Ingin Sejajar dengan Asing, Erick Thohir Ajak Pengusaha Indonesia Bangun Ekonomi Bersama

Ingin Sejajar dengan Asing, Erick Thohir Ajak Pengusaha Indonesia Bangun Ekonomi Bersama

Ingin Sejajar dengan Asing, Erick Thohir Ajak Pengusaha Indonesia Bangun Ekonomi Bersama

Erick Thohir Ajak Pengusaha Indonesia Bangun Ekonomi Bersama (Foto: Istimewa)


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak pengusaha Indonesia untuk membangun ekonomi bersama, agar bisa sejajar dengan asing.

Hal ini Erick Thohir sampaikan saat bertemu dengan para pengusaha se-Jawa Timur (Jatim), Indonesia Link, di Royal Tulip Darmo Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 17 Juni 2022.

Pada kesempatan ini, Erick Thohir mengajak para pengusaha membangun ekosistem terpadu dengan BUMN dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Erick menyebut Indonesia saat ini tengah dalam momentum bagus dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

Baca Juga: Upaya Menjaga Keseimbangan Pasar, Erick Thohir Inginkan BUMN Untuk Saling Rukun

"Kita punya fondasi pertumbuhan ekonomi yang kontinyu, dan tidak banyak negara yang punya kesempatan ini," ujar Erick.

Lebih lanjut, Erick menjelaskan peluang dan prospek usaha Indonesia pasca-2024. Erick mengatakan, BUMN tidak bisa sendirian menjaga dan meningkatkan hal tersebut, BUMN memerlukan dukungan para pelaku usaha. Erick menyampaikan, perubahan zaman memberikan tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia.

Erick mengatakan kondisi pandemi menjadi alasan utama bagi sejumlah negara untuk melakukan proteksi pangan, energi, dan sektor kesehatan untuk rakyatnya sendiri.

"Jadi yang namanya era globalisasi sekarang berubah, mulai bicara diri sendiri. Kita harus mulai merajut yang namanya regionalisasi, AS, Cina, India, dengan jumlah penduduk dan ekonomi yang besar jadi regional sendiri, termasuk Indonesia," ucap Erick.

Erick menyebutkan tantangan berikutnya yang harus dihadapi adalah faktor lingkungan yang mana perubahan iklim menjadi fokus utama pemerintah. Kemudian juga optimalisasi bonus demografi agar menjadi bahan bakar bagi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Baca Juga: Menang di PKPU, Erick Thohir Optimis Garuda Indonesia Bisa Bangkit

"Lalu kita tahu ada digitalisasi yang mengubah landscape ketenagakerjaan dan dunia usaha secara kompleks. Kita sebagai bangsa mulai harus berdaulat mandiri dengan membangun ekosistem bersama, antara BUMN, swasta, UMKM. Yang bisa disinergikan dan dikolaborasikan, harus dilakukan. Sudah saatnya kita berdiri sejajar sama asing," kata Erick.




Menteri BUMNErick ThohirBUMN

Share to: