18 Juli 2022 Adalah Peringatan Hari Nelson Mandela, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Ulasannya

18 Juli 2022 Adalah Peringatan Hari Nelson Mandela, Berikut Fakta Sejarah Lengkap Ulasannya

Foto

Fakta Sejarah Peringatan Hari Nelson Mandela 18 Juli (Foto: Wikipedia)


Berikut adalah fakta sejarah dan ulasan tentang Hari Nelson Mandela yang diperingati setiap tanggal 18 Juli gaes!

Hari Nelson Mandela adalah adalah seorang aktivis anti-apartheid Afrika Selatan yang menjabat sebagai presiden pertama Afrika Selatan dari 1994 hingga 1999. Dia adalah kepala negara kulit hitam pertama di negara itu dan yang pertama terpilih dalam pemilihan demokratis yang sepenuhnya representatif lho!

Nah, tanggal kelahirannya yakni 18 Juli 1918 menjadi sebuah hari peringatan untuk mengakui dan memberikan kepercayaan atas komitmen mantan Presiden terhadap kemanusiaan hak, resolusi konflik dan rekonsiliasi.

Baca Juga: Fakta-fakta Perpustakaan Taman Ismail Marzuki: Rute Transportasi, Tiket Masuk hingga Daftar Online

Wah, penasaran kan? Yuk simak fakta sejarah dan ulasan tentang Hari Nelson Mandela yang diperingati setiap tanggal 18 Juli berikut ini.

Siapa Nelson Mandela?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Hari Nelson Mandela adalah adalah seorang aktivis anti-apartheid Afrika Selatan yang menjabat sebagai presiden pertama Afrika Selatan dari 1994 hingga 1999. 

Dia adalah kepala negara kulit hitam pertama di negara itu dan yang pertama terpilih dalam pemilihan demokratis yang sepenuhnya representatif.

Mandela dan Kongres Nasional Afrika (ANC) berkomitmen untuk menggulingkan pemerintah Partai Nasional yang hanya kulit putih mendirikan apartheid, sebuah sistem segregasi rasial yang mengistimewakan orang kulit putih. Dia diangkat sebagai presiden cabang Transvaal ANC, menjadi terkenal karena keterlibatannya dalam Kampanye Pembangkangan tahun 1952 dan Kongres Rakyat tahun 1955.

Berulang kali ditangkap karena kegiatan yang disuarakannya, Mandela pernah ditangkap dan dipenjarakan pada tahun 1962, dan, setelah Pengadilan Rivonia, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena bersekongkol untuk menggulingkan negara.

Sejarah 18 Juli Menjadi Peringatan Hari Nelson Mandela

18 Juli, yang merupakan hari ulang tahun Nelson Mandela, dinyatakan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) (tautan eksternal) sebagai Hari Internasional Nelson Mandela pada tahun 2010.

Perayaan hari internasional ini mengakui dan memberikan kepercayaan atas komitmen mantan Presiden terhadap kemanusiaan hak, resolusi konflik dan rekonsiliasi.

Ini adalah perayaan tahunan kehidupan Nelson Mandela dan panggilan global untuk bertindak bagi orang-orang demi mengenali kekuatan individu mereka untuk membuat jejak dan mengubah dunia di sekitar mereka.

Gerakan global untuk perubahan positif dimulai dengan tindakan kecil. Saat setiap orang bertindak, mereka mendorong momentum menuju perubahan positif, meningkatkan kesadaran dan memperluas jangkauan nilai-nilai Mandela. Contohnya adalah memerangi ketidakadilan, membantu orang yang membutuhkan, dan mempraktikkan rekonsiliasi.

Di Afrika Selatan, 18 Juli dirayakan dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada Mandela pada pukul 08:00 yang dilakukan oleh siswa-siswi semua sekolah dalam sebuah lagu.

Pemerintah telah menyelenggarakan sejumlah acara untuk Hari Mandela, dan pegawai negeri mengabdikan setidaknya 67 menit waktu mereka untuk menjadikan Afrika Selatan tempat yang lebih baik.

Nah, itu dia fakta sejarah dan ulasan tentang Hari Nelson Mandela yang diperingati setiap tanggal 18 Juli.




Hari Nelson MandelaHari Nelson Mandela AdalahSejarah Hari Nelson MandelaApa itu Hari Nelson MandelaNelson MandelaProfil Nelson MandelaSiapa Nelson Mandela18 Juli Adalah Hari Nelson Mandela18 juli Memperingati apaperingatan 18 Juli 2022

Share to: