Kenalkan Budaya Bali Lewat NFT, Rakajana Masuk Halaman Pertama Harian Kompas Gaes!

Kenalkan Budaya Bali Lewat NFT, Rakajana Masuk Halaman Pertama Harian Kompas Gaes!

Foto

Rakajana di Halaman Pertama Harian Kompas (Foto: Instagram @majalabs_xyz)


Dewa Gede Raka Jana Nuraga aka Rakajana berhasil masuk di halaman pertama Harian Kompas untuk memperkenalkan budaya Bali melalui NFT gaes!

Rakajana adalah pemuda kelahiran Bali tahun 1991 yang merupakan seorang seniman, illustrator dan graphic designer. 

Rakajana menjadi salah satu sosok penting di balik BALIVERSE NFT, project kolaborasi Bali United dan Rakajana yang bertujuan mendukung para seniman Bali untuk terjun ke dunia digital. Dia berkomitmen untuk memperkenalkan budaya Bali dan menciptakan ruang kreatif bagi seniman-seniman Bali melalui NFT lho.

Keseriusannya tersebut ternyata berhasil mencuri perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, Rakajana berharap agar para seniman Indonesia, khususnya Bali bisa membuka mata mereka lebih luas lagi terkait dunia digital. 

Rakajana di Halaman Pertama Harian Kompas 

Baru-baru ini, Rakajana kembali menjadi sorotan. Pemilik nama asli Dewa Gede Raka Jana Nuraga ini mendapatkan ruang baginya untuk memperkenalkan budaya Bali melalui NFT di halaman pertama Harian Kompas.

Disana diperkenalkan salah satu karyanya yang bertajuk "Reconnection."

Rakajana membuat "Reconnection" sebagai gambaran seseorang yang mengenakan kacamata realitas berimbuh (augmented reality) yang menampakkan indahnya budaya Indonesia, khususnya Bali.

Diketahui bahwa kehadiran Rakajana ini merupakan perkenalan kolaborasinya dengan Kompas yang sama-sama ingin beradaptasi dengan perkembangan zaman namun tetap berpijak pada budaya Nusantara.

Kompas meluncurkan inisiatif baru: mengemas ulang kekayaan arsip "Kompas" dalam bentuk NFT, lalu menjulukinya dengan istilah lain, yakni "narasi fakta terkurasi" (NFT).

Tak sampai disitu, ilustrasi "Reconnection" ini juga akan hadir dalam bentuk NFT uang akan menjadi bagian koleksi publik lho gaes!




RakajanaRakajana Harian kompasNFT RakajanaRakajana Seniman BaliNFTDewa Gede Raka Jana Nuraga

Share to: