Mengenal Sosok Bagong Soebardjo, Pendongeng Anak dengan Media Wayang Gaes!

Mengenal Sosok Bagong Soebardjo, Pendongeng Anak dengan Media Wayang Gaes!

Foto

Sosok Pendongeng Bagong Soebardjo (Foto; Instagram @bagongsoebardjo)


Menjadi seorang pendongeng, bagi Bagong Soebardjo adalah sebuah jalan hidup. Dia berkesenian murni untuk memperdengarkan dongeng kepada anak-anak lho gaes!

Dia adalah Bagong Soebardjo, seorang pendongeng, penulis dan juga seniman asal Yogyakarta yang saat ini berusia 66 tahun.

Menyukai dongeng sejak kecil, Bagong Soebardjo kini menggunakan media wayang untuk menampilkan dongeng. Ditengah perkembangan jaman, dia terus berinovasi melalui cerita yang disesuaikan dengan eranya sejak 43 tahun yang lalu.

Penasaran dengan sosoknya? Yuk kenalan dengan Bagong Soebardjo, pendongeng dengan media wayang berikut ini.

Siapa Bagong Soebardjo?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bagong Soebardjo adalah seorang pendongeng, penulis dan juga seniman asal Yogyakarta yang saat ini berusia 66 tahun.

Bukan demi eksistensi, Bagong memutuskan untuk menjadi pendongeng untuk kepentingan masyarakat, terutama anak-anak calon penerus bangsa.

Baginya, mendongeng adalah jalan hidup. Dengan media wayang-wayang yang dibuatnya sendiri, dia bahkan kini memiliki Sanggar Wayang Dongeng di Yogyakarta lho gaes!

Menyukai Wayang dan Dongeng Sejak Kecil

Bagong Soebardjo mengungkapkan bahwa dia menyukai dongeng sejak kecil karena sang kakek. Sebelum tidur, dia akan mendengarkan dongeng yang dilontarkan oleh kakeknya.

Sementara itu, dia juga senang menonton pertunjukan wayang sejak masih Sekolah Dasar (SD). Beranjak dewasa, Bangong pun mengoleksi beberapa wayang hingga belajar menjadi dalang.

Akhirnya, dia mulai mengikuti beberapa pentas wayang yang diadakan di sekitar rumahnya. 

Membuat Wayang Sendiri dengan Karton

Pada 1979, Bagong Soebardjo mulai memperdengarkan dongengnya dengan media wayang kartun. Bahkan, wayang yang digunakannya dibuat sendiri dengan menggunakan botol, kertas dan juga karton bekas lho!

Wayang yang dibuatnya disesuaikan dengan cerita rakyat yang hendak ia sampaikan. Hingga kini, Bagong sudah memiliki ratusan koleksi wayang yang dibuatnya sendiri lho!

Meski begitu, Bagong Soebardjo tetap mengikuti perkembangan jaman. Cerita yang disampaikan juga disesuaikan dan dimodifikasi sehingga bisa diterima oleh anak-anak masa kini.

Baginya, dia berkesenian tak hanya untuk eksistensi. Namun, demi membentuk karakter anak-anak bangsa. Keren abis ya gaes!

Mendirikan Sanggar

Tak berhenti hanya menjadi pendongeng, Bagong Soebardjo juga merupakan pemilik Sanggar Wayang Dongeng yang berlokasi di Kalipa, Sleman, Yogyakarta.

Disana akan ada banyak hal yang bisa ditemui. Mulai dari perpustakaan, workshop dan pementasan dalang hingga banyak juga seniman dan sastrawan yang ikut andil dalam mengajar.

Berawal dari kontrakan rumahnya, kini dia menerima banyak tamu di Bagong Soebardjo. Mulai dari seniman, wisatawan hingga mahasiswa gaes!

Nah, itu dia sosok Bagong Soebardjo, seorang pendongeng, penulis dan juga seniman asal Yogyakarta yang mendongeng demi membentuk karakter anak bangsa.




Bagong SoebardjoPendongeng Bagong SoebardjoSiapa Bagong SoebardjoSosok Bagong SoebardjoProfil Bagong SoebardjoWayang Bagong SoebardjoSanggar Bagong SoebardjoSanggar Wayang Dongeng

Share to: