telkomsel yang memiliki banyak pesaingnya di Indonesia untuk masalah jaringan internet.

"Kita sinkronisasikan, yang namanya Telkom harus refocusing, tidak lagi sebagai Telco company, tetapi sebagai perusahaan yang membangun infrastruktur digital. Kalau dahulu kita bicara jalan tol, listrik masuk desa, hari ini kita bicara WiFi masuk desa, cloud, data center fiber optik," jelasnya.

Selanjutnya kata bos BUMN ini adalah perhatikan salah leadership dan SOP. Pasalnya, saat ini bukan lagi eranya bekerja sendiri, namun memerlukan kolaborasi atau team work.

"Kalau BUMN hanya tergantung pada seorang Erick Thohir, tidak mungkin kita bisa membenahi BUMN yang tadinya jumlahnya 108 sekarang dikecilkan menjadi 41, Yang tadinya labanya hanya Rp13 triliun, sekarang labanya Rp126 tirliun," tegasnya.

Dia menambahkan kalau cara selanjutnya adalah penetapan bottom line.

Artinya, tolak ukur sebuah perusahaan harus diperkuat dan jangan sampai usaha yang dilakukan justru malah mendapatkan dampak kerugian.

"Nah 3 ini bisnis model, pembentukan tim dan SOP, dan untuk menerapkan target yang transparan, dan profesional itu menjadi transformasi yang kita lakukan," pungkasnya.




Erick ThohirETBUMNKunci Sukses BUMNMenteri BUMN

Share to: