Selain Oppa, Inilah 10 Bahasa Korea yang Masuk ke KBBI Gaes

Selain Oppa, Inilah 10 Bahasa Korea yang Masuk ke KBBI Gaes

Foto

10 Bahasa Korea yang Masuk ke KBBI (Foto: Istimewa)


Selain Oppa, ternyata ada 10 bahasa Korea yang masuk KBBI. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya di bawah sini.

Baru-baru ini sedang viral dan ramai diperbincangkan kata Oppa yang masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Seperti yang diketahui, kata Oppa ini merupakan kata ataupun bahasa Korea. Dalam KBBI kata Oppa ini mengacu pada panggilan seorang wanita kepada pria yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama, seperti kakak kandung, teman, atau kekasih.

Baca Juga: Daftar Kata Gaul yang Masuk dalam KBBI, Ada Mager dan Bucin Lho

Namun ternyata, kata Oppa ini bukanlah satu-satunya kata ataupun bahasa Korea yang masuk KBBI. Terdapat 10 bahasa Korea yang masuk ke dalam kamus bahasa Indonesia ini.

Apa sajakah itu? Yuk simak daftar 10 bahasa Korea yang masuk ke dalam KBBI selain Oppa.

1. Bingsu

Menurut KBBI, "bingsu" adalah minuman khas Korea yang berisi es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai pugasan lain.

2. Bibimbap

 Di KBBI, "bibimbap" adalah makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi telur mentah atau matang.

3. Kimci

Menurut KBBI, "kimci" adalah makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui dengan bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya, kemudian difermentasikan.

4. Bulgogi

Di KBBI, "bulgogi" adalah makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah lain, diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Sejumlah tempat kuliner mulai menyediakan rasa bulgogi ke dalam menu olahannya, misalnya saus bulgogi.

5. Mandu

Menurut KBBI, "mandu" adalah makanan khas Korea berupa pangsit yang biasanya menggunakan tahu.

6. Mokbang

Di KBBI, "mokbang" adalah siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan, biasanya disiarkan secara daring.

7. Hanbok

Di KBBI, "hanbok" adalah baju tradisional Korea berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan atau celana longgar panjang bagi pria.

Hanbok biasa digunakan pada acara formal seperti pernikahan dan upacara kematian atau hari peringatan nasional.

8. Gocujang

Menurut KBBI, "Gocujang" adalah pasta cabai yang terbuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasi, dan garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan Korea.

9. Manhwa

Di KBBI, "manhwa" adalah komik khas Korea. Jika di Jepang komik di sebut "manga", maka di Korea komik di sebut "manhwa".

10. Bancan

Menurut KBBI, "Bancan" adalah makanan pendamping nasi khas Korea, dapat terbuat dari daging, ikan, sayur, dan lainnya, biasa disajikan dalam piring-piring kecil dengan porsi terbatas.

Nah, itulah 10 bahasa Korea yang masuk KBBI. Gimana menurut kamu?




Oppa KBBIBahasa Korea di KBBIKata Korea di KBBI

Share to: