5 Oktober 2022 adalah HUT TNI ke-77, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

5 Oktober 2022 adalah HUT TNI ke-77, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

5 Oktober 2022 adalah HUT TNI ke-77, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

5 Oktober 2022 adalah HUT TNI ke-77 (Foto: Istimewa)


Yuk simak fakta, sejarah dan tema HUT TNI ke-77 yang diperingati pada 5 Oktober 2022.

Pada 5 Oktober 2022, seluruh masyakarat Indonesia, khususnya Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke-77.

Diketahui, TNI pertama kali dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 yang awalnya bernama  Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Baca Juga: Fakta dan Profil Ni Ketut Prabhawati, Laksamana Pertama yang Berasal dari Penerbang Wanita TNI AL

Penasaran dengan sejarah lengkapnya? Apa tema tahun ini? Yuk simak fakta, sejarah dan tema HUT TNI ke-77 yang diperingati pada 5 Oktober 2022.

Fakta dan Sejarah TNI

Sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI) dibentuk melalui perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dari ancaman Belanda yang ingin kembali berkuasa menjajah Indonesia.

TNI pada awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan selanjutnya diubah kembali menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, maka pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden Soekarno mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi.

Pada tahun 1962, dilakukan upaya penyatuan antara angkatan perang dengan kepolisian negara menjadi sebuah organisasi yang bernama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Penyatuan satu komando ini dilakukan dengan tujuan untuk mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi dalam melaksanakan perannya dan menjauhkan pengaruh dari kelompok politik tertentu.

Pada tahun 1998 terjadi perubahan situasi politik di Indonesia. Perubahan tersebut berpengaruh juga terhadap keberadaan ABRI. Pada tanggal 1 April 1999 TNI dan Polri secara resmi dipisah menjadi institusi yang berdiri sendiri. Sebutan ABRI sebagai tentara dikembalikan menjadi TNI, sehingga Panglima ABRI menjadi Panglima TNI.

Tema HUT TNI ke-77

TNI telah menetapkan tema untuk hari ulang tahun mereka yang ke-77, tema tersebut adalah “TNI adalah Kita”.

Tema ini bermakna bahwa TNI sejatinya tidak lahir begitu saja dan terbentuk secara tiba-tiba di saat negara Indonesia sudah mapan dan mandiri.

Baca Juga: 15 Desember 2021 Adalah Hari Juang Kartika TNI-AD, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah, itulah fakta, sejarah dan tema HUT TNI ke-77 yang diperingati pada 5 Oktober 2022.




5 Oktober5 Oktober 2022HUT TNIHUT TNI ke 77HUT TNI 2022Fakta HUT TNISejarah TNITema HUT TNI ke 77

Share to: