Tips dan Trik Olah Daging Sapi Kurban yang Benar, Agar Tidak Alot dan Empuk Saat Dimakan

Tips dan Trik Olah Daging Sapi Kurban yang Benar, Agar Tidak Alot dan Empuk Saat Dimakan

Foto

Tips dan Trik Olah Daging Sapi Kurban yang Benar (Foto: Istimewa)


Yuk simak tips dan trik mengolah daging sapi kurban yang benar agar tidak alot dan empuk saat dimakan.

Sapi merupakan salah satu hewan yang biasa dijadikan hewan kurban di saat Hari Raya Idul Adha. Dan biasanya, kita akan menerima sedikit potongan daging hewan sapi kurban tersebut.

Layaknya daging ayam, daging sapi ini juga bisa diolah untuk menjadi beberapa makanan seperti sate sapi dan sop sapi. Namun, jika tidak diolah dengan benar, daging sapi ini akan terasa alot saat dimakan.

Baca Juga: Tips Olah Daging Kambing Kurban yang Benar Agar Tidak Bau dan Empuk

Untuk itu, berikut adalah tips mengolah daging sapi kurban yang benar agar tidak alot dan empuk saat dimakan.

Taburi Potongan Nanas atau Daun Pepaya

Jika menggunakan nanas, kamu bisa taburi buah nanas yang sudah dipotong ke seluruh bagian daging dan diamkan selama beberapa saat. Pastikan jangan terlalu lama juga, karena akan membuat daging hancur.

Jika menggunakan daun pepaya, cincang kasar dan remas daun pepaya, lalu taburi ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama 10 menit, baru bersihkan dan mulai memasak.

Taburi Baking Soda

Taburkan baking soda ke seluruh bagian daging dan diamkan selama satu jam. Baking soda akan memecah kolagen sehingga menghasilkan tekstur daging yang lebih lunak. Setelah satu jam, rendam daging dalam air dingin selama 15 menit, dan daging sapi siap diolah.

Rendam dengan Jus Jeruk, Cuka atau Wine

Cairan yang memiliki kandungan asam bisa membantu melembutkan otot dan serat daging, sekaligus menambah rasa. Kamu bisa menggunakan jus yang punya kandungan asam tinggi seperti lemon, jeruk nipis atau nanas untuk direndam bersama daging.

Kamu juga bisa menggunakan cuka apel atau cuka yang ada di dapur. Selain itu, wine juga bisa kamu jadikan bahan perendam daging agar membuat daging lebih empuk dan tidak alot.

Taburkan Garam Laut

Garam mampu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging, sehingga daging akan lebih empuk.

Taburkan garam laut ke seluruh permukaan daging, diamkan selama kurang lebih satu jam, kemudian rendam dengan air bersih dan daging sapi siap dimasak. 

Rendam dengan Air Kopi

Seduh kopi kental, lalu diamkan sampai dingin. Lalu, rendam daging dalam air kopi tersebut selama 24 jam. Kalau sudah, kamu bisa mencuci dan dan daging siap diolah.

Pukul-pukul Daging Sapi

Dengan bantuan alat pemukul daging, pukul-pukul kedua sisi daging sampai teksturnya jadi lebih empuk. Kamu bisa memakai talenan sebagai alas, supaya daging tidak bergeser saat dipukul. Pastikan tidak memukul terlalu kencang, agar sari daging tidak keluar.

Rendam dengan Cola

Selain menambah cita rasa, cola juga akan membuat daging menjadi empuk. Sebab, cola memiliki kandungan asam yang akan berubah menjadi katalis untuk melunakkan otot-otot daging. Caranya, kamu bisa merendam daging dengan cola minimal 30 menit, kemudian daging siap diolah.

Baca Juga: 7 Resep Olahan Daging Sapi Kurban Lengkap Cara Membuat, Menu Idul Adha yang Mudah

Nah, itulah tips dan trik mengolah daging sapi kurban yang benar agar tidak alot dan empuk saat dimakan.




Daging sapiOlah daging sapi agar tidak alotDaging sapi kurbanTips olah daging sapiTrik olah daging sapi

Share to: