Amalan dan Anjuran Sebelum Sholat Idul Adha, Bisa Tambah Pahala Gaes!

Amalan dan Anjuran Sebelum Sholat Idul Adha, Bisa Tambah Pahala Gaes!

Foto

Amalan dan Anjuran Sebelum Sholat Idul Adha (Foto: Freepik)


Berikut adalah amalan dan anjuran yang bisa dilakukan sebelum sholat Idul Adha, bisa bikin kamu tambah pahala gaes.

Pada Minggu, 10 Juli 2022, umat muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022.

Terdapat beberapa amalan dan anjuran yang bisa kamu lakukan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri, yang mana jika kamu melaksanakannnya bisa menambah pahala. Namun, jika tidak melaksanakannya, tidak akan mendapatkan dosa karena ini merupakan sunnah.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Adha, Lengkap Bacaan Niat hingga Doa Sesudahnya

Lalu, apa saja amalan serta anjuran tersebut? Berikut adalah amalan dan anjuran yang bisa dilakukan sebelum sholat Idul Adha.

1. Puasa Sebelum Sholat Idul Adha

Berbeda dengan sholat Idul Fitri yang dianjurkan untuk makan terlebih dahulu agar tidak disangka bahwa hari tersebut masih hari berpuasa, pada sholat Idul Adha kamu dianjurkan untuk berpuasa atau tidak makan.

Berpuasa sejak fajar sampai dengan selesai shalat Idul Adha merupakan amalan sunnah sebelum shalat Idul Adha yang ada pada hadis Rasulullah SAW.

Seperti yang diriwayatkan dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya (yaitu Buraidah bin al-Husaib) ia berkata: Rasulullah saw pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sehingga selesai shalat (HR. At-Tirmizi)

Hikmahnya adalah agar daging kurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah shalat Idul Adha.

2. Berjalan Menuju Masjid dan Melawati Jalan yang Berbeda

Pada hari raya Idul Adha, dianjurkan untuk mengutamakan berjalan kaki menuju masjid. Sementara untuk para lansia dan orang yang tidak mampu berjalan, maka boleh saja ia berangkat menggunakan kendaraan.

Dengan berjalan kaki, seorang muslim bisa bertegur sapa mengucapkan salam dan juga bisa bersalam-salaman sesama kaum Muslimin. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW riwayat dari Ibnu Umar:

"Rasulullah SAW berangkat untuk melaksanakan sholat Id dengan berjalan kaki, begitupun ketika pulang tempat sholat Id."

Selain itu, disunnahkan untuk berangkat dan pulang melewati atau menggunakan jalan yang berbeda. 

Hal ini seperti yang diriwayatkan dari Muhammad bin Ubaidillah bin Abi Rafi’ dari ayahnya dari kakeknya, bahwasanya Nabi Muhammad SAW mendatangi shalat ‘Id dengan berjalan kaki dan beliau pulang melalui jalan lain dari yang dilaluinya ketika pergi. (HR. Ibnu Majah).

3. Mandi Sebelum Berangkat Menuju Masjid

Disunnahkan mandi sebelum berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat Idul Adha. Hal ini boleh dilakukan mulai pertengahan malam, sebelum waktu subuh, dan yang lebih utama adalah sesudah waktu subuh.

Tujuan dari mandi adalah membersihkan anggota badan dari bau yang tidak sedap, dan membuat badan menjadi segar bugar. Jadi, mandi sebelum waktu berangkat adalah yang paling baik. Berbeda jika mandinya setelah pertengahan malam, maka kemungkinan bau badan akan kembali lagi, begitu juga kebugaran badan.

4. Memakai Pakaian Bagus

Setelah mandi, kamu dianjurkan untuk memakai pakaian bagus dan wangi-wangian.

Seperti yang diriwayatkan dari Zaid bin al-Hasan bin Ali dari ayahnya ia mengatakan: kami diperintahkan oleh Rasulullah saw pada dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) untuk memakai pakaian kami terbaik yang ada, memakai wangi-wangian terbaik yang ada, dan menyembelih binatang kurban tergemuk yang ada (sapi untuk tujuh orang dan unta untuk sepuluh orang) dan supaya kami menampakkan keagungan Allah, ketenangan dan kekhidmatan (HR. Al-Hakim dalam kitabnya al-Mustadrak, IV: 256).

5. Mengumandangkan Takbir

Mengumandangkan takbir dimulai dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada hari raya Idul Adha dan sampai hari terakhir tanggal 13 Dzulhijjah pada hari tasyriq. Hal ini karena pada malam tersebut kita dianjurkan untuk mengagungkan, memuliakan, dan menghidupkannnya.

Anjuran mengenai takbir pada hari raya Idul Adha ini terdapat dalam kitab Raudhatut Thalibin:

"Disunahkan mengumandangkan takbir pada malam hari raya mulai terbenamnya matahari, dan sangat disunahkan juga menghidupkan malam hari raya tersebut dengan beribadah."

Nah, itulah amalan dan anjuran yang bisa dilakukan sebelum sholat Idul Adha, bisa bikin kamu tambah pahala.




Amalan sebelum sholat Idul AdhaAnjuran sebelum sholat Idul AdhaPuasa sebelum sholat Idul AdhaMandi sebelum sholat Idul Adha'

Share to: