Komitmen Bantu Usaha Kecil, Asosiasi Industri UMKM Puji Erick Thohir

Komitmen Bantu Usaha Kecil, Asosiasi Industri UMKM Puji Erick Thohir

Komitmen Bantu Usaha Kecil, Asosiasi Industri UMKM Puji Erick Thohir

Asosiasi Industri UMKM Puji Erick Thohir (Foto: Istimewa)


Asosiasi industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memuji Erick Thohir karena berkomitmen membantu usaha kecil.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Industri UMKM Indonesia (Akumandiri), Hermawati Setyorini.

Hermawati Setyorini memberikan pujian kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut karena Komitmennya mendorong pengusaha UMKM untuk memasuki pasar internasional.

Baca Juga: Tak Pernah Dilakukan Menteri Sebelumnya, Erick Thohir Berhasil Mentransformasi BUMN Duafa

Komitmen Erick Thohir Bantu Usaha Kecil

Sebelumnya, Erick Thohir memerintahkan pelaku UMKM mengikuti ajang Pasar Senggol Turki (Indonesian Culture Festival Market) beberapa waktu lalu. 

Hal ini sebagai bentuk bukti dukungan Erick Thohir kepada UMKM dan usaha kecil di Indonesia untuk bisa menembus pasar internasional. Hermawati berharap dorongan ini bisa diperluas agar UMKM di Indonesia bisa lebih banyak lagi yang berhasil menembus pasar internasional.

“Dukungan itu langkah yang bagus, UMKM yang binaan dari BUMN sendiri seperti Telkom, Mandiri, BRI itu sebuah langkah yang membantu menjadikan UMKM itu dikenal,” kata Hermawati.

Hermawati menjelaskan bahwa keberpihakan Erick kepada pelaku usaha kecil sangat bagus karena selain memperkenalkan produk Indonesia di negara luar, juga membantu membangkitkan semangat ulang pelaku UMKM usai pandemi Covid-19.

Puji Kementerian BUMN

Hermawati juga memuji Kementerian BUMN yang terus meningkatkan pelatihan kepada pelaku UMKM dengan cara mengajak mereka secara langsung untuk berperan aktif mengikuti pembinaan.

“Jadi langkah ini sangat bagus, dibutuhkan ketuk pintu atau door to door, harus kita yang datang kepada UMKM-nya, tetapi kalau UMKM disuruh datang ke pusat pelatihan itu memang agak berkurang minatnya,” jelasnya.

“Sekali lagi langkah kementerian BUMN ini sudah bagus, karena tidak hanya bina tapi sudah dibantu pemasaran di sana. Saya yakin kalau sudah binaan Kementerian BUMN sudah banyak diajak pameran, dan mungkin ada subsidi buat biaya ikut pameran atau kegiatan seperti ini,” tambahnya.

Hermawati menyarankan agar UMKM yang berada dibawah binaan Kementerian BUMN untuk mengajak pelaku UMKM lainnya agar masuk menjadi binaan BUMN, agar pengembangan usaha-usaha kecil di Indonesia tidak putus.

Baca Juga: Erick Thohir Sediakan Hunian Dekat Stasiun Pondok Ranji Usai Diresmikan

“Baiknya UMKM yang sudah dibina bisa mengajak yang lain, jadi bapak angkatnya UMKM diluar binaan BUMN. Kan etosnya orang Indonesia ini kan gotong royong jadi hal itu dijalankan. Saling menolong, yang mampu menarik yang kurang,” ujarnya.




Menteri BUMNErick ThohirAsosiasi UMKMErick Thohir bantu UMKM

Share to: